Ada yang Harganya Rp 3,3 Miliar! Ini Deretan Jam Tangan Mewah John Mayer

5 menit
John Mayer doyan koleksi jam tangan mewah berharga miliaran! (Instagram/@johnmayer)
John Mayer doyan koleksi jam tangan mewah berharga miliaran! (Instagram/@johnmayer)

John Mayer terkenal sebagai musisi yang punya suara khas dan piawai menulis lagu-lagu bertema mellow dan bluesy. Gak cuma itu, performer seperti John Mayer juga tergolong fashionable. Selain sering mengenakan outfit-outfit mahal ala hypebeast, Mayer juga ternyata kolektor jam tangan mewah lho.

Ya, penyanyi sekaligus gitaris yang bakal menggelar konser di ICE BSD pada 5 April 2019 mendatang ini kerap terlihat mengenakan busana kekinian. Misalnya saja, seperti dikutip dari Upscalehype, ketika ia manggung dengan t-shirt custom Louis Vuitton x Supreme, celana NikeLab ACG, dan sneakers Louis Vuitton Harlem seharga US$ 1.080 atau setara Rp 15 jutaan.

Udah gitu, deretan jam tangan yang ia miliki pun harganya rata-rata ratusan jutaan. Penasaran apa aja jam tangan yang dikoleksi John Mayer? Simak di dalam ulasan berikut! Sst, beberapa unit jam tangan John Mayer juga menyimpan cerita tersendiri lho.

Baca juga: Seharga Rp 1,3 M, Ini Fakta Unik Jam Tangan Chopard dari Iwan buat Maia Estianty

1. Rolex Explorer II – Rp 114 Juta

Koleksi jam tangan John Mayer, Rolex Explorer II. (catawiki.com)
Koleksi jam tangan John Mayer, Rolex Explorer II. (catawiki.com)

Sebelum album studio pertamanya, Room for Squares dirilis, John Mayer memang udah gemar pakai jam tangan. Namun, seperti dilansir dari The New York Times, baru setelah ia menerima cek bayaran pertamanya dari label rekaman pada tahun 2001, dia berani membeli “jam sungguhan”.

Yang dimaksud di sini tentunya adalah jam branded yang harganya termasuk mahal. Nah, jam pertama yang dia beli saat itu adalah Rolex Explorer II, harganya US$ 8100 atau sekitar Rp 114 juta dengan kurs nilai tukar saat ini.

Buat Mayer, Rolex itu “Cadillac-nya” jam tangan. Analogi sederhana Mayer, kalau Cadillac itu produk prestise mobil, ya Rolex itu brand klasiknya jam tangan.

Rolex II punya dial warna putih, dan strap baja yang terbuat dari oyster steel. Ini adalah baja sama yang biasa dipakai di industri pesawat terbang. Yang pasti, tahan karat lah.

John Mayer mengenakan jam tangan Rolex Oyster Perpetual Date GMT Master. (Instagram/@johnmayer)
John Mayer mengenakan jam tangan Rolex Oyster Perpetual Date GMT Master. (Instagram/@

Mayer pun mengkoleksi jam tangan Rolex lain seperti Rolex Perpetual Date GMT Master. Jam tangan dengan bezel dua warna merah-biru ini harganya sekitar Rp 200 jutaan.

Baca juga: Disebut Standar Aja, Yuk Intip Koleksi Jam Tangan Raditnya Dika, Ada yang Rp 160 Juta Lho!

2. IWC Schaffhausen Big Pilot Reference 5002 – Rp 140 Juta

Jam tangan IWC Big Pilot milik John Mayer. (precisionwatches.com)
Jam tangan IWC Big Pilot milik John Mayer. (precisionwatches.com)

Sebenarnya, bukan cuma satu jam tangan IWC yang dipunya Mayer. Dalam sebuah wawancara dengan Hoodinkee, mantan pacar Katy Perry ini punya beberapa unit IWC.

Tapi, dari sekian banyak yang ia miliki, seri Big Pilot-lah yang paling dia suka. Alasannya simple, Mayer suka karena jam tangan ini sederhana dan punya desain minimalis. Dia pertama kali mengenal brand ini pada tahun 2002 ketika sedang berada di Las Vegas.

Malahan, Mayer sering banget memakai Big Pilot saat manggung. Sampai-sampai, dia dijuluki “Big Pilot” sama manajer-manajer turnya. Big Pilot 5002 sendiri punya dial yang lebar – bahkan banyak yang bilang kegedean – dan strap kulit, cocok buat tangan keringetan Mayer saat manggung.

Bukan cuma itu. Saking sukanya, Mayer sampai menorehkan logo jam Big Pilot, yang berupa sebuah segitiga dan dua titik, di fret ke-12 gitar akustik signature-nya, C.F. Martin & Company.

Baca juga: Lebih dari 30 Miliar! Ini 11 Koleksi Jam Tangan Mewah Crazy Rich Sobat Raffi Ahmad

3. Patek Philippe 5004G – Rp 3,3 miliar

Jam tangan John Mayer Patek Philippe 5004G. (precisionwatches.com)
Jam tangan John Mayer Patek Philippe 5004G. (precisionwatches.com)

Sejak saat itu, Mayer gak cuma musisi yang sering bikin karya-karya hits. Di luar panggung, ia adalah kolektor jam tangan vintage.

Dia membeli berbagai jam tangan jadul macam Rolex Sea-Dweller bikinan era tahun 70-an. Ia juga pernah beli Casio G-Shock jadul seharga US$130 dari situs jual beli eBay.

Sepuluh tahun berselang, Mayer membeli jam tangan Patek Philippe. Asal tahu, ini adalah watchmaker asal Jenewa, Swiss yang dikenal sebagai pembuat jam tangan super mewah.

Uniknya, Mayer gak beli koleksi Patek Philippe yang udah ada. Ia memesan khusus untuknya, sesuai dengan keinginannya.

Salah satu jam pesanan Mayer, Patek Philippe 5004G terbuat dari emas putih 18 karat dan jarum jam yang bisa menyala dalam gelap. Gak heran kalau harganya sampai US$ 236.500 atau setara Rp 3,3 miliar! Jam pesanan Mayer ini bergaya casual dan sporty, biar pas kalau dipakai buat naik panggung.

Jam tangan John Mayer Patek Philippe Aquanaut Travel Time 5164A. (precisionwatches.com)
Jam tangan John Mayer Patek Philippe Aquanaut Travel Time 5164A. (precisionwatches.com)

Dikutip dari Precisionwatches, Mayer juga punya Patek Philippe Aquanaut Travel Time 5164A yang harganya sekitar US$ 34.000 atau sekitar Rp 479 jutaan. Selain itu, ia pun memiliki Patek Philippe Perpetual Calendar Chronograph 5970G yang harganya US$ 150.000. Kalau dirupiahkan ya sekitar Rp 2,1 miliar.

4. Audermars Piguet Royal Oak Offshore Diver – Rp 280 juta

Jam tangan John Mayer Audemars Piguet Royal Oak Offshore Diver. (Instagram/@johnmayer)
Jam tangan John Mayer Audemars Piguet Royal Oak Offshore Diver. (Instagram/@johnmayer)

Termasuk merek mahal, tapi harga Audemars Piguet milik John Mayer belum semahal Patek Philippe yang sampai miliaran. Baru beberapa waktu belakangan ini Mayer kelihatan mengenakan jam tangan keluaran watchmaker asal Le Brassus, Swiss itu.

Tipe Royal Oak Offshore Diver sendiri punya warna ungu mencolok yang diberi nama round the clock purple. Warna ungu memang tampak mendominasi, yakni di bagian dial dan strapnya.

Bagian hour marker-nya dilapis emas. Jadi, gak heran kalau harganya dibanderol US$ 19.900 atau sekitar Rp 280 juta.

Gak cuma warna ungu yang dikeluarkan oleh Audemars Piguet. Pembeli bisa pilih deretan warna atau kombinasi warna lain seperti tropical turquoise, sand buff, charismatic khaki, orange, yellow, sampai putih. Nah, yang putih dibanderol lebih murah, yaitu sekitar US$ 19.000 atau setara Rp 267 juta.

Itu dia deretan jam tangan mewah milik John Mayer. Ternyata, kabarnya John Mayer juga pernah beli jam tangan perempuan lho.

Dikutip dari Hodinkee, pada bulan November 2013 ketika sedang berada di Jenewa, Swiss, Mayer jatuh hati pada sebuah jam tangan cantik. Jam tersebut adalah Mademoiselle Prive bikinan Chanel.

Nah, kira-kira nanti, kalau John Mayer konser di Jakarta, jam tangan mana ya yang bakal dia kenakan di panggung? Kita lihat saja nanti.

Oiya, tiket konser yang merupakan bagian dari Tour John Mayer di Asia dan Australia ini udah bisa dibeli sejak tanggal 25 Januari. Informasi penjualannya bisa kamu lihat di situs Johnmayerjakarta.com, dengan harga tiket paling murah Rp 1,3 juta dan yang paling mahal Rp 4,5 juta.

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan