Jarang Diketahui, 7 Artis Ini Ternyata Sukses Jualan Baju Online Lho

Alice Norin Lawi (instagram @alicenorin)
Alice Norin Lawi (instagram @alicenorin)

Zaman sekarang belanja baju online bisa dilakukan tanpa pikir panjang. Tanpa niatan membeli, jika ada promo diskon atau flash sale, sulit buat gak tergoda. Kamu gitu gak?

Sebuah riset yang dilakukan Iprice menemukan bahwa masyarakat Indonesia menghabiskan waktu 4 menit 9 detik pada tiap situs belanja online yang dikunjungi. Pada situs-situs tertentu, seperti Shopee, Mapemall, dan Berrybenka, pengunjung bahkan bisa betah di situs tersebut lebih dari 5 menit.  

Kemudahan berbelanja secara online, disadari atau gak, bikin kita makin konsumtif. Kita bisa membeli baju online kapan pun, di mana pun, tanpa benar-benar memikirkan kebutuhan sebenarnya.

Di sisi lain, fakta ini jadi peluang bisnis yang menggiurkan. Sejalan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang hobi belanja online, situs-situs belanja online pun bertebaran. Dari situs terpisah, media sosial, hingga marketplace.

Bagi penjual, bisnis online juga banyak untungnya. Mereka gak perlu sewa tempat ataupun stand by menjaga toko. Dengan begini, modal yang diperlukan bisa dipangkas dan harga barang bisa dipatok lebih murah. Pelanggan tentu jadi lebih berminat.

Peluang bisnis online, terutama di bidang fashion, ternyata juga membuat para artis ini kepincut. Meski punya segudang aktivitas di dunia keartisan, potensi keuntungan bisnis online nyatanya gak bisa mereka lewatkan.

Bisa tebak siapa mereka? Sebagai pembeli, kamu juga perlu tahu nih online shop mereka, siapa tahu ada produk  yang nyantol di hati. Langsung aja, yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Luna Maya

Luna Habit, clothing line milik Luna Maya ini telah cukup lama berjalan. Digagas sejak akhir 2014, Luna Habit akhirnya diluncurkan pada April 2015 lalu. Berawal dari tiga orang karyawan, kini Luna Habit telah dijalankan oleh puluhan karyawan.

Luna Habit menawarkan desain pakaian kasual yang simple dan edgy dengan harga terjangkau. Luna mengaku selalu menempatkan dirinya sebagai pelanggan untuk bisa menciptakan produk berkualitas. Buat lihat koleksinya, kamu bisa kunjungi akun Instagramnya @lunahabit atau situs resminya di sini.

Buat strategi pemasaran untuk bisnisnya ini, Luna sempat mencoba segala cara, mulai dari pasang iklan di majalah sampai meminta endorsement teman-teman sesama artis.

Selain online store, Luna Habit juga dipasarkan secara offline. Saat ini telah ada empat gerai fisik Luna Habit di kota-kota besar, kayak Bali, Makassar, Bandung, dan Yogyakarta. Dalam waktu dekat, Luna berencana membuka cabang baru di Medan, Surabaya, dan kota besar lainnya.

2. Alice Norin

Belum banyak yang tahu kalau situs e-commerce 8Wood ternyata milik Alice Norin dan suami, Alvin Yudhapatria. Di startup ini, Alvin bertindak selaku CEO, sedangkan Alice sebagai CCO. Mereka nekat menjalani toko online karena biaya yang dibutuhkan tidak sebanyak toko fisik.

Kalau kamu mengunjungi situs 8Wood, kamu akan menemukan hingga ribuan produk dari ratusan merek. Meski produk yang ditawarkan tidak berasal dari brand besar, kualitas produknya tetap bisa diandalkan. 8Wood juga punya tim stylish yang bertugas memilih dan mencocokkan produk untuk menarik minat pengunjung.

Alice juga menggunakan artis-artis Indonesia kayak Ranty Maria, Natasha Rizky, Syahnaz, dan dirinya sendiri sebagai model produk. Untuk melihat koleksinya, kamu juga bisa kunjungi akun Instagramnya di @8Wood.

Alice juga menggunakan artis-artis Indonesia kayak Ranty Maria, Natasha Rizky, Syahnaz, dan dirinya sendiri sebagai model produk. Untuk melihat koleksinya, kamu juga bisa kunjungi akun Instagramnya di @8Wood.

4. Indra Bruggman

Siapa sangka aktor bertubuh kekar ini tertarik juga menggeluti bisnis baju online. Tepatnya, busana muslim. Lama gak tampil di TV, ternyata Indra udah lama membuat brand busana muslim bareng sang kakak.

Bukan cuma satu, saat ini brand busana muslim miliknya udah ada tiga, yaitu Ranee Bruggman, Risna Bruggman, dan Ummimi Bruggman. Tiap label punya target market yang berbeda. Salah satu akun online shop-nya bisa kamu intip di @ummimi_byindralbruggman.

Dalam menjalani bisnis ini, Indra gak hanya sumbang ide. Ia juga terjun langsung untuk membeli bahan dan melakukan quality control. Selain memasarkan secara online, Indra juga membuka toko offline di Thamrin City.

5. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi tenar sejak bermain film Ketika Cinta Bertasbih pada 2008 lalu. Setelahnya, ia sering bermain film maupun sinetron bernuansa islami.

Pada 2014, Oki mulai menjajal peruntungan di bisnis busana muslimah. Menurutnya, busana muslim memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Busana Syar’i yang dulu jarang dilirik pelaku bisnis, kini justru banjir peminat.

Peluang ini membuat Oki makin mantap menjalankan bisnisnya. Ia menawarkan baju-baju muslimah harian yang kasual hingga yang formal seperti baju pernikahan.

Berkat kerja kerasnya, Oki sudah punya tujuh unit toko dan butik di berbagai kota di Indonesia. Kalau mau lihat koleksinya, kamu bisa kunjungi akun Instagram @osd.

6. Zaskia Sungkar

Sejak 2013, Zaskia Sungkar memutuskan terjun ke bisnis fashion. Ia membuka beberapa lini pakaian dengan target pasar yang berbeda. Dari yang terjangkau kantong mahasiswa sampai kelas menengah ke atas.

Salah satu brandnya, KIA by Zaskia Sungkar telah membawanya ke berbagai pagelaran busana, baik di dalam maupun luar negeri.

Bareng sang adik, Shireen, Zaskia juga membuka clothing line bernama Zashi. Pada mulanya, Zashi difokuskan untuk produk gaun pengantin muslimah. Namun, saat ini Zashi juga menawarkan baju muslimah kasual sebagai busana sehari-sehari.

Kamu bisa beli baju-baju rancangan Zaskia di sini.

7. Herfiza

Bareng suami, Ricky Harun, Herfiza terjun juga ke bisnis clothing line. Mereka menggunakan nama Moyapoya sebagai brand online shop-nya. Nama ini terinspirasi dari panggilan mereka berdua, yaitu Moya dan Poya.

Gak main-main, brand Moyapoya bahkan udah melebarkan sayap sampai ke mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong.

Moyapoya menawarkan desain street wear yang nyaman dipakai dengan desain ekslusif. Untuk menjalankan bisnisnya, mereka memiliki tim desain khusus. Meski begitu, Ricky dan Herfiza juga terlibat langsung dalam pembuatan desain.

Gak sampai di situ, kesuksesan Moyapoya juga mendorong Herfiza buka lini fashion baru, Moya by Herfiza. Online shop ini berfokus pada produk hijab segiempat bermotif. Untuk satu hijab, dibanderol dengan rata-rata harga Rp 240 ribu.

 

Selain tujuh artis di atas, masih banyak artis yang punya bisnis online shop di bidang fashion. Banyak yang sukses, banyak juga yang udah bubar jalan. Tapi, biar bagaimana pun, jual baju online punya prospek bisnis yang menjanjikan.

Minat terjun di bidang ini juga? Sebagai langkah awal, kamu bisa pelajari dan tiru strategi bisnis para artis di atas. Selamat mencoba!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560