Mengintip Rumah Jokowi di Istana Bogor yang Terlihat “Sederhana”

3 menit
Rumah Jokowi (Mata Najwa)

Jokowi terkenal sebagai presiden ke-7 RI yang sederhana. Kesederhanaannya itu pula yang membuat suami Iriana Joko Widodo tersebut memilih tinggal di paviliun kecil di Istana Bogor.

Ayah tiga anak itu menempati kompleks pekarangan Istana Bogor selama menjabat sebagai presiden. Namun, dia tidak menempati gedung utama yang megah, melainkan sebuah paviliun kecil yang letaknya tak jauh dari gedung utama Istana Bogor.

Sebuah bagunan yang jauh lebih kecil jika dibandingkan gedung utama Istana Bogor terekspos dalam sesi wawancara secara eksklusif oleh tim Mata Najwa, yang tayang Rabu (12/12/2018).

Penasaran seperti apa penampakan rumah paviliun sederhana yang kini dihuni Presiden Jokowi? Yuk, simak di sini:

Homey

Istana Bogor (Mata Najwa)
Istana Bogor (Mata Najwa)

Dari luar, tak ada kesan mewah dan megah dari rumah yang kini lebih sering dihuni kakek dua orang cucu itu. Yang tampak dari bangunan satu lantai tersebut hanya nuansa teduh, dan homey.

Dikelilingi rerumputan hijau dengan jalan setapak kecil yang menghubungkan antarbangunan di Istana Bogor, tampak jendela kaca berukuran besar mendominasi rumah paviliun tersebut.

Dua kamar

Jokowi dan Najwa Shihab (Mata Najwa)
Jokowi dan Najwa Shihab (Mata Najwa)

Homey sekali rumahnya, sederhana ya pak,” kata Najwa Shihab.

“Ya ini, dua kamar,” jawab Presiden Jokowi.

“Oh ini hanya dua kamar? Satu kamar Ibu Bapak dan satu untuk orang yang ke sini?” tanya Najwa yang akrab disapa Nana itu.

“Iyaa, kalau lagi rame banyak yang ke sini ya tidur bawah,” ungkap Jokowi.

“Jadi ini cuma teras, masuk terus hanya ini dua kamar. Udah ini saja ya pak?” papar Nana memperjelas.

“Itu di sana masih ada kamar (menunjuk luar) kamar paspampres dan pengawal,” jawab Jokowi.

“Tapi ya ruangan ya hanya ini? cukup pak?” imbuh Nana, memperjelas.

“Cukup,” jawab Jokowi dan Iriana bersamaan.

Teras rumah

Teras rumah Jokowi (Mata Najwa)
Teras rumah Jokowi (Mata Najwa)

Jokowi bersama keluarga tampak mengajak Najwa Shihab selaku host Mata Najwa melakukan sesi wawancara di teras rumah dengan lantai berwarna merah bata.

Tampak sofa panjang berwarna merah dan single chair dengan dudukan berwarna putih menghiasi teras. Di bagian dinding, lukisan bergambar burung bangau putih di tepi pantai menjadi point of interest.

Piano dan pajangan rusa

Najwa Shihab usai menjalani sesi wawancara diberi kesempatan melongok tempat tinggal pria yang bersama KH Ma’ruf Amin tengah maju di Pilpres 2019 mendatang.

Saat memasuki pintu utama, sebuah piano berwarna cokelat dengan pajangan rusa di sudut ruangan tampak menyambut siapapun yang bertandang.

Ruang tamu

Selain di teras, lukisan besar yang menggambarkan alam berupa tepi pantai, pepohonan dan burung bangau putih yang diletakkan berhadapan dengan pintu utama tampak menghiasi dinding.

Empat kursi kecil saling berhadapan serta satu kursi panjang di bawah lukisan dan meja bundar tampak menghiasi ruang tamu tersebut.

Ruang tengah

Jokowi, Iriana Jokowi dan Najwa Shihab (Mata Najwa)
Jokowi, Iriana Jokowi dan Najwa Shihab (Mata Najwa)

Ruang tengah dengan satu set meja kursi berwarna krem dan cokelat yang senada dengan perabotan ruang tamu berada di samping ruang tamu.

Di ruangan ini, terdapat pula sebuah treadmill untuk berolahraga.

Mainan cucu

Mainan cucu menghiasi rumah Jokowi (Mata Najwa)
Mainan cucu menghiasi rumah Jokowi (Mata Najwa)

Baik di ruang tamu maupun ruang televisi, terdapat banyak mainan anak dan high chair untuk cucu-cucu presiden.

Ruang TV

Ruangan TV menjadi tempat paling sering dipakai Presiden Jokowi untuk menghabiskan waktu luang. Di bagian ujung ruangan, tampak satu set meja makan dengan kitchen set sederhana.

Hanya terdapat kulkas, oven, dan beberapa toples makanan di atasnya.

Nah, itu dia penampakan rumah paviliun sederhana yang dihuni Jokowi serta keluarga. Semoga kita bisa memetik hikmah dari kesederhanaan seorang presiden.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.