Bikin Silau, 6 Kalung Berlian Ini Harganya Capai Rp 2,8 T!

4 menit
Kalung berlian
6 kalung berlian termahal seharga Rp 2,8 T (Instagram/@swarovski)

Kalung berlian menjadi salah satu perhiasan yang dipilih wanita meski banyak bahan lainnya seperti emas, intan dan perak. Berlian hingga saat ini masih menjadi primadona.

Untuk kalangan sosialita dan selebriti dunia, kalung berhiaskan belasan hingga puluhan berlian bukan hal spesial. Beberapa artis bahkan mengkostumisasi aksesori mereka sesuai keinginan dengan bahan material langka dan gak semua orang bisa membelinya.

Ada juga perhiasan berlian internasional yang memperkenalkan hasil karya terbaiknya melalui model cantik dunia.

Salah satu yang kita ketahui swarovski yang memakai model terkenal seperti Miranda Kerr, Kendall Jenner hingga bintang “Bumblebee” Hailee Steinfeld.

Dari sekian banyak aksesori kalung berlian, mana ya yang pernah dibuat dengan harga paling mahal di dunia? Langsung aja kita lihat daftarnya di sini:

1. A Heritage in Bloom – Rp 2,8 triliun

Kalung berlian
Kalung berlian A Heritage in Bloom (Finances Online)

A Heritage in Bloom menjadi kalung berlian termahal di dunia dengan harga US$ 200 juta atau setara Rp 2,8 triliun.

Harga yang selangit itu karena terdiri dari batu berlian 507 karat dan terdapat 600 berlian pink di sekelilingnya. Berat keseluruhan kalung mencapai 226 gram, mengutip dari Finances Online.

Yang mendesainnya adalah seorang ahli pahat berlian asal Cina bernama Wallace Chan. Dia butuh waktu sekitar 47.000 jam untuk menyelesaikannya.

Secara desain, Chan menyelipkan ornamen kupu-kupu sebagai tanda cinta dan kelelawar sebagai keberuntungan untuk pemiliknya.

Selain itu, A Heritage in Bloom juga bisa dilihat dari 28 posisi yang berbeda-beda menurut Wallace Chan. Pantes aja harganya bisa semahal itu!

Baca juga: Harganya Rp 70 Miliar! Ini Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal Kalung Berlian Lady Gaga

2. The Incomparable – Rp 772 miliar

Kalung berlian
Kalung berlian The Incomparable (Finances Online)

Di posisi kedua sebagai kalung berlian termahal dunia adalah The Incomparable. Terdiri dari berlian berwarna cokelat kuning 407 karat dan 91 berlian transparan membuat harga satuannya mencapai US$ 55 juta atau senilai Rp 772 miliar.

Desainnya yang asimetris menyerupai batang pohon menjadi ciri khas tersendiri yang memanjakan mata banyak orang.

Usut punya usut, salah satu berlian yang digunakan di kalung ini berasal dari negara Kongo, Afrika yang ditemukan seorang gadis kecil, beberapa dekade lalu.

Baca juga: Beri Rp 1 Juta untuk Pria Ini Membeli Sandal, Syahrini Pamer Berlian Raksasa

3. The Heart of the Ocean – Rp 280 miliar

Kalung berlian
Kalung berlian The Heart of the Ocean (Finances Online)

Selanjutnya, ada The Heart of The Ocean. Sepintas, mungkin kamu bakal teringat dengan berlian yang digunakan oleh Rose di film “Titanic”. Kalung berlian yang satu ini emang terinsipirasi dari kisah tersebut.

Berlian biru berbentuk hati yang cantik ada di tengahnya serta dikelilingi oleh puluhan berlian putih membuat Harry Winston mematok harga mencapai US$ 20 juta atau setara Rp 280 miliar per buahnya.

Ada juga versi yang lebih murah dibuat oleh Asprey and Garrard dengan harga Rp 30 miliaran.

4. The Heart of The Kingdom – Rp 196 miliar

Kalung berlian
Kalung berlian the Heart of the Kingdom (Finances Online)

Kalung berlian biasanya diberikan sebagai tanda cinta seseorang kepada pasangannya. Karena itu, di posisi keempat kembali ditempati oleh kalung berbentuk hati bernama The Heart of The Kingdom yang dipersembahkan Garrard and Company.

Mirip dengan The Heart of the Ocean, yang membedakan adalah warna berlian yang menjadi pusat perhatian. Batu berlian 40 karat berwarna merah-ungu dikelilingi oleh 150 berlian lainnya yang gak kalah cantik.

5. Leviev’s Vivid – Rp 140 miliar

Kalung berlian
Kalung berlian Leviev’s Vivid (Finances Online)

Leviev’s Vivid adalah salah satu karya terindah yang dibuat perusahaan perhiasan asal Israel yakni Lev Leviev.

Kalung ini terdiri atas 77 karat berlian indah berwarna kuning dan putih. Mereka menemukan batu kuning tersebut di tambang berlian miliknya sendiri.

Dengan segala kemewahannya itu satu buah kalung berlian ini seharga US$ 10 juta atau Rp 140 miliar. Kamu mau coba mengoleksinya?

6. Kalung berlian Christie’s – Rp 114 miliar

Kalung berlian
Kalung berlian Christie’s (Finances Online)

Yang terakhir, ada Christie’s dimana kalung ini terdiri dari 52 berlian putih dengan total beratnya mencapai 104 karat.

Pembuatnya berani menjamin berlian yang digunakan adalah yang terbaik dan paling murni yang pernah mereka buat.

Pada November 2013 perhiasan ini berhasil dijual dengan cara dilelang seharga US$ 8,1 juta atau setara Rp 114 miliar.

Itulah enam kalung berlian termahal yang pernah dibuat. Selain menjadi perhiasan, aksesori satu ini sebetulnya juga bisa digunakan untuk investasi.

Hanya popularitasnya masih kalah dengan emas, perak atau logam mulia lainnya. Tapi apa salahnya untuk mencoba? (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!