Kalau untuk 10 Benda Ini, Hukum Beli Barang Mahal adalah Wajib

5 menit
hukum beli barang mahal

Penghematan itu sudah seharusnya dilakukan secara otomatis. Maksudnya, kamu harus menghemat dalam segala pengeluaran tanpa paksaan.

Menghemat itu berbeda dengan membeli barang murah lho. Menghemat itu berarti bijak dan teliti dalam pengeluaran.

Gak ada salahnya beli barang dengan harga murah, tapi cek dulu, apakah kualitasnya bagus? Kalau murah dan kualitas bagus sih gak masalah. Tapi kalau sudah murah eh, baru sebulan sudah langsung rusak, apa gak boros itu namanya?

Nah, untuk 10 benda di bawah ini hukum beli barang mahal adalah wajib. Kamu malah disarankan untuk membelinya dengan harga mahal. Selain karena kualitas yang mumpuni, membeli sesuatu dengan harga mahal tapi bisa bertahan sampai bertahun-tahun adalah esensi dari penghematan.

Tapi ingat, jangan keseringan juga membeli barang-barang di bawah ini karena merasa itu dibutuhkan. Ingat ya, kebutuhan dan keinginan itu berbeda walau tipis.

[Baca: Ini Alasan Kenapa Lebih Hemat Kalau Beli Baju Bermerek]

1. Handphone

Smartphone dari China memang tengah membanjiri pasar lokal. Selain bentuknya yang termasuk up-to-date, harganya tergolong jauhhh lebih murah dibanding merek-merek mapan.

Siapa yang gak tergiur kalau kayak begitu. Sudah harga murah, tampilan dan fitur oke lagi. Tapi ngomongin soal daya tahan, sudah bisa dipastikan kalau kualitasnya jauh di bawah rata-rata.

hukum beli barang mahal

 Smartphone udah kayak soulmate, gak bisa dilepasin

Sudah begitu merek-merek handphone gak jelas dari China itu gak memiliki layanan purna jual yang mumpuni. Walhasil kalau handphone rusak gak ada garansi atau servis resmi. Jadi mendingan keluarin duit lebih untuk smartphone yang agak lebih mahal tapi bertahan sampai bertahun-tahun.

2. Charger handphone

Charger handphone ini barang krusial. Gak mungkin dong, kalau menggunakan smartphone tanpa charger. Tapi ada kalanya charger harus hilang atau rusak.

hukum beli barang mahal

 Pakai charger palsu selain banyak mudharatnya justru bikin boros di kantong

Kalau sudah begitu, jangan mikir dua kali buat membeli charger original keluaran pabrik. Walaupun harga lebih mahal, charger original gak bakal merusak baterai smartphone.

Sudah dengar kan, kasus iPhone yang meledak gara-gara pakai charger bajakan? Amit-amit ya. Jangan sampai deh!

3. Sepatu

Sepatu itu sudah jadi barang kebutuhan mendasar. Mau di sekolah ataupun di kantor, sepatu pasti nangkring di kaki. Tapi layaknya barang lainnya, sepatu pasti ada usia pakainya.

Nah, kalau sepatu dipakai buat harian? Harus beli yang benar-benar berkualitas dong.

hukum beli barang mahal

 Banyak sih sepatu murah, tapi kalau baru dipakai dua bulan udah jebol gimana?

Saat ini sudah jamak ditemui sepatu-sepatu merek terkenal tapi KW alias bajakan. Sepatu bajakan ini makin susah dikenali dengan aslinya karena mirip banget.

Makanya biar yang pasti-pasti aja, lebih baik beli di toko resmi. Bisa saja dengan belanja online, asalkan sang penjual benar-benar terpercaya.

4. Baju

Membeli baju memang tricky. Butuh gak butuh, kadang kita beli aja karena suka dengan modelnya atau karena kepengin mengikuti tren. Belum lagi kalau ada godaan diskon, wah bisa kalap.  

Tapi coba tanya ke diri sendiri dulu, kenapa kamu keseringan beli baju? Karena baju lama pada rusak? Atau karena impulsif?

hukum beli barang mahal

 Beli celana jins mahal gak apa-apa, asal bisa tahan bertahun-tahun

Kalau bajumu banyak yang rusak alias gak awet, sudah saatnya kamu membeli baju bermerek. Celana jeans misalnya, mendingan beli mahal tapi bermerek sekalian daripada beli murah tapi sering.

5. Payung

Sering heran, saat payung dibutuhkan kenapa sering banget rusak ya? Padahal pas musim hujan tahun lalu masih bagus deh.

hukum beli barang mahal

 Setiap musim hujan kok ganti payung, mending beli yang harganya ratusan ribu kalau begitu

Yah, karena payung itu sering dibeli secara murah, gak heran juga kalau cepat rusak. Jadi lebih baik, belilah payung yang lebih mahal. Jadi setiap kali musim hujan kamu gak bakal kebingungan karena payung tiba-tiba rusak.

6. Jas Hujan

Jas hujan belum ada setahun kok sudah robek. Yaiyalah, wong belinya murah.

Di luar sana memang sudah bertebaran beragam jenis jas hujan. Tapi mending belilah yang lebih mahal dari biasanya.

hukum beli barang mahal

Bandingkan dulu material antara yang murah dan mahal. Biasanya bahan yang dipilih adalah bahan PVC.

[Baca: 7 Bukti Bahwa Musim Hujan Bikin Gaji Bulanan Bikers Lebih Cepat Habis]

7. Tas Punggung

Tas punggung termasuk barang krusial buat sehari-hari. Mau ke kampus atau kantor, tas punggung jadi pilihan buat menampung semua keperluan sehari-hari.

Saat ini banyak banget pilihan tas punggung. Tapi jangan asal pilih, mendingan beli yang mahal sedikit tapi awet sampai bertahun-tahun. Kamu juga gak perlu beli tas banyak-banyak.

hukum beli barang mahal

Asal punya satu yang awet, kamu bisa memakainya buat backpacking juga. Hemat kan jadinya.

8. Alat Elektronik Rumah Tangga

Alat elektronik ada buat memudahkan kita dalam melakukan tugas-tugas keluarga. Contohnya saja mesin cuci, kulkas, rice cooker dan sebagainya. Karena dipakai hampir setiap hari tentu kita butuh alat elektronik yang awet.

hukum beli barang mahal

 Beli mesin cuci jangan cuma mikirin daya muatnya, tapi daya listriknya juga

Gak cuma itu, alat elektronik juga harus hemat energi biar gak boncos bayar listrik. Biasanya merek-merek terkenal memberikan jaminan berupa garansi dan daya listrik yang rendah. Nah, mending beli alat elektronik mahal tapi hemat energi atau sebaliknya?

[Baca: Cara Hitung Tagihan Listrik Biar Tarif Listrik Turun Ada Efeknya]

9. Akses Internet

Mindset masyarakat dewasa ini: penginnya dapat akses internet cepat tapi murah. Wah, mau sampai kapan kayak gitu.

hukum beli barang mahal

 Akses internet di Indonesia memang masih tergolong mahal. Maklum infrastrukturnya masih dalam perkembangan

Akses internet cepat itu gak murah apalagi di jaringan 4G. Meski harus bayar mahal buat akses internet cepat, sisi positifnya adalah kamu bisa menghemat waktu kala mencari informasi. Gak perlu nunggu lama karena lemot.

10. Parfum

Pas naik kendaraan umum, kadang kita suka gak nyaman gara-gara ada orang yang pakai parfum berbau menusuk. Bukannya memberi sensasi wangi, yang ada malah pusing-pusing. hukum beli barang mahal

 Parfum yang wanginya menawan tentu gak murah

Sekarang memang banyak gerai yang menawarkan parfum refill. Tapi keasliannya perlu dipertanyakan. Parfum dengan bau yang bikin nyaman tentu gak murah dan biasanya berupa merek terkenal.

Tapi lebih pilih mana? Dijauhi orang karena bau menyengat atau keluar duit lebih?

Image credit:

  • https://static.pexels.com/photos/4831/hands-coffee-smartphone-technology.jpg
  • http://www.pcplus.co.id/wp-content/uploads/2014/09/ilustrasi1.jpg
  • https://www.lifefitness.com/assets/static-assets/image/7.2.13PicktheRightRunningshoe2.jpg
  • https://toddshelton.com/blog/wp-content/uploads/2014/06/2014_0627_rawdenim_2_850.jpg
  • http://www.manforhimself.com/wp-content/uploads/2013/05/Rains-Denmark-Long-Raincoat-Featured.jpg
  • http://cdn.trendhunterstatic.com/thumbs/ethnotek-bags-travel-backpack.jpeg
  • http://www.singaporelaundry.com/images/Chantilly-Hummer-Rd-Coin-Laundry-Large-Washing-Machines.jpg
  • https://www.lapakpitu.com/wp-content/uploads/2015/12/sumber-trafik-akses-internet.jpg
  • http://www.kawanashoppingworld.com.au/uploadedImages/kawana.retail.mirvac.com/Content/Stores/perfume%20place(1).jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.