Wow, Gara-Gara Meikarta Untung Lippo Cikarang Meroket 503 Persen

1 menit
Shutterstock
Shutterstock

Penjualan Meikarta membuat PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) sukses membukukan kinerja cemerlang di 2018. Gak tanggung-tanggung, laporan keuangan tahun lalu perusahaan meraih kenaikan laba bersih hingga 503 persen menjadi Rp 2,2 triliun.

Presiden Direktur Lippo Cikarang, Simon Subiyanto, mengakui bahwa capaian laba tersebut terjadi karena ada kontribusi dari dekonsolidasi PT Mahkota Sentosa Utama sebesar Rp 2,4 triliun. Dekonsolidasi yang dilakukan dengan melego lahan proyek Meikarta itu mengambil bagian hingga 37 persen terhadap pendapatan usaha Lippo Cikarang.

“Total pendapatan sebesar Rp 2,2 triliun meningkat sebesar 47 persen dari periode yang sama tahun 2017. Sedangkan laba kotor senilai Rp 1,3 triliun naik 98 persen,” jelasnya dalam rilis, seperti dikuti dari wartaekonomi.co.id.

Menurut perseroan, pendapatan rumah hunian dan apartemen memberi kontribusi sebesar 42 persen atau setara dengan Rp 935 miliar, menurun 17 persen dari tahun sebelumnya. Dengan besaran kontribusi yang sama, pendapatan dari industri dan komersial di tahun 2018 tercatat sebesar Rp 934 miliar.

“Hasil tahun 2018 melebihi harapan kami, walaupun pasar properti di Indonesia melemah selama periode tersebut. Kita optimis Lippo Cikarang memiliki proyek yang berkesinambungan untuk pertumbuhan di masa depan,” sambung Simon.

Sebagai informasi, perusahaan yang tergabung dalam grup Lippo ini mempunyai total aset sebesar Rp 8,6 triliun di tahun 2018. Jumlah tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 12,5 triliun.

Asal tahu saja, Lippo Cikarang telah memulai melakukan penyerahan tiga tower Meikarta CBD Orange Country, Irvine, Westwood, dan Pasadena secara bertahap kepada pelanggannya. Tiga tower tersebut terdiri atas 1.271 unit apartemen senilai Rp 1,1 triliun.

“Ini menunjukkan komitmen Lippo Cikarang untuk menyerahkan unit apartemen tepat waktu,” imbuhnya lagi.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan