Mau Jadi Jomblo Berkelas? Penuhi Dulu 5 Ciri Keuangan Ini

4 menit

Menjadi jomblo kadang ada enaknya dan gak enaknya. Kalau enaknya sih, kamu bebas ke mana aja dan dengan siapa aja yang kamu suka. Gak enaknya ya itu, kamu kadang-kadang disindir karena masih aja sendiri. Nah, buat kamu yang masih jomblo, gak usah berkecil hati. Walaupun jomblo, seenggaknya nih kamu bisa buktikan kalau kamu itu jomblo berkelas.

Hah, maksudnya berpenampilan yang wah gitu kayak selebgram? Bukan, sama sekali bukan begitu. Emangnya jadi jomblo berkelas dilihat dari penampilannya doang. Sebenarnya, bisa lebih dari itu lho.

Asal tahu aja nih. Selain kualitas diri, ciri lain dari jomblo berkelas itu adalah udah mapan secara finansial. Dengan menunjukkan itu, gak ada tuh yang bakal nyinyirin status jomblo kamu lagi.

Buat kamu yang pengin tunjukkan diri bahwa kamu jomblo berkelas yang mapan, mulai sekarang munculkan deh ciri-ciri berikut ini dalam dirimu. Apa aja?

1. Jago manage keuangan

Jomblo berkelas
Bujet

Berstatus jomblo bukan berarti sembarangan dalam menggunakan uang. Kalau sembarangan, itu sih tandanya kamu boros. Udah bisa dipastikan kebiasaan macam gitu gak bakal bikin kamu mapan secara finansial.

Nah, kamu yang mengalami kesulitan di sini, mulai deh segera atur keuangan dengan rumus 50/20/30. Ha, rumus apaan tuh? Ini rumus dipakai supaya kamu mengalokasikan semua pengeluaran dengan baik, tepat, dan seksama dalam tempo satu bulan.

Cara menerapkannya mudah kok. Kamu cuma perlu mengalokasikan 50 persen dari gajimu tiap bulan buat kebutuhan pokok. Kemudian 20 persen buat tujuan finansial seperti menabung, investasi, dan dana darurat. Dan terakhir, 30 persen buat kebutuhan personal, seperti hiburan, pulsa, kuota internet, hangout bareng teman-teman, dan lain sebagainya.

2. Punya proteksi

Jomblo berkelas
Asuransi

Demi kesehatan dan keselamatan diri, proteksi itu sangat diperlukan. Nah, proteksi di sini artinya kamu harus punya asuransi. Minimal kamu punya BPJS atau asuransi dari tempat kerja sebagai bentuk perlindungan keuangan.

Coba deh bayangkan kalau kamu gak punya yang namanya asuransi, begitu terjadi apa-apa terhadap dirimu, kamu bisa tekor banyak nih. Entah itu buat biaya pengobatan ataupun ganti rugi.

Beda cerita kalau kamu punya asuransi atau BPJS. Kamu gak usah pusing-pusing lagi mikirin biaya rumah sakit. Soalnya, semua atau sebagian udah ditanggung dari premi yang kamu bayarkan.

3. Memiliki dana darurat

Jomblo berkelas
Dana darurat

Selain asuransi, kebutuhan yang satu ini juga sangat penting kamu miliki. Namanya aja dana darurat. Jadi cuma dipakai saat darurat lho ya.

Misalnya aja ketika kamu mengalami musibah atau kecelakaan. Dana darurat bisa membantu kamu buat urusan biaya. Dengan begitu, kamu gak perlu lagi deh yang namanya berutang.

Atau, katakanlah, kamu kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba. Nah, dana darurat bisa dipakai menopang hidupmu sementara sampai dapat kerjaan baru.

Lagian juga alokasi buat dana darurat gak berat-berat amat kok. Seperti yang udah disebut di atas tadi, alokasi buat tujuan finansial besarannya 20 persen. Ambil aja 10 persen dari penghasilan kamu sebagai alokasi dana darurat.

Idealnya, kumpulkan minimal sebanyak enam kali pengeluaran kebutuhan pokok kamu dalam sebulan ya. Hitung-hitung, dengan memiliki dana darurat, kamu gak cuma jadi jomblo berkelas, tapi juga jadi jomblo yang gak punya ketergantungan pada orang lain.

4. Berinvestasi apa pun bentuknya

Jomblo berkelas
Investasi

Kamu tentu udah sering banget dengar kalau investasi itu banyak untungnya. Susahnya berinvestasi itu karena kebanyakan orang menunda-nunda buat melakukannya. Terus-terusan ditunda ya sampai pensiun nanti gak bakalan lah punya investasi.

Contoh orang yang sukses dari investasi pun udah banyak lho. Seperti kisah Aab, supir taksi Blue Bird, yang kaya dari investasi saham. Diawali dengan ikut seminar dari OJK lalu tertarik investasi saham, Aab bisa raih untung hingga Rp 150 juta dengan modal Rp 3 juta saat trading saham tahun 2015.

Demi jadi jomblo berkelas, ada baiknya kamu mulai deh niatkan diri buat investasi. Lagian juga sekarang investasi punya banyak pilihan kok. Kamu bisa investasi emas, deposito, obligasi, saham, hingga reksa dana. Malahan nih, mulainya bisa dengan modal Rp 50 ribu. Gak besar-besar amat kan?

5. Udah punya rumah

Jomblo berkelas
KPR

Sulit, tapi bukannya mustahil lho. Mumpung masih muda plus jomblo, gak ada salahnya nih membeli rumah. Nantinya ketika udah punya keluarga sendiri, kamu udah gak ribet lagi cari-cari tempat tinggal.

Untungnya lagi nih, rumah bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan juga. Soalnya, harga properti itu cenderung naik. Ditambah lagi, kamu bisa memanfaatkan rumah yang kamu beli sebagai pemasukan tambahan. Misalnya, dengan cara disewakan atau dikontrakkan.

Jangan berpikir kamu harus langsung menyiapkan dana kontan buat beli rumah ya. Mulai aja dulu dengan menyiapkan DP-nya. Persentase DP rumah itu 10-15 persen. Misalkan, rumah yang kamu beli harganya Rp 400 juta. Itu berarti DP-nya minimal Rp 40 juta dan kamu mesti nabung sebanyak itu biar bisa ambil KPR.

Perhitungkan dengan masak, berapa tahun kamu mau menabung untuk uang DP itu. Ini masih belum ditambah perhitungan inflasi tiap tahun lho ya. Nah, buat tahu cara menghitung berapa uang yang harus kamu kumpulkan, baca artikel berikut ini. 

Udah tahu kan sekarang apa aja yang mesti dimiliki biar jadi jomblo berkelas? Mulai dari manage keuangan, punya asuransi, dana darurat, hingga investasi. Semua itu bukan hal yang sulit kok, kecuali beli rumah yang mesti masak-masak perhitungannya.

Dijamin, dengan melakukan hal-hal di atas, kamu bakal merasakan untungnya ke depannya nanti. Jadi, kapan nih kamu berencana merealisasikan hal-hal di atas?

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!