Bisa Dimulai Tanpa Modal! Ini 7 Produk Jualan Online yang Selalu Laris Manis

6 menit
jualan online
Ilustrasi pelaku bisnis jualan online. (Shutterstock)

Jualan online menjadi salah satu cara terjitu untuk mendapatkan banyak keuntungan. Karena modal yang dibutuhkan juga gak terlalu besar, cukup dengan ponsel dan jaringan internet saja kamu sudah bisa berjualan. 

Eksistensi media sosial memang memberikan banyak manfaat. Selain sebagai sarana komunikasi yang murah tentunya, mereka juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang uang. Bagaimana caranya? 

Kamu bisa menjual-jualkan barang tanpa harus mempunyai toko fisik, yaitu lewat sarana Instagram, Facebook, Twitter, hingga WhatsApp. Istilah kekiniannya sih dropshipper, artinya kamu gak harus punya stok barang yang diperjualkan, tapi ketika ada orderan, baru kamu mengambil barang tersebut dari suplier atau produsen. 

Cara seperti itu terbilang sangat praktis dan tentunya minim risiko kerugian. Selain itu, menjalankan bisnis online juga terbilang fleksibel. Kamu bisa tetap bekerja di manapun dan kapanpun asal ada ponsel dan internet. Berbeda kalau kamu harus menjadi penjual dengan toko fisik yang harus dijaga setiap waktu. 

Karena dua keuntungan itu, maka gak heran kalau online shop mulai digeluti oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak SMA, mahasiswa, pekerja kantoran, sampai ibu rumah tangga, semuanya bisa berjualan dengan mudah. 

Tapi sebelum terjun ke bisnis jualan online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar punya usaha yang laris manis. 

Baca juga: Tips Bisnis Online Lewat Facebook Ini Bisa Bikin Jualanmu Laris

Tips memulai bisnis online 

jualan online
Pilih usaha sesuai passion, tentukan pangsa pasar, dan jangan bosan belajar. (Shutterstock)

Meski terbilang fleksibel dan minim risiko, kamu gak bisa sembarangan terjun begitu saja. Ada beberapa hal yang harus kamu pelajari dan dalami biar tetap untung dan laris manis. 

1. Riset pangsa pasar 

Kamu gak bisa sembarangan menjual barang kalau misalnya gak tahu pangsa pasar. Karena bagaimanapun juga segala keuntunganmu didapat dari selera pasar. 

Caranya, cari tahu tren apa yang sedang berlangsung di masyarakat. Kalau misalnya mau bisnis sepatu, kira-kira sepatu apa yang paling banyak dicari, apakah sepatu boot, casual, atau sneakers. 

Sama halnya dengan jualan makanan dan minuman. Cari tahu dulu apa yang tengah digemari masyarakat saat ini, misalnya bisa jualan kopi susu kemasan botol. 

2. Pilih barang-barang yang sesuai dengan passion 

Berbisnis ternyata juga harus mengikuti passion atau hobi. Misalnya kamu hobi koleksi sepatu, maka pilihan bisnis terbaiknya adalah berjualan sepatu. Karena artinya kamu orang yang mengerti tentang seluk beluk industri sepatu. Intinya, kamu memiliki pengetahuan lebih deh. 

Nah dalam bisnis, memiliki pengetahuan tentang produk yang dijual itu penting banget. Agar bisa meladeni setiap pertanyaan dari calon pembeli. Mereka pun jadi tertarik dan semakin yakin deh untuk beli barang jualan online yang kamu tawarkan. 

3.  Belajar sama ahlinya di dunia online shop

Jangan gengsi buat tanya-tanya ke ahlinya. Minta saran dan tips dari mereka bagaimana caranya sukses menjalankan bisnis online. Karena, dunia bisnis penuh lika-liku, trennya bisa berubah-ubah, termasuk soal penjualan yang tak menentu. 

Berbagai permasalahan tersebut bisa kamu pelajari dari mereka-mereka yang sudah banyak makan asam garam di bisnis ini. Pelajari strategi pemasaran mereka dari setiap postingannya. 

Baca juga: Punya Bisnis Online Mau Untung dan Ekspansif? Ini Syaratnya

Tips jualan online laris 

jualan online
Apa yang harus dilakukan supaya jualan laris? (Shutterstock)

Setelah mengetahui tips untuk memulai membuka bisnis online, kamu juga harus tahu bagaimana caranya menjalankan bisnis online yang baik. Ada beberapa etika dan prinsip yang harus kamu pegang erat-erat saat mulai berjualan. Berikut ini cara jualan online laris dan mendapat banyak pelanggan setia. 

1. Jujur 

Setiap penjual, baik jualan secara offline maupun online harus memegang teguh prinsip yang satu ini. Pebisnis-pebisnis andal sekalipun pasti akan meminta kita untuk selalu jujur saat terjun ke dunia bisnis. 

Jujurlah terhadap calon pembelimu dalam hal apapun, mulai dari deksripsi produk, hingga kualitasnya. Kalau kualitas yang kamu jual di bawah rata-rata, ya jujur saja katakan. Jangan sampai foto dan barang yang diterima dengan pelanggan berbeda 180 derajat. 

Kalau kamu bohong saat berjualan, gak bakal dapat pembeli loyal deh. 

2. Kreatif 

Kreatif sepertinya harga mati bagi para pebisnis apalagi online shop. Sebab, ada banyak saingan bisnis dengan produk serupa bertebaran di media sosial. Salah satu cara supaya unggul adalah berjualan sekreatif mungkin. Gak perlu ribet-ribet, kamu bisa kreatif dalam hal pemberian diskon atau packaging yang unik-unik. Pokoknya, bikin sesuatu yang bisa membedakan kamu dengan bisnis lainnya. 

3. Respon cepat terhadap pelanggan  

Dalam memberikan respon ke calon pembeli, gak cukup hanya dengan bersikap ramah, tapi kamu juga harus memberikan respon yang cepat. Calon pembeli lebih senang dengan penjual yang responsif, karena mereka jadi merasa lebih dihargai. 

Baca juga: Mau Sukses Jualan Kayak Pisang Goreng Madu Bu Nanik? Ini Caranya

Daftar jualan online 

Setelah mengetahui tips dan trik dalam jualan online biar laris manis, kamu tentu penasaran kira-kira peluang bisnis atau barang apa saja yang bisa dijajakan lewat internet maupun media sosial. Berikut ini kita kasih contoh daftar barang-barang atau jasa yang bisa diperjual belikan lewat Instagram, Facebook, Twitter, atau media lainnya sesuai dengan tren saat ini.  

1. Sepatu 

jualan online
Suka dan paham soal sepatu? Kenapa gak coba dijadiin usaha? (Shutterstock)

Sepatu adalah komoditas yang paling laris di media sosial. Bisa dilihat di instagram ada seabrek akun-akun yang menjual sepatu-sepatu bermerek dengan harga miring. Ada yang jualan Adidas, Nike, Vans, semuanya ada di Instagram. 

Jika tertarik terjun ke dunia ini, kamu harus punya link suplier sepatu yang murah dulu. Bisa cari di internet atau tanya ke mereka yang telah sukses berjualan. Pastikan juga barang yang kamu dapatkan adalah barang original. Soalnya, kalau nekat jualan yang gak ori alias KW, perlahan kamu bisa ditinggal pelanggan.

2. Baju 

jualan online
Bisa stok sendiri, tapi kalau mau lebih gampang, jadi dropshipper juga bisa. (Shutterstock)

Jualan baju ekspor juga lagi marak sekarang, apalagi yang merek-merek streetwear, yang harganya satu bisa jutaan rupiah. Kalau harganya kamu naikkan sedikit saja sudah bisa untung gede. 

Untuk mendapatkan barang-barang tersebut kamu bisa membelinya dari suplier di dalam negeri atau luar negeri. Sistemnya bisa pre-order kok, jadi kamu memesan baju ke suplier apabila orderan dari pembeli sudah mencukupi kuota. 

3. Jualan online mainan anak-anak

jualan online
Mainan anak-anak juga punya banyak peminat lho. (Shutterstock)

Action figure juga bisa menjadi komoditas yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Ada banyak akun-akun Instagram yang menjual segala jenis mainan impor. Cara jualan online shop tanpa modal adalah dengan menggunakan sistem pre-order, kamu bisa membuat list dulu daftar orang-orang yang ingin memesan, sampai kuota terkumpul. 

Dengan cara ini, kamu juga jadi irit ongkos kirim dari suplier, apalagi kalau barangnya dibeli dari luar negeri. 

4. Jajanan khas 

jualan online
Jajanan khas daerah juga punya penggemar tersendiri lho. (Shutterstock)

Dengan adanya internet, semuanya jadi lebih mudah, termasuk menjual jajanan khas dari daerah. Misalnya kamu berasal dari Madiun, kamu bisa menjual brem atau roti khas Madiun lewat Instagram. Tentu saja target pasarnya adalah mereka-mereka yang berada di luar kota. 

Atau bisa jadi usaha ini dijalankan oleh penduduk asli sana yang tengah merantau di Jakarta. Selain dapat untung, bisa sebagai pengobat rindu kampung halaman. 

5. Jual mobil bekas

jualan online
Bisa dilakuin tanpa modal lho usaha ini. (Shutterstock)

Siapa bilang jualan mobil harus bermodal gede? Dengan ponsel pintar dan media sosial juga bisa kok. Cukup jadi makelar saja, kamu tinggal cari kerabat atau tetangga yang pengin jual mobil, terus kamu bantu pasarkan lewat media sosial atau situs-situs terpercaya. 

Dijamin deh kamu bakal dapat untung gede dari komisi yang diberikan. Tapi besarannya tergantung dari kesepakatan antara kamu dan pemilik mobil. 

6. Jualan online produk kecantikan 

jualan online
Jualan produk kosmetik juga menguntungkan, asal perhatikan juga soal izin dan sertifikat BPOM-nya. (Shutterstock)

Setiap di kolom komentar artis-artis pasti ada yang promosi jual obat pelangsing, peninggi badan, atau pemutih kulit. Buktinya, bisnis ini amat menjanjikan bila dijadikan sebagai komoditas jualan online, apalagi kalau produk kecantikan itu dari luar negeri. 

Tapi pastikan kalau produk kecantikan yang kamu jual sudah terdaftar di BPOM. Karena standar produk tersebut layak dijual adalah telah tersertifikasi dari BPOM. Kalau tidak ada, bisa jadi produk yang kamu jual itu ilegal. 

7. Jualan online barang elektronik 

jualan online
Asal bisa dapat suplier yang kasih harga kompetitif, usaha ini bisa menguntungkan juga. (Shutterstock)

Barang elektronik juga laris manis di pasaran media sosial. Artis Atta Halilintar saja ikutan terjun ke bisnis gadget lewat Instagram. Karena memang gadget sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat khususnya di perkotaan. Kalau kamu punya kenalan pemasuk gadget seperti Iphone atau Android berkualitas tinggi tapi harganya miring, bisa kamu ajak kerja sama untuk berjualan lewat Instagram. 

Itulah tujuh peluang usaha jualan online yang bisa kamu pilih sebagai sumber pemasukan utama atau tambahan. Seperti yang telah dijelaskan di awal, berjualan secara online itu banyak keuntungannya. Yang pertama adalah fleksibilitas waktu, kamu gak perlu jam yang ketat untuk membalas setiap pesan-pesan dari calon pembeli. Kedua, gak perlu toko fisik, karena setiap barang bisa kamu simpan di rumah, atau mengambil di suplier ketika ada pesanan. Ketiga, bisnis ini bisa dimulai tanpa modal. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.