Punya Truk hingga Mercy, Ini Deretan Koleksi Kendaraan Pribadi Milik Jokowi

3 menit
Joko Widodo ketika menjajal moge di kawasan Istana Negara (Instagram).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memang dikenal sebagai pecinta otomotif. Orang nomor satu di Indonesia ini bahkan beberapa kali menghebohkan masyarakat dengan aksinya yang turun langsung ke jalanan untuk mengendarai sepeda motor.

Ya, di tengah segudang aktivitas dan kesibukannya memimpin negara. Jokowi tetap meluangkan waktunya menyenangkan dirinya dengan melakoni hobinya di dunia otomotif.

Pada tahun 2018, Jokowi bahkan kedapatan datang ke beberapa pameran otomotif di Indonesia seperti  Indonesia International Motor Show (IIMS), Otobursa, hingga Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Gak cuma itu aja, ayah tiga orang anak ini juga pernah memesan motor custom chopper berwarna emas ke salah satu bengkel modifikasi yang harganya mencapai Rp 140 juta.

Pemilik nama lengkap Joko Widodo ini pun tercatat memiliki sejumlah kendaraan seperti dikutip dari situs resmi KPK soal Laporan Harta Kekayaan Pejabat (LHKPN).

Dalam laporan tersebut juga disebutkan kalau Jokowi memiliki total kekayaan mencapai Rp 50,2 miliar pada 14 Agustus 2018. Harta tersebut meliputi aset tak bergerak dan juga bergerak yaitu sejumlah alat transportasi yang totalnya hingga Rp 1 miliar.

Penasaran apa saja kendaraan milik Presiden Indonesia ke-7 ini? Berikut tujuh di antaranya:

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Milenial untuk Membangun Kekayaan dengan Cepat

1. Minibus

Koleksi kendaraan Joko Widodo
Jokowi diketahui juga memiliki Nissan Juke (Shutterstock).

Pria lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada ini tercatat memiliki empat unit mobil minibus, yaitu:

  • Toyota Kijang Innova senilai Rp 170 juta.
  • Daihatsu Espass senilai Rp 25 juta.
  • Nissan Grand Livina senilai Rp 125 juta.
  • Nissan Juke senilai Rp 220 juta.

2. Mobil klasik

Koleksi kendaraan Joko Widodo
Isuzu Panther St Wagon

Gak cuma itu aja, Presiden Indonesia berusia 57 tahun ini juga diketahui memiliki satu unit mobil klasik Isuzu Panther St Wagon keluaran tahun 1997 yang harganya ditaksir mencapai Rp 36 juta.

Baca juga: Pengin Investasi dari Barang Koleksi Pribadi? Bisa Aja Kok! Mudah Banget

3. Mobil pick up

Koleksi kendaraan Joko Widodo
Suzuki carry pick up (Dok: Suzuki)

Dalam catatan LHKPN, Jokowi juga masih tercatat memiliki sebuah mobil pick up merek Suzuki keluaran tahun 1997 dengan nilai taksir mencapai Rp 10 juta.

4. Truk

Joko Widodo
Truk Isuzu (Dok: Isuzu)

Tak hanya mobil pick up yang masih tercatat sama dengan laporannya di tahun 2014 silam. Jokowi juga memiliki dua unit truk Isuzu buatan tahun 2002 senilai Rp 120 juta.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

5. Mobil mewah

Joko Widodo
Mercedes Benz (Carmudi)

Pria yang pernah bekerja di kantor BUMN, PT Kertas Kraft dan ditempatkan di area Hutan Pinus Merkusii di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah ini juga memiliki dua unit mobil mewah buatan Jerman yakni Mercedes Benz.

Mobil sedan keluaran tahun 1996 itu memiliki nilai taksir sekitar Rp 60 juta. Sedangkan untuk mobil mercy tahun 2004 memiliki nilai jual hingga Rp 175 juta.

6. Beberapa kendaraan sepeda motor

Jokowi menjajal motor kesayangannya mengitari daerah Tangerang (Instagram).

Pada catatan LHKPN, Jokowi juga diketahui memiliki sejumlah kendaraan sepeda motor yaitu Yamaha Vega keluaran 2001, serta yang baru-baru ini sempat menghebohkan publik yaitu sebuah motor gede custom yang harganya mencapai Rp 140 juta.

Ya, motor yang bernama Chopperland Chopper itu memang dipesan langsung dan khusus oleh Jokowi di salah satu bengkel custom yaitu Elders Garage. Motor berwarna emas itu bahkan sempat ditunggangi Jokowi saat ia melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi di tahun 2018 lalu.

Nah, itu dia beberapa koleksi kendaraan milik Presiden Joko Widodo yang meski jumlahnya banyak tapi harganya sangat ramah di kantong. Memang, seperti diketahui kalau Jokowi termasuk dalam salah satu pemimpin negara yang kerap hidup sederhana. Salut deh! (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.