Senang Selfie? 10 Handphone Terbaik Ini Cocok untuk Kamu

5 menit
Kamera handphone terbaik
Kamera handphone terbaik (Shutterstock)

Handphone saat ini telah dibekali dua kamera belakang dan depan yang mumpuni. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi, bisa disandingkan dengan kamera-kamera profesional.

Setiap tahun, para pengembang berusaha menciptakan kamera handphone terbaik yang pernah ada.

Gak cuma kamera belakang, kamera depan pun sudah menjadi andalan saat ini. Produsen handphone menaruh perhatian khusus terhadap kamera depan yang dulu sering dijadikan pelengkap saja.

Bahkan, kini ada yang kamera depannya memiliki megapixel besar mencapai 20 MP. Semua itu demi memenuhi hasrat kalian-kalian yang doyan selfie.

Tapi, sebagai pengguna, kalian bingung gak sih mana produk yang memiliki kamera depan terbaik?

Nah, ini ada beberapa informasi deretan kamera handphone terbaik buat mengabadikan gambar selfie dikutip dari Dx0Mark sebuah media yang berfokus pada penilaian handphone pintar, diurutkan dari yang terendah ke yang paling baik:

10. Meitu V6 Memiliki kualitas kamera handphone terbaik

Meitu V6
Meitu V6

Handphone keluaran Cina ini memiliki kamera depan dengan sensor sekunder 5 MP yang bisa memanipulasi efek “bokeh” atau blur di latar belakang. Kameranya juga mampu menangkap cahaya, dan meredam noise dengan sangat baik.

Tapi sayang, performa handphone ini gak sesuai dengan kamera depannya. Karena spesifikasinya yang terbilang standar dengan chipset dari MediaTek 10-core processor dan 4 GB RAM.

Untuk harga, handphone yang satu ini memang diciptakan dengan kelas yang mewah karena dibalut dengan kulit asli dan emas. Harganya bisa mencapai 5 ribuan Yuan atau lebih dari Rp 100 jutaan.

Baca juga: Selfie di Lokasi Tsunami demi Likes Disorot, Ini Cara Santun yang Seharusnya Dilakukan

9. Iphone X

iPhone X
iPhone X

Iphone X salah satu primadona Apple sejak pertama dirilis tahun 2017. Soal kamera belakang, handphone ini sempat menjadi rajanya, tapi kalau soal kamera depan masih banyak yang lebih unggul.

Meski sensor kamera depannya hanya 7 MP, tapi hasil tangkapannya termasuk apik. Iphone X mampu menangkap detail wajah dengan sangat baik tapi dengan jarak sekitar 30 cm.

Jika di luar itu, detail akan menghilang dan fokus menjadi sulit dicari. Dalam pengambilan video selfie juga termasuk yang terbaik, cocok deh buat nge-vlog. Harganya masih sekitar Rp 18 juta untuk yang 64 GB.

Baca juga: Bukan Cuma Huawei Mate 20, Ini Daftar HP Termahal Indonesia

8. Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro
Huawei P20 Pro

Huawei kini semakin berjaya di kelasnya. Hal ini gak bisa lepas dari inovasi mereka yang menyematkan lensa Leica di beberapa handphone-nya, salah satunya Huawei P20 Pro. Kamera depan yang menggunakan optik dari Leica memiliki sensor 24 MP.

Kinerjanya terbilang sangat baik dalam hal eksposure. Dijamin foto selfie-mu jadi lebih terlihat halus, bahkan hingga ke detail-detailnya. Tapi kelemahannya warnanya gak terlalu kuat sehingga kurang memuaskan. Harganya sekitar Rp 11 jutaan.

7. Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8
Samsung Galaxy S8

Dilengkapi dengan sensor 8 MP, kamera Samsung Galaxy S8 ini mampu bersaing dengan handphone-handphone keluaran terbaru.

Tangkapannya mampu memberikan warna yang solid, dan mampu menangkal noise berlebihan.

Bahkan, kamera depan S8 mampu menghasilkan foto dengan eksposur baik meski di tempat yang rendah cahaya. Harga handphone yang dirilis tahun 2017 itu kini Rp 8,8 jutaan.

6. Google Pixel 2

Google Pixel 2 (Forbes)
Google Pixel 2 (Forbes)

Kamera depan dari Google Pixel 2 dilengkapi dengan resolusi 8 MP. White balance-nya terbilang akurat meski digunakan di ruangan dengan kondisi cahaya yang kurang.

Ketajamannya untuk selfie jarak dekat terbilang sangat baik. Bahkan, mampu menangkap detail wajah dalam jarak 55 cm.

Di BukaLapak, harga Google Pixel 2 tipe 128 dihargai di atas Rp 8 juta.

5. Iphone XS

iPhone XS (Apple)
iPhone XS (Apple)

Handphone keluaran teranyar dari Apple ini dibekali dengan resolusi sensor 7 MP di kamera depannya. Sangat teruji apik untuk selfie atau membuat video vlog.

Bisa memanipulasi efek “bokeh”, serta mengambil mode HDR dengan pencahayaan yang baik dan warna yang natural dalam pencahayaan terang. Harga Iphone XS 64 GB adalah sekitar Rp 20 juta.

4. Samsung Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9 Plus (Forbes)Samsung Galaxy S9 Plus (Forbes)
Samsung Galaxy S9 Plus (Forbes)

Kamera depan S9 Plus ini menawarkan spesifikasi terbaik dari Samsung. Hadir dengan sensor 8 MP, dan lensa dengan aperture F/1.7 yang cepat dan fokus setara 25 mm. Kamera depan ini memungkinkan kamu foto selfie bareng teman-teman tanpa menggunakan tongsis.

Dalam pencahayaan yang gak terlalu terang, S9 Plus ini bisa memberikan flash di layar untuk penerangan. Harganya untuk S9 Plus yang kapasitas 64 GB dijual dengan harga Rp 12.999.000.

3. Xiaomi Mi MiX 3

Xiami Mi Mix3 (Xiaomi)
Xiami Mi Mix3 (Xiaomi)

Siap sangka kalau Xiami berhasil menembus posisi atas yang mampu mengalahkan Iphone dalam hal kamera depan.

Kamera depan Mi MiX 3 ini diakui mampu menangkap bokeh dengan kamera depan dengan sangat baik, berkat dual sensor 24 MP dan 2 MP.  Warna yang dihasilkan pun nyaris sesuai dengan kenyataannya, jadi gak terlalu over deh!

Harganya di BukaLapak untuk yang kapasitas 128 GB dengan 6 GB RAM dibanderol seharga Rp 7 juta.

2. Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note9 (cnet.com)
Samsung Galaxy Note9 (cnet.com)

Kamera depan Galaxy Note 9 ini terbilang cukup langka. Pasalnya, dibekali dengan auto fokus yang biasanya hanya disematkan di kamera belakang.

Kelebihan ini yang berhasil membuat kamera depan Note 9 menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Dijamin penggemar selfie bakalan puas memakai handphone ini.

Karena terbilang handphone terbaru dari Samsung, harganya masih di atas Rp 13 juta untuk yang kapasitas 128 GB.

1. Google Pixel 3

Google Pixel3 (Cnet.com)
Google Pixel3 (Cnet.com)

Kamera handphone terbaik untuk selfie dipegang Google Pixel 3. Dual kamera depannya hadir dengan sistem PDAF yang sangat baik, sehingga mampu menghasilkan fokus yang akurat.

Berkat teknologi ini, Google Pixel mampu menangkap fokus secara baik dengan jarak objek mulai dari 30 cm sampai 120 cm.

Harga Google Pixel 3 sekitar US$ 799 atau sekitar Rp 11 jutaan.

Itulah deretan kamera handphone terbaik yang dijamin bisa membuat hasil selfie-mu lebih apik. Tapi, untuk lebih mendapatkan hasil selfie yang baik, kamu gak boleh hanya mengandalkan kamera depannya saja. Perlu diperhatikan pula cahaya tempat kamu berfoto. Jangan sampai kamu membelakangi cahaya, yang ada nanti malah muka kamu gak kelihatan. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.