Ilmu The Beatles sampai Teknologi Selancar, Ini Jurusan Kuliah Unik di Dunia

4 menit
jurusan kuliah
Jurusan kuliah unik. (Pixabay)

Jurusan kuliah yang dipilih seringkali jadi penunjang kesuksesan karier seseorang di masa yang akan datang. Biasanya kita memilih jurusan yang memang sesuai dengan minat.

Studi semasa kuliah merupakan bekal terbaik untuk menuju ke jenjang dunia kerja. Jadi alangkah baiknya kamu memilih jurusan yang kira-kira bisa mendukung cita-citamu. Misalnya kalau kamu memiliki cita-cita jadi dokter, tentu masuk jurusan kedokteran adalah satu-satunya jalan, kalau mau jadi arsitek, menempuh studi di jurusan arsitektur adalah jalanmu.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jurusan yang populer alias paling banyak peminatnya. Kalau di ilmu sosial ada ekonomi, hukum, akuntansi, komunikasi, dan masih banyak lagi. Sementara di ilmu alam, ada teknik sipil, arsitektur, geologi, kedokteran, dan lain-lain.

Masuk ke jurusan top tersebut sudah menjadi impian semua orang yang berkuliah. Tapi bagaimana dengan jurusan kuliah yang lainnya, seperti misalnya jurusan Ilmu dan Teknologi Berselancar? Ya kamu gak salah baca kok, di luar negeri sana ada banyak jurusan-jurusan unik bin aneh!

Baca juga: Mulai Bos Apple Sampai Bintang L.A Lakers, Ini Orang Sukses di Jurusan Kuliahnya!

1. Ilmu dan Teknologi Selancar

jurusan kuliah
Jurusan Ilmu dan Teknologi Selancar. (Pixabay)

Jurusan kuliah ini bisa kamu temukan di Cornwall College Inggris. Masa studinya selama dua tahun dengan 14 modul yang harus diselesaikan. Salah satu modulnya yang unik adalah Culture Surf and Sport, modul ini mengajarkan para mahasiswanya tentang sejarah, dan budaya olahraga berselancar berkembang di Inggris dan di dunia internasional.

Kemudian ada lagi modul Sociological and Psychological Perspectives of Surfing. Materinya tentang menganalisis industri selancar dengan perspektif sosial, politik, dan psikologi.

Prospek pekerjaannya bisa menjadi manajer bisnis papan selancar dan instruktur selancar. Tapi kayaknya untuk bisa andal berselancar dan menjadi instruktur kamu gak perlu kuliah jauh-jauh deh. Belajar saja di Bali yang lebih dekat dan murah!

Baca juga: Kesulitan Biaya Kuliah! Mahasiswi Indonesia Ini Meminta Donasi buat S2 di Oxford

2. Jurusan kuliah “Beatles, Musik Populer, dan Masyarakat”

jurusan kuliah
The Beatles. (Pixabay)

Di kota asal band The Beatles, Liverpool, ada jurusan kuliah ‘Beatles, Popular Music, and Society’. Program studi ini mengharapkan para mahasiswanya mengerti pentingnya musik The Beatles serta dampaknya bagi perkembangan industri musik, identitas anak muda, pola perilaku penonton dan penggemar.

Materi yang diberikan mulai dari sejarah The Beatles dan filosofi dari setiap lagu yang John, Paul, Ringo, George nyanyikan. Masuk ke jurusan ini membuka lebar peluangmu untuk menjadi seorang pengamat, kritikus musik, dan spesialis studi musik populer.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

3. Jurusan Pelelangan

jurusan kuliah
Meja lelang. (Pixabay)

Mungkin gak ada yang berpikiran untuk menjadi juru lelang di Indonesia. Tapi, di Amerika Serikat sana ada jurusan pelelangan, tepatnya di Harrisburg Area Community College.

Kamu di sini bakal dilatih menjadi juru lelang yang baik tentunya dengan bekal ilmu seperti hukum lelang, penilaian terhadap barang, dan juga perencanaan lelang. Kemampuan berkomunikasimu juga bakal dilatih agar enak melakukan komunikasi dengan para peserta lelang.

4. Seni Komik

jurusan kuliah
Ilutrasi komik. (Pixabay)

Kamu lebih senang baca komik saja atau justru senang membuat komik? Nah jurusan kuliah yang ini cocok banget buat kamu yang doyan gambar-gambar komik. Jurusan ini bisa diambil di Minneapolis College of Art and Design. Mungkin gak beda jauh dengan seni rupa, di seni komik ini kamu juga bakal diajarkan bagaimana cara menggambar yang baik dan benar, mempelajari tentang pengembangan karakter, menulis cerita yang menarik pembaca.

Mata kuliahnya di antaranya seperti Sejarah Seni Komik, Komik Media dan Konsep, Penerbitan Komik dan masih banyak lagi. Setelah lulus kamu berkesempatan besar untuk bekerja di studio komik, bahkan bekerja di studio Marvel!

5. Teknik Taman Bermain

jurusan kuliah
Ilustrasi taman hiburan. (Pixabay)

Menjamurnya taman bermain membuat California State University membuka jurusan kuliah khusus Teknik Taman Bermain. Di jurusan ini, para mahasiswa akan diajarkan tentang kelistrikan, merancang lokasi tata letak arena bermain, dan sistem-sistem hidrolik di wahana permainan.

Kalau dilihat dari materi pembelajarannya, ini lebih seperti penggabungan antara Teknik Elektro dan Teknik Sipil. Untuk jenjang kariernya, kamu berkesempatan besar bekerja di industri taman bermain, seperti Disneyland, Universal Studio, atau Dufan kalau di Indonesia.

6. Budidaya Ganja

jurusan kuliah
Ilustrasi daun ganja. (Pixabay)

Kalau di Indonesia tanaman ganja ilegal, di Thailand, justru baru-baru ini membuka jurusan kuliah Budidaya Ganja. Jurusan tersebut dibuka di Rangsit University.

Tapi ingat, jurusan ini bukan bertujuan untuk mengedarkan ganja demi kepentingan rekreasi, melainkan untuk obat-obatan. Mahasiswa yang berkuliah di sini akan diajarkan bagaimana cara bercocok tanam ganja, mengembangkannya menjadi obat jadi, dan melakukan penelitian tentang manfaat penggunaan ganja lainnya.

7. Egyptologi atau Ilmu Pengetahuan Mesir

jurusan kuliah
Peninggalan sejarah Mesir. (Pixabay)

Mesir merupakan salah satu peradaban kuno yang canggih. Berbagai teknologi dan budaya di dunia terlahir dari sana. Saking pentingnya peradaban mesir, Brown University membuka jurusan Ilmu Pengetahuan Mesir atau Egyptologi. Mahasiswa bakal menjelajah sejarah, bahasa, budaya, teknologi Mesir Kuno, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan peradaban Mesir.

Jurusan kuliah yang unik ternyata memang benar-benar ada ya. Hal ini tentu sebagai tanda bahwa ilmu pengetahuan teruslah berkembang. Gak ada salahnya untuk mempelajari hal-hal baru, tapi jangan lupakan kapasitasmu. Pilih jurusan yang benar-benar kamu pahami dan senangi, biar kuliahnya juga cepet kelar! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.