Bingung Pilih Sistem Informasi atau Teknologi Informatika? Ini Bedanya

3 menit
Jurusan sistem informasi
Jurusan sistem informasi (Pixabay)

Jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang diminati banyak pelajar di Indonesia. Tapi senada dengan itu, ada juga jurusan Teknik Informatika yang juga gak kalah popular.

Maklum saja, di era yang semakin canggih dan terus berkembang ini sistem komputer menjadi primadonanya.

Segala aspek kehidupan dan berbisnis gak bisa lepas dari namanya teknologi komputer, berkomunikasi sekarang sudah via telepon, email, dan layanan pesan instan, mengerjakan pekerjaan, mulai dari menulis, menggambar, hingga merancang dengan komputer.

Perputaran informasi tersebut nyatanya sangat diperlukan para pelaku bisnis sebagai sarana mengembangkan usahanya.

Untuk bisa memanfaatkan informasi tersebut, dan mengelolanya dengan efisien, maka diperlukan tenaga-tenaga ahli dari jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Tapi, apa kamu tahu apa perbedaan di antara keduanya? Berikut, perbedaannya dikutip dari laman resmi Universitas Bina Nusantara.

Tujuan perkuliahannya

jurusan sistem informasi
Tujuan kuliah jurusan sistem informasi (Pixabay)

Meski dalam hal nama keduanya sedikit memiliki kesamaan, ternyata tujuan perkuliahannya sangatlah berbeda.

Kalau kita berbicara Teknik Informatika (TI) tentu dari namanya saja sudah ketahuan kalau ini lebih bersifat teknis. Sedangkan Sistem Informasi (SI), mereka lebih bersifat manajerial.

Jurusan Sistem Informasi memiliki tujuan untuk mencetak para kalangan profesional yang terampil dalam mengaplikasikan teknologi informasi ke dalam bisnisnya.

Gak cuma mengaplikasikannya saja, mereka juga didorong mampu mengembangkan, dan mengelola sistem informasi secara efisien demi kepentingan bisnis.

Tugas-tugas yang paling sering ditemui para lulusan SI di perusahaan-perusahaan biasanya adalah menyusun program kerja, mempersiapkan sistem penilaian kinerja pegawai, hingga mengelola sistem informasi manajemen kepegawaian.

Berbeda dengan Sistem Informasi, kalau Teknik Informatika mereka memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan andal dan terampil dalam mengembangkan teknologi informasi dengan menggunakan ilmu komputer.

Jurusan ini akan sering berkutat dengan desain algoritma, aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan perkembangan komputer di masa yang akan datang.

Lulusan TI paling banyak dicari di masa-masa seperti saat ini, di mana semua bisnis mayoritas telah berbasis komputer, serta bertumbuhnya startup-startup lokal.

Lulusan TI sangat hatam untuk mengurus aplikasi, mengelola dan merawat sistem data, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan teknis komputerisasi.

Baca juga: Ilmu The Beatles sampai Teknologi Selancar, Ini Jurusan Kuliah Unik di Dunia

Program pendidikannya

jurusan sistem informasi
Program pendidikan jurusan sistem informasi (Pixabay)

Dari tujuan perkuliahannya saja sudah berbeda, otomatis kurikulum atau program pendidikannya juga berbeda. Materi-materi dan cara belajarnya bakal bebeda antara jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

SI akan lebih menitikberatkan pada bagaimana menjamin teknologi dan sistem informasi yang digunakan oleh industri selaras dengan strategi bisnis, yang diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan kompetisi dari bisnis tersebut.

Ilmu yang bakal mereka pelajari adalah tentang teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan perusahaan atau organisasi akan informasi dapat terpenuhi.

Artinya, mereka akan lebih banyak mempelajari tentang informasi sebagai sebuah sumber penting untuk proses bisnis.

Sementara untuk TI mereka bakal dijejali dengan ilmu-ilmu pengetahuan seperti logika matematika, komputasi, dan algoritma, yang sering digunakan untuk mengembangkan sebuah program komputer.

Mereka bakal dilatih untuk bisa melakukan pemrograman, menganalisa algoritma, mengenal seluk beluk jaringan komputer dan analisa numerik sistem komputer.

Prospek kerja jurusan Sistem Informasi dan Teknologi Informatika

jurusan sistem informasi
Prospek kerja jurusan sistem informasi dan teknologi informatika (Pixabay)

Yang paling dicari dari informasi tentang perkuliahan adalah, kalau sudah lulus, jurusan Sistem Informasi dan jurusan Teknologi Informatika bisa kerja di mana?

Tenang saja, buat kamu lulusan dua jurusan ini gak usah takut bakal kehilangan pekerjaan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan semua bisnis sudah mulai beralih dari konvensional ke sistem komputer, kedua jurusan ini bakal sering dicari.

Apalagi kan banyak startup-startup baru bermunculan dan belum lagi teknologi big data yang mulai marak.

Jenjang karier untuk lulusan SI bisa menjadi seorang sistem analis, database administrator, dan juga project management.

Sementara untuk lulusan TI, kamu berkesempatan untuk bekerja menjadi konsultan TI, arsitek ‘cloud’, pengembang aplikasi, pengembang situs web, dan menjadi software engineer.

Intinya, keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama berkutat di informasi dan teknologi.

Tapi, bedanya jurusan Sistem Informasi bertugas untuk memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan selaras dengan proses dan tujuan bisins dari perusahaan.

Sedangkan Teknologi Informatika, mereka bakal lebih fokus untuk melakukan pengembangan software, pengelolaan sistem, dan menjaga teknologi dapat berjalan dengan prima. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan