Jajan Cilok Pinggir Jalan Hingga Belanja ke Pasar, Ini Bukti Jokowi Presiden Sederhana!

3 menit
jokowi
Jokowi presiden sederhana, salah satunya jajan cilok pinggir jalan (Instagram/@jokowi)

Presiden Jokowi dikenal sebagai sosok yang sederhana. Itu menjadi salah satu alasan banyak orang mengagumi kepribadiannya.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, tentu bukan hal yang sulit untuk pemilik nama Joko Widodo ini hidup penuh kemewahan.

Meski menyandang predikat sebagai orang paling berpengaruh di Indonesia, nyatanya hal itu tetap gak membuat Jokowi tinggi hati. Suami Iriana Jokowi itu justru tetap merakyat dan hidup penuh dengan kesederhanaan bersama keluarganya.

Bahkan, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 ini turun langsung ke lapangan untuk menyapa rakyatnya. Jadi, wajar aja kalau kakek Jan Ethes tersebut dicintai banyak orang.

Itu ditunjukkan dengan beragam potret kehidupan sehari-harinya serta keluarga yang tanpa sungkan jajan cilok di pinggir jalan hingga belanja ke pasar.

Kebayang gak sih gimana bahagianya para pedagang yang kedapatan didatangi presiden? Penasaran seperti apa? Yuk, langsung intip di bawah ini:

Belanja di pasar

Jokowi
Jokowi sidak ke pasar (Instagram/@jokowi)

Dengan menggunakan kemeja putih, presiden satu ini tampak berkunjung ke pasar tradisional dan berhenti di salah satu penjual. Salut gak sih seorang presiden gak sungkan terjun langsung ke pasar!

Jokowi
Jokowi sidak ke pasar (Instagram/@jokowi)

Dari beberapa unggahan foto di Instagramnya, Jokowi memang kerap datang ke pasar-pasar tradisional.

Setelah asyik bercengkrama dengan penjual ikan asin, kali ini pria 58 tahun itu menunjukkan ciri khas penampilannya. Yaitu, mengenakan kemeja dan celana panjang hitam terlihat tengah berbincang-bincang dengan penjual sayuran.

Baca juga: Bisa Dicontek, Ini Lho 5 Fakta Soal Rumah Presiden Jokowi di Solo

Jajan cilok di pinggir jalan

Jokowi
Jokowi jajan cilok pinggir jalan (Instagram/@jokowi)

Tak hanya datang ke pasar tradisional, ayah tiga anak itu bahkan membeli jajanan pinggir jalan. Yaitu, cilok yang berada di daerah Ciracas, Jakarta Timur.

Naik motor

jokowi
Jokowi presiden yang suka naik motor (Instagram/@jokowi)

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, pria kelahiran Surakarta itu mendapatkan fasilitas kendaraan mewah untuk mendukung aktivitasnya mengurus negara.

Meski begitu, presiden yang dikenal pencinta otomotif ini tampak mengendarai sepeda motor buatan anak bangsa tanpa kawalan ketat. Kapan lagi melihat seorang presiden asyik jalan-jalan naik motor kalau bukan Jokowi, setuju?

Makan keluarga di restoran sederhana

jokowi
Jokowi makan keluarga di resto sederhana (Instagram/@jokowi)

Tak hanya Jokowi yang hidup sederhana. Istri dan anak-anaknya pun gak malu bersikap apa adanya, dan merakyat. Terbukti, mereka gak segan makan di restoran sangat sederhana.

Padahal untuk sekelas pria yang berulang tahun setiap 21 Juni itu, tentu bukan hal yang sulit untuk menyantap makanan di restoran paling mahal dan mewah di Indonesia.

Main bola dengan cucu

jokowi
Jokowi main bola dengan cucu (Instagram/@jokowi)

Meski menyandang status sebagai kepala negara yang memiliki segudang aktivitas, Jokowi selalu meluangkan waktu bercengkrama dengan keluarganya. Salah satunya, bermain bola dengan sang cucu tercinta Jan Ethes di Pantai Sanur, Bali.

Naik MRT

jokowi
Jokowi naik MRT (Instagram/@jokowi)

Setelah MRT Jakarta mulai beroperasi, mantan Gubernur Jakarta ini juga tak mau ketinggalan menjajal alat transportasi satu ini. Bahkan, Presiden ke-7 Indonesia ini tak sungkan berpose dengan rakyatnya.

Romantis bersama istri

jokowi
Jokowi romantis bareng istri (Instagram/@jokowi)

Tanpa pengawalan ketat dan diperlakukan bak raja, mantan Wali Kota Solo itu tampak romantis berjalan di bawah hujan bersama sang istri tercinta saat  berada di Tegal, Jawa Tengah.

Itulah potret sederhana Jokowi dan keluarga yang sangat menginspirasi. Meski berstatus orang nomor satu di Indonesia, kesederhanaannya membuat Jokowi dicintai rakyatnya. Sukses terus Pak! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.