Dapat Rp 30 M Kalahkan Conor McGregor, Segini Jumlah Kekayaan Khabib Nurmagomedov

3 menit
Khabib Nurmagomedov (IG khabib_nurmagomedov)

Petarung beladiri campuran (MMA) Rusia, Khabib Nurmagomedov langsung jadi buah bibir, setelah berhasil mempertahankan sabut juara Kelas Ringan Ultimate Fighting Championship (UFC) mengalahkan Conor McGregor.

Meski menang, Khabib ternyata mendapat bayaran yang jauh lebih sedikit ketimbang Conor McGregor, yaitu US$ 2 juta atau Rp 30 miliar. Sementara Conor mendapat US$ 3 juta atau setara dengan Rp 45 miliar.

UFC 229 yang jadi ajang pertandingan mereka memang bakal tercatat sebagai sejarah terpenting di dunia MMA.

Pasalnya, usai pertandingan dua jawara ini terjadi kerusuhan karena Khabib keluar dari ring dan menyerang Dilon Danis yang bertugas sebagai cornerman Conor McGregor.

Aksi penyerangan yang dilakukan petarung dengan julukan The Eagles itu disebabkan perkataan SARA dari tim McGregor terhadap Khabib, dan sang ayah.

Terlepas dari kontroversi UFC 229 dan kemenangannya di ronde empat, Khabib Nurmagomedov tampaknya belum bisa mengalahkan Conor dari segi harta kekayaan.

Media Celebrity Networth sempat membuat prediksi soal kekayaan petarung dengan rekor 27 menang dan tak terkalahkan itu.

Ingin tahu seberapa besar prediksi kekayaan yang dimiliki atlet 30 tahun itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

1. Total kekayaan capai Rp 30 miliaran

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) on

Dalam setiap pertarungan, Khabib Nurmagomedov dikabarkan bisa menghasilkan uang cukup beragam. Mulai dari US$ 30 ribu atau Rp 456 juta hingga akhirnya bisa mencapai US$ 450 ribu hingga Rp 6,8 miliar.

Sebelum melawan McGregor, Khabib diprediksi memiliki kekayaan sebesar US$ 1 juta atau setara dengan Rp 15 miliaran.

Tapi, beberapa situs lain seperti PlayerWiki menyebutkan kalau sekarang kekayaannya sudah mencapai US$ 2 juta atau Rp 30 miliaran berkat pertarungan terakhirnya.

Informasi seputar kekayaan Khabib memang gak diketahui publik. Forbes tidak memiliki informasi yang akurat soal hal itu, begitu pun dengan pihak Khabib yang memang gak terlalu terbuka dalam urusan harta.

2. Sumber kekayaan dari kesuksesannya berkarier di MMA

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) on

Kalau beberapa atlet bisa tajir karena endorsemen, Khabib Nurmagomedov cuma tajir berkat MMA.

Juara olahraga Sambo dan Judo kelahiran 1988 silam ini memang gak pernah terlihat jadi brand ambassador produk apapun.

Dia juga hampir gak pernah mem-posting foto produk apapun di akun Instagramnya. Foto-foto di Instagram Khabib umumnya hanya foto latihan, foto dia bersama rekan-rekannya, atau konten-konten bernuansa Islam.

Karier profesional Khabib di MMA dimulai sejak tahun 2008. Dalam waktu sebulan, dia berhasil memenangkan empat pertandingan MMA! Dan sampai tiga tahun lamanya, dia juga tampil sebagai petarung yang gak terkalahkan. Salut!

Di tahun 2011 dia pun bergabung ke UFC dan memulai debutnya melawan Kamal Shalorus. Di ronde ketiga, Khabib memenangkan pertarungan sengit itu dengan memaksa Shalorus menyerah akibat teknik kuncian.

3. Pernah memiliki enam mobil, salah satunya mobil murah buatan Rusia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) on

Bicara soal koleksi mobil, Khabib juga gak mengoleksi mobil mewah seperti rivalnya, Conor McGregor. Beberapa mobil yang kabarnya pernah dimiliki Khabib adalah Lada Priora, Mercedes-Benz W124, Mercedes-Benz AMG GT, Ferrari California, BMW 6 Series, dan Land Cruiser J200.

Yang termurah tentu saja Lada. Mobil buatan Negeri Beruang Merah itu merupakan mobil murah sejuta umat, mungkin kayak Avanza kali ya! Lada memang punya sejarah bagi Khabib, dia membelinya saat Khabib baru lulus uji SIM.

Namun, Lada miliknya sudah dijual dan diganti dengan Mercedes-Benz W124. Itu pun Mercy jadul lho! Bisa dibilang selera Khabib soal otomotif memang agak unik.

Kalau dilihat sisa mobil lainnya selain Lada, tentu mobil-mobil itu gak kalah mewah dari jajaran selebriti atau jawara olahraga dunia lainnya.

Untuk yang Mercedes-Benz AMG GT, kabarnya mobil itu merupakan hadiah yang diberikan oleh pengusaha tajir Rusia, Ziyavudin Magomedov.

4. Atlet terpopuler Rusia, dan salah satu yang termahal di UFC

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) on

Kepopuleran Khabib Nurmagomedov memang bisa disebut setara dengan atlet-atlet kebanggan Rusia lainnya.

Terbukti, jumlah followers Khabib di Instagram juga jauh lebih banyak ketimbang Maria Sharapova atau Fedor Emelianenko.

Khabib bukan cuma jawara di MMA, melainkan juga di Sambo yang merupakan beladiri mematikan Rusia.

Menurut situs TSM Sportz, honor besar dia terima usai pertama kali merebut gelar Kelas Ringan UFC. Di situ, Khabib mendapatkan uang US$ 300 ribu dengan bonusnya US$ 150 ribu.

Seperti itulah informasi seputar kekayaan Khabib Nurmagomedov yang muncul di media-media luar.

Sebagai selebriti dan atlet berduit, Khabib juga gak seperti Conor McGregor atau atlet mahal lainnya yang glamor, terutama soal pakaian. Jarang sekali dia terlihat dengan pakaian mewah ketika konferensi pers, dan berhadapan dengan lawannya sebelum tanding.

Sikapnya yang membuat rusuh UFC usai bertarung kini direspons dengan ancaman pencabutan gelarnya.

Namun, gimana ya, sepertinya semua orang kalau dihina soal agama dan keluarga tentu bisa marah dong! Namanya juga manusia, setuju gak? (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong