5 Jurus Lepas dari Jeratan Utang Saat Dompet Lagi Cekak

Bisa bayar utang hingga lunas dan keluar dari jeratannya bisa jadi sulit dilakukan sebagian orang, apalagi yang gak punya perencanaan keuangan dengan baik.

Gak sedikit juga yang terpaksa menerapkan gaya gali lubang tutup lubang. Lunasi utang dari uang hasil pinjaman. Satu masalah kelar tapi timbul masalah baru. Waduh!

Terus gimana dong kalau terlilit utang di saat penghasilan lagi seret? Boro-boro buat nyicil utang, uang gaji pun lenyap seketika buat biaya kehidupan sehari-hari.

Stop! Jangan stres dulu. Coba tarik nafas dalam-dalam, mari kita luangkan waktu buat berpikir lebih jernih sejenak.

Ini lima hal yang bisa kamu lakukan biar segera terlepas dari jeratan utang.

Pertama, yang perlu dilakukan adalah buatlah anggaran keuangan secara teratur dan serinci mungkin. Jangan cuma menerka-nerka atau bikin rencana di dalam kepala.

Dengan gini, kamu bisa “melihat” pengeluaran-pengeluaran yang banyak menguras duit. Kamu pun jadi bisa mengevaluasi pengeluaran yang penting dan yang gak.

Setelah memiliki anggaran keuangan, kamu jadi bisa menganalisa daftar pengeluaran. Cek apakah uang yang kamu punya selama ini emang dihabiskan buat kebutuhan harian tau bukan, buat senang-senang aja misalnya.

Jika ternyata sebagian besar uang lenyap buat pembelanjaan impulsif yang gak terlalu penting, artinya ada perubahan yang perlu kamu lakukan.

Bukan gak mungkin kamu harus mengorbankan beberapa hal sementara, seperti meniadakan “ongkos” hiburan sampai kondisi finansial stabil kembali.

Bayar utang pun perlu rencana. Coba catat daftar utang yang kamu miliki, lengkap dengan besar bunga yang dikenakan. Kamu bisa tahu lebih lengkap soal ini pada artikel metode debt snowball. 

Meskipun gak ada jaminan 100 persen pengajuan bakal dikabulkan, namun langkah ini tetap layak dilakukan.

Sebenarnya dari sisi bank, cara ini lebih menguntungkan dibanding menggunakan jasa juru tagih atau debitur gagal membayar utang.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah menghubungi pihak bank melalui telepon, lalu sampaikan tujuanmu.

Jika merasa penghasilanmu saat ini gak bakal mencukupi kebutuhan sehari-hari dan cicilan utang, maka mulailah mencari penghasilan tambahan.

Terakhir, jangan tergoda buat menambah utang atau tergiur pada tawaran kartu kredit baru. Jika kamu benar-benar pengin lepas dari jeratan utang, satu dua pengorbanan terkadang emang perlu dilakukan.

Sebetulnya, yang lebih penting dari lima poin di atas adalah, jangan pernah berhutang kalau emang merasa gak sanggup buat melunasinya. Tapi kalau terpaksa, baru deh boleh.

Demikian trik biar bisa bayar utang meski dompet lagi gak bersahabat. Selamat mencoba!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong