Garap Avengers Ala Indonesia, Ini Fakta Unik Joko Anwar Sutradara Film Gundala

3 menit
joko anwar
Joko Anwar. (Instagram/@jokoanwar)

Di industri film Tanah Air, pasti nama sutradara Joko Anwar udah hampir semua orang ketahui karena banyak hasil karyanya yang kece dan dikagumi banyak pihak. Gak hanya di dalam negeri, hasil karya Anwar juga udah diakui oleh insan layar lebar mancanegara lho.

Baru-baru ini, pria yang lahir pada tanggal 3 Januari 1976 di Medan, Sumatera Utara ini telah mengumumkan bahwa film superhero Gundala merupakan awal dari sederet film layar lebar yang tengah dipersiapkan. 

“Yang sudah pasti ada tujuh film setelah Gundala yang sedang dipersiapkan. Ada Sri Asih, Godam dan Tira, Si Buta dari Gua Hantu, Patriot Taruna, Mandala, dan Patriot. Kami sudah buat benang merah ceritanya,” terang Joko Anwar dalam pengumuman jagat Sinema Bumilangit pada tangal 18 Agustus 2019, mengutip dari Fimela.

Buat penggemar film bergenre action dan superhero, pasti berita tersebut sangat menggembirakan dan ditunggu-tunggu tanggal perilisan filmnya. Apalagi, yang bicara langsung adalah sutradara yang kualitasnya gak diragukan lagi.

Daripada berlama-lama lagi mending kita langsung simak aja fakta unik tentang Joko Anwar berikut ini.

Baca juga: Deretan Film dengan Tokoh Pemimpin Wanita Menginspirasi, Bisa Jadi Panutan!

Sejak kecil Joko Anwar sangat menggemari film kungfu dan horor

joko anwar
Sejak kecil udah suka horor. (Instagram/@jokoanwar)

Minat pria berzodiak Capricorn ini di dunia film udah mulai terlihat sejak kecil. Kalau anak-anak pada umumnya lebih memilih untuk menyaksikan film bergenre kartun, Anwar justru lebih tertarik ke kungfu dan horor. 

Salah satu alasan kenapa ia suka dengan sinema horor adalah lebih menantang dan sensasi yang didapatkan oleh penonton terasa berbeda.

Baca juga: James Bond Diganti Perempuan, Apakah Bakal Gak “Pecah” seperti 4 Film Ini?

Lulusan Institut Teknologi Bandung Jurusan Astronomi

joko anwar
Lulusan jurusan astronomi ITB. (Instagram/@jokoanwar)

Siapa yang sangka kalau Joko Anwar muda merupakan seseorang yang mendalami ilmu Astronomi. Ia menyelesaikan jenjang Strata 1 di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1999.

Jurusan ini sama sekali gak ada hubungannya dengan karier yang membuat namanya melambung saat ini.

Namun, ada cerita menginspirasi di balik fakta tersebut. Kedua orang tuanya sebetulnya pengin menyekolahkan Anwar ke sekolah film, hanya aja karena keterbatasan biaya jadi harus melanjutkan pendidikan tinggi di ITB.

Baca juga: Membanggakan! Ini 6 Film Hollywood yang Dibintangi oleh Iko Uwais

Sempat menjadi jurnalis di salah satu media berbahasa Inggris Tanah Air

joko anwar
Pernah jadi jurnalis. (Instagram/@jokoanwar)

Uniknya lagi, setelah selesai mendapat gelar sarjana Joko Anwar pernah terjun ke dunia jurnalistik pada tahun 2003. Media yang jadi tempat persinggahannya saat itu adalah The Jakarta Post. 

Seperti yang kita ketahui The Jakarta Post adalah media yang menggunakan bahasa Inggris dalam artikel yang disajikannya. Selain itu, juga di saat yang hampir bersamaan ia menjalani pekerjaan sebagai kritikus film Indonesia.

Mulai terjun ke dunia perfilman Indonesia pada tahun 2003

joko anwar
Salah satu film besutan Anwar. (Instagram/@jokoanwar)

Karier pertama Joko Anwar dimulai ketika dirinya menjadi penulis di film Arisan yang dibintangi oleh aktor Surya Saputra dan Tora Sudiro. Ketika itu ia diajak oleh sang sutradara yakni Nia Dinata untuk berkolaborasi. 

Hasilnya pun cukup memuaskan di mana ketika itu Arisan mencatatkan jumlah penonton sebanyak 100 ribu, angka yang lumayan fantastis pada tahun 2003.

Selama 16 tahun kariernya di industri film Tanah Air, Anwar telah menggarap lebih dari 20 judul film di mana ia berperan sebagai sutradara, penulis maupun produser. Beberapa judul yang membuat namanya melejit adalah Pengabdi Setan, Janji Joni, serta Stip dan Pensil.

Nah itulah sedikit fakta tentang Joko Anwar salah satu insan perfilman sukses Tanah Air. Semoga karya selanjutnya bisa lebih sukses lagi dari yang sebelumnya ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1