Bisnis Jual Beli Properti, 4 Orang Ini Sukses Jadi Konglomerat

3 menit

Yang namanya jual beli properti sudah pasti ngasih untung gede. Apalagi kalau punya banyak proyek di mana-mana. Selain harganya terus naik, bisnis properti juga gak ada matinya karena permintaannya terus meningkat. Terutama di Indonesia.

Nah, gara-gara sukses menggarap ratusan proyek properti di Indonesia, empat orang ini dicap sebagai taipan properti Tanah Air. Siapa aja? Yuk simak.

1. Ciputra

Jual Beli Properti
Ciputra (swa)

Berbicara jual beli properti, pasti gak bisa lepas dari salah satu tokoh satu ini: Ciputra. Lulusan arsitektur Institut Teknologi Bandung ini menjadi salah satu konglomerat properti sukses di Indonesia.

Proyek-proyek propertinya tersebar hampir di seluruh Indonesia mulai dari perumahan, perkantoran, perhotelan, hingga mal. Contoh hasil karyanya adalah perumahan elit Pondok Indah, Jakarta Selatan dan superblok Ciputra World.

Dari keuletannya jual beli properti, pendiri Ciputra Group ini masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Pada Desember 2017, Majalah Forbes mencatat kekayaan Ciputra mencapai US$ 1,45 miliar.

[Baca: Bisnis Properti, 5 Artis Indonesia Ini Makin Tajir Melintir!]

2. Eka Tjipta Widjaja

jual beli properti
Eka Tjipta Widjaja (maxmanroe)

Orang super tajir di Indonesia yang sukses bisnis jual beli properti lainnya adalah Eka Tjipta Widjaja. Pendiri Sinar Mas Group ini banyak menggarap proyek perumahan elit seperti di BSD City Tangerang, Kota Deltamas Bekasi, Kota Wisata Cibubur dan perumahan lainnya.

Bukan hanya perumahan, Sinar Mas Group juga banyak menggarap proyek mal, kawasan industri, hotel, dan lainnya yang dikembangkan melalui perusahaan Sinar Mas Land.

Eka Tjipta Widjaja, sang pendiri Sinar Mas Group menjadi orang terkaya kedua pada 2017 versi Majalah Forbes. Harta kekayaannya ditaksir mencapai US$ 9,1 miliar. Selain bisnis properti, Sinar Mas Group juga sukses mengembangkan bisnis agroindustri.

3. Mochtar Riady

jual beli properti
Mochtar Riady (okezone)

Konglomerat properti Indonesia yang juga super tajir adalah James Riady. Pendiri Lippo Group ini sudah banyak membangun proyek properti di mana-mana.

Gurita bisnis properti yang digarap Lippo Group, antara lain perumahan, kondominium, pusat hiburan dan perbelanjaan, perkantoran, kota satelit terpadu, hingga kawasan industri.

Beberapa proyek properti yang dikembangkan Lippo, misalnya Millenium Village Karawaci, Tangerang, St Moritz Penthouse and Residences di Puri Indah, St Moritz Penthouse and Residences Makassar di Makassar, dan proyek ambisius Meikarta yang lagi digarapnya dengan nilai investasi Rp 278 triliun di Kabupaten Bekasi.

Kekayaan Mochtar Riady menurut Majalah Forbes pada 2017 ditaksir mencapai Rp US$ 3 miliar. Selain sektor properti, Lippo Group juga menggarap bisnis lain seperti jasa keuangan, media, pendidikan, teknologi digital, dan lainnya.

[Baca: 13 Tips Sukses Sederhana Tapi Dilakukan Banyak Orang Kaya di Dunia]

4. Alexander Tedja

jual beli properti
Alexander Tedja (indonesiatatler)

Ada yang tahu Gandaria City dan Kota Kasablanka? Ya, kedua superblok tersebut adalah contoh properti yang dikembangkan oleh Alexander Tedja melalui perusahaan yang dibangunnya, PT Pakuwon Jati Tbk.

Alexander Tedja juga merupakan salah satu raja properti di Indonesia. Proyek jual beli properti yang dikembangkannya mulai dari perumahan, mal, hingga perkantoran.

Pakuwon Group yang didirikannya sebagian besar menggarap proyek properti di Jakarta dan Surabaya. Pada 2017, Majalah Forbes mencatat harta kekayaan Alexander Tedja mencapai US$ 1,25 miliar.

Nah, itulah empat konglomerat sukses yang jadi tajir karena bisnis jual beli properti. Tentunya kesuksesan mereka gak diraih secara instan dong, pasti mereka membangun bisnisnya dari nol.

Apakah menjadi orang sukses dalam bisnis properti seperti mereka bisa kita tiru? Tentu saja. Selama ada kemauan dan tekad kuat, semua orang pasti bisa sukses kok.

[Baca: Bisnis Properti Nggak Cuma Soal Jual Beli, Coba Cari Untung Lewat Bisnis Sewa Properti]

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.