Jualan Emas Digital, Bukalapak dan Tokopedia Gak Perlu Izin Pemerintah

2 menit
Jualan Emas Digital (Shutterstock)
Jualan Emas Digital (Shutterstock)

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan menegaskan, e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia sebagai penyelenggara perdagangan emas melalui skema digital tak perlu megajukan izin kepada pemerintah dalam hal ini Bappebti.

Sebab, kedua perusahaan itu hanya sebagai sarana pemasaran, atau sebagai agen penjualan yang berkerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) sebagai penyedia layanan emas digital.

Kepala Bappebti Tjahya Widayanti mengatakan, yang perlu mendaftarkan izin usaha kepada Bappebti adalah PT Pegadaian (Persero) yang menyediakan emas digital.

“Tokopedia hanya memasarkan. Yang berjualan di Tokopedia adalah anak usaha Pegadaian, Galeri 24. Jadi mereka sebagai pedagang emas digital yang harus mengarah ke kita (Bappebti),” ungkap Tjahya di Jakarta.

Tjahya mengatakan, ketentuan pendaftaran usaha emas digital tersebut diatur dalam Peraturan Bappebti Nomor 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka yang diterbitkan pada Februari 2019 lalu.

“Jadi Tokopedia kerjasama dengan Pegadaian. Tokopedia fungsinya sebagai tenaga pemasaran dan penjualan. Tapi yang jadi pedagang inti adalah Pegadaian (melalui anak usaha Galeri 24),” ujar Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Sahudi.

Namun demikian, Sahudi menegaskan, e-commerce yang bekerja sama dengan Pegadaian perlu memiliki ikatan kerja sama yang berkekuatan hukum dengan Pegadaian terkait penjualan emas online atau digital.

“Yang harus dapat persetujuan hanya Pegadaian, Tokopedia hanya perpanjangan tangan. Tokopedia harus ada perjanjian kerjasama dengan Pegadaian. Hanya Pegadaian saja yang dapat persetujuan Bappebti,” pungkasnya.

Tokopedia Emas

Guna memudahkan masyarakat berinvestasi emas dalam bentuk tabungan, PT Pegadaian dan Tokopedia menjalin kolaborasi. Mereka meluncurkan fitur juaI-beli emas secara online melalui aplikasi Tokopedia.

Persoalan investasi yang selalu dihadapkan dengan alasan klasik seperti ribet prosesnya, harus modal gede, dan beresiko sekarang gak lagi nih.

Caranya gak ribet, kaya belanja online aja, tapi ini nabung emas, cukup buka aplikasi Tokopedia, pilih menu emas, silahkan isi deh jumlah gram emas yang ingin ditabung.

Selain mudah, dan aman, investasi emas juga bisa melindungi nilai aset kalian loh, supaya gak tergerus inflasi setiap tahunnya.

Bagi yang berminat, jangan khawatir, instrumen investsi ini resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk memperluas akses masyarakat. Khususnya kalangan milenial untuk mendapatkan produk dan layanan Pegadaian secara online.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati