Gak Perlu Sedih! Ini 5 Keuntungan Finansial Jadi High Quality Jomblo

4 menit
Keuntungan finansial jadi jomblo

Menyandang status jomblo alias gak punya pacar bisa bikin orang meratapi nasib tersebut hingga galau berlarut-larut seakan dunia telah hancur. Padahal, ada keuntungan finansial yang bisa diambil lho dari status jomblo!

Gak ada yang memberinya semangat di pagi hari, gak ada yang mengucapkan selamat tidur, hingga gak ada yang ngajak nonton di malam minggu. Itu beberapa kondisi yang harus dihadapi saat berstatus jomblo.

Berlebihan memang. Padahal, kamu tetap bisa bersenang-senang sama keluarga atau sahabat. Jadi, gak melulu nonton atau hangout di malam minggu harus sama pacar.

Sesekali galau pengin dapat perhatian dari pacar atau nge-date sih gak ada salahnya, asalkan jangan berlarut-larut. Pasalnya, percaya atau gak, kondisi itu bisa merusak mental kamu.

Lagipula, coba deh ubah pola pikir kamu! Jadi jomblo itu banyak keuntungannya kok, seperti jadi punya banyak waktu buat keluarga, teman-teman, dan diri sendiri.

Kalau biasanya setiap Weekend kamu pergi sama pacar, sekarang bisa bersantai di rumah sambil nonton drama Korea kesukaan atau pergi makan malam bersama keluarga.

Jadi, banyak sekali hal positif yang bisa dipetik kok saat gak punya pacar. Hal menyenangkan lainnya, dompetmu juga jauh lebih aman.

Pasalnya, saat pacaran itu kamu akan mengeluarkan bujet lebih untuk sekadar traktir pacar makan atau memberikan kado saat dia ulang tahun.

Gak percaya? Berikut, lima keuntungan finansial yang akan kamu dapat saat jomblo seperti survei yang dilakukan MoneySmart terhadap beberapa orang:

1. Bebas beli dan melakukan apapun yang diinginkan

Bebas membeli dan melakukan apa saja
Bebas membeli dan melakukan apa saja

Keuntungan pertama saat menjadi jomblo adalah, kamu bisa bebas membeli, dan melakukan apapun yang diinginkan untuk diri sendiri selain traktir makan dan nonton kekasih.

“Enak sih pas gak punya pacar karena udah bisa ganti ban motor baru. Demi buat traktir pacar nonton dan makan setiap malam minggu, jadi deg-degan sendiri bawa motor bannya botak. Takut kecelakaan, bahaya banget soalnya itu,” kata Indra saat sedang kumpul bareng teman-temannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Senada dengan Indra, Riza, salah seorang temannya mengakui hal sama. Riza bahkan bisa memenuhi hasrat berbelanjanya karena kini berstatus jomblo.  

“Iya, enak juga jadi jomblo, bisa beli barang apapun kayak sepatu atau kaos yang diinginkan tanpa takut kena omel. Padahal kan bukan cewek aja yang boleh belanja, cowok juga harus belanja biar keren penampilannya,” akunya.

Baca juga:

Wow! 5 Dongeng Ini Bisa Bikin Anakmu Mapan Secara Finansial

2. Bisa lebih banyak menabung

Lebih banyak menabung
Lebih banyak menabung

Hal positif lainnya yang diperoleh saat berstatus jomblo adalah, kamu bisa menabung.

“Saat punya pacar, boro-boro nabung, punya uang lebih setiap bulan aja susah banget. Karena ya itu, pacaran benar-benar menguras kantong banget,” ungkap Indra.

“Pas udah putus, jadi enak sih karena uang yang biasa dipakai buat pacaran jadi gue alihin ke tabungan aja. Biasanya setiap minggu gue habis Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu,” sambungnya.

Kalau setiap minggu kamu menghabiskan uang Rp 300 ribu buat pacar, maka dalam satu bulan, kamu bisa menabung Rp 300 ribu x 4 yaitu Rp 1,2 juta. Lumayan banget, bukan?

Baca juga:

Mau Jadi Jomblo Berkelas? Penuhi Dulu 5 Ciri Keuangan Ini

3. Bebas dari utang

Bebas utang
Bebas utang

Yang enaknya lagi menjadi jomblo, jadi gak pusing mikirin duit setiap malam minggu. Kalau orang-orang sangat menantikan akhir pekan, sebagian orang lainnya justru merasa tertekan karena lagi-lagi harus mengeluarkan uang.

Gue kadang rada takut tuh kalau udah hari Jumat, pusing mikirin duit buat pacaran di malam minggu. Kalau gak datang, gue diambekin. Tapi kalau lagi bokek itu benar-benar pusing banget sih. Ujung-ujungnya minta sama orangtua atau ngutang sama teman,” kata Adjie, salah seorang pengunjung kafe di kawasan Tebet, Jakarta.

Keuntungan lainnya adalah, jadi lepas dari beban malam mingguan dan terutama jadi gak punya utang.

Lagipula, bahaya banget sih kalau kamu sampai harus ngutang sana-sini cuma buat malam mingguan doang.

4. Tagihan kartu kredit gak meledak

Tagihan kartu kredit
Tagihan kartu kredit

Memang gak sedikit orang yang terlilit utang kartu kredit karena gaya hidup tidak sehat. Makanya, banyak orang mengungkapkan kartu kredit adalah kartu setan. Padahal kalau bisa digunakan dengan bijak, kartu kredit itu sangat bermanfaat banget lho.

Misalnya, untuk membeli keperluan rumah yang harganya cukup mahal. Kamu jadi bisa memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen atau buat modal jastip saat liburan, keuntungannya lumayan banget.

Sayangnya, banyak orang justru menggunakan kartu kredit untuk kesenangan saja, seperti beli barang mewah buat pacar, traktir makan di restoran mahal, dan lainnya.

Ya, kalau begitu terus sih siap-siap aja kamu terjerumus ke lubang utang kartu kredit yang dijamin bikin hidupmu gak tenang setiap saat.

Gue sampai sekarang masih harus bayar cicilan kartu kredit, waktu itu beliin handphone baru pas cewek gue ulang tahun. Lah, putusnya udah lama tapi cicilannya gak kelar-kelar. Tapi seenggaknya, udah berkurang dan gak meledak lagi tagihan kartu kredit gue,” papar Adjie seraya tertawa.

5. Lebih mudah membuat rancangan keuangan

Membuat rancangan keuangan
Membuat rancangan keuangan

Keuntungan finansial lainnya yang dirasakan saat jadi jomblo adalah, lebih mudah membuat rancangan keuangan.

“Jadi sekarang gaji gue udah dipos-posin, buat kasih orangtua, kebutuhan selama satu bulan, bayar cicilan dan nabung. Jadi, lebih gampang aja ngatur uang dibanding saat punya pacar dulu,” ujar Gesa, salah seorang teman Adjie.

“Iya soalnya dulu waktu pacaran, suka ada pengeluaran gak terduga tuh kayak tiba-tiba cewek gue minta beliin tas baru. Duh, pusing kan. Boro-boro bisa ngatur duit kalau begitu,” lanjutnya.

Berdasarkan hasil survei MoneySmart kepada beberapa pria milenial yang tengah asyik hangout dengan teman-temannya saat malam minggu ini bisa dipetik kesimpulan, banyak sekali keuntungan finansial yang bisa kamu dapat saat jadi jomblo.

Jadi, gak usah berlarut-larut galau ya! Saat ini, lebih baik nikmati status jomblo kamu sambil memperbaiki keuanganmu yang berantakan, dan mengumpulkan uang untuk modal nikah di kemudian hari. Lebih berkesan, bukan? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.