Cocok untuk Pemula, 5 Kamera Mirrorless Ini Harganya Gak Sampai Rp 6 Juta

5 menit
kamera mirrorless murah
Ilustrasi wanita membidik objek dengan kamera mirrorless. (Shutterstock)

Buat yang hobi fotografi, tapi bujet minim, bisa banget membeli kamera mirrorless murah untuk perlengkapanmu. Kata-kata murah sih memang relatif, tapi kalau untuk sebuah kamera mirrorless ukuran murah itu dimulai dari Rp 3 juta sampai 7 jutaan. 

Tapi bukan berarti kamu gak bisa beli kamera mirrorless 2 jutaan lho. Kalau nyari yang bekas-bekas aja sih masih banyak. 

Mirrorless belakangan ini memang lagi hits banget, bahkan menggeser dominasi DSLR. Dulu kayaknya semua orang wajib punya DSLR untuk memfoto momen bersama keluarga atau teman. Tapi kini, kebanyakan sudah beralih ke mirrorless. 

Memang apa sih keunggulan kamera mirrorless dan apa saja kamera mirrorless murah yang bisa dibawa pulang? 

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera Terbaik untuk Sempurnakan Aktivitas Pelesiranmu, Gak Sampai Rp 20 Juta!

Apa itu kamera mirrorless? 

kamera mirrorless murah
Tiadanya cermin refleks adalah ciri utama dari kamera mirrorless. (Pixabay)

Sesuai dengan namanya, mirrorless, artinya, kamera ini tidak memiliki kaca atau cermin refleks. Cermin ini kalau di DSLR gunanya untuk memantulkan cahaya ke jendela bidik atau istilahnya viewfinder. Kenapa di mirrorless tidak ada? 

Sebagai pengganti cermin, mereka menggunakan jendela bidik elektronik. Dengan teknologi ini, sensor pencitraannya bisa terkena cahaya setiap saat. Kelebihannya, hasil foto bakal sama persis dengan apa yang kamu lihat di layar LCD. 

Sementara di kamera DSLR masih sering dijumpai perbedaan antara hasil jepretan dengan apa yang dilihat di layar. Misalnya hasilnya agak gelap, atau justru terlalu terang. 

Tapi, teknologi jendela bidik elektronik di mirrorless justru membuat daya tahan baterai cepat habis, karena sensor dan jendela bidiknya terus menyala. 

Baca juga: Sony Luncurkan RX0 II, Kamera Ultra Ringkas Premium Paling Kecil dan Ringan di Dunia

Keunggulan kamera mirrorless

kamera mirrorless murah
Salah satu kamera mirrorless merek Olympus. (Pixabay)

Mau kamera mirrorless murah atau mahal, sama-sama memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan DSLR. 

1. Ukurannya bodinya lebih kecil 

Karena mirrorless tidak memiliki cermin optik, ini membuat ukuran bodi bisa diminimalisir. Itu sebabnya mengapa ukuran mirrorless lebih kecil, ramping, dan sedikit ringan. 

Tapi kalau lensa, beberapa ada yang ukurannya sama dengan lensa DSLR. 

2. Hasil jepretannya bisa lebih bagus 

Teknologi jendela bidik elektronik atau Electronic Viewfinder yang disematkan di kamera mirrorless membuat hasil jepretan lebih berkualitas. Berbeda dengan DSLR yang masih menggunakan cermin optik, yang memiliki kelemahan kualitas gambar berbeda dengan yang dilihat di layar. 

3. Kecepatan fokus otomatis 

Teknologi jendela bidik elektronik ini telah berhasil memberikan performa yang apik terhadap sistem pemotretan dengan fokus otomatis. Perbandingan kualitas fokus otomatis antara DSLR dan mirrorless bisa kamu rasakan bila mengambil gambar di tempat gelap. 

4. Hasil videonya lebih bagus

Dari segi pengambilan video, mirrorless sedikit lebih unggul. Sebab, rata-rata mirrorless sudah bisa merekam video HD bahkan 4K. Coba saja kamu perhatikan rata-rata vlogger terkenal menggunakan mirrorless. 

5. Desainnya minimalis 

Selain bobotnya, desain mirrorless juga lebih minimalis ketimbang DSLR. Beberapa bahkan ada yang mengadaptasi desain kamera lawas, seperti yang dilakukan oleh kamera mirrorless Fujifilm. 

Kelemahan mirrorless 

kamera mirrorless murah
Meski banyak keunggulannya, ada pula kelemahan dari kamera mirrorless. (Pixabay)

1. Daya tahan baterainya boros 

Daya tahan baterai kamera mirrorless ternyata lebih boros ketimbang DSLR. Perbandingannya, baterai DSLR bisa habis setelah mengambil 600-800 foto secara rata-rata, tapi kalau mirrorless bisa habis hanya dalam 300-400 jepretan saja. 

2. Bagi beberapa orang bentuk mirrorless tidak pas digenggaman 

Bentuk mirrorless yang kecil ternyata menyulitkan bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang bertangan besar. Membawa kamera kecil terlalu lama bisa membuat tangan keram dan berkeringat. 

3. Lensanya eksklusif 

Ada banyak pilihan lensa di kamera mirrorless, tapi sayangnya gak bisa sembarangan. Misalnya untuk kamera merek Sony, maka kamu hanya bisa menggunakan lensa keluaran Sony.

Bisa saja pakai lensa merek lain, tapi kamu harus membeli sambungannya lagi atau yang dikenal dengan nama mount.

Deretan kamera mirrorless murah

Buat kamu yang masih pemula dan minim budget, gak perlu beli mirrorless yang harga belasan juta. Karena kini yang harganya murah di bawah 6 jutaan saja sudah bisa mendukung hobi fotografimu. Berikut ini rekomendasi kamera untuk pemula yang murah. 

1. Kamera mirrorless Fujifilm XA3 – Rp 4,8 jutaan

kamera mirrorless murah
Fujifilm XA3. (Shutterstock)

Cari mirrorless dengan desain jadul dan murah, Fujifilm XA3 jawabannya. Kamera ini hadir dengan tiga varian warna, silver, coklat, dan pink. LCD kameranya mengusung teknologi layar sentuh, jadi semakin mempermudah dalam pengoperasiannya. 

Lebih kerennya lagi, layar LCDnya bisa dibalik ke arah depan sehingga bisa digunakan untuk selfie. 

Kualitasnya gak perlu diragukan lagi, kamera ini sudah disematkan resolusi 24,2 megapiksel dengan sensor APS-C. Harganya kini sekitar Rp 4,8 juta sampai Rp 5 jutaan. 

2. Mirrorless Sony A6000 – Rp 5,8 jutaan

kamera mirrorless murah
Sony A6000. (Shutterstock)

A6000 merupakan kamera mirrorless murah keluaran Sony, saking murahnya, kamera ini termasuk yang paling laris di Indonesia. Meski murah, kualitasnya gak murahan, karena dilengkapi dengan sensor 24,3 megapiksel APS-C Exmor APS HD CMOS. 

Dengan sensor tersebut, kamu bisa mengambil gambar dengan resolusi tinggi dan video Full HD. Harga Sony A6000 Lazada sekitar Rp 5,8 juta sampai Rp 6,7 jutaan. 

3. Kamera mirrorless Canon EOS M10 – Rp 4,8 jutaan

kamera mirrorless murah
Canon EOS M10. (Shutterstock)

Canon EOS M10 memiliki keunggulan bodinya yang ramping bila dibandingkan mirrorless merek lain. Ukurannya yang mini sangat praktis untuk dibawa kemana-mana apalagi untuk membuat vlog. 

Spesifikasinya, kamera ini dilengkapi dengan sensor kamera 18 megapiksel APS-C CMOS. Kamera ini bisa mengambil gambar dengan baik meski di ruang pencahayaan yang minim. 

Harga kamera mirrorless Canon M10 di toko-toko online mulai dari Rp 4,8 jutaan saja. 

4. Kamera mirrorless Nikon J5 – Rp 4,6 jutaan

kamera mirrorless murah
Nikon J5. (Shutterstock)

Gak cuma Canon yang punya mirrorless super ramping dan kecil, Nikon juga punya, yaitu Nikon J5. Kamera ini sengaja di desain untuk mereka-mereka yang doyan jalan-jalan, misalnya fotografer jalanan. 

Kamera ini dibekali dengan teknologi lensa bersensor 20.8 megapiksel CX-Format sensor BSI CMOS. Bisa banget buat ngambil video berkualitas full HD! 

Harganya kalau diintip di e-commerce, sekitar Rp 4,6 jutaan saja. 

5. Xiaomi Yi M1 – Rp 4,9 jutaan

kamera mirrorless murah
Xiaomi Yi M1. (Shutterstock)

Siapa bilang Xiaomi cuma punya ponsel pintar? Produsen asal China ini juga menetaskan kamera mirrorless, salah satunya Xiaomi Yi M1. Dikeluarkan pada tahun 2016 silam, kamera ini memiliki spesifikasi yang gak kalah keren dari merek lainnya. 

Menggunakan sensor micro four thirds 20 megapiksel dan beratnya cuma 280 gram, Yi M1 bisa menggunakan beragam lensa dari merek Olympus, Sigma, Voigtlander, Kowa, sampai Panasonic. 

Keunggulan lainnya, Xiaomi Yi ini bisa merekam video dengan kualitas 4K! Padahal harganya murah banget, sekitar Rp 4,9 jutaan.

Itulah lima kamera mirrorless murah yang bisa kamu bawa pulang dengan harga kurang dari Rp 6 jutaan. Kalau kamu seorang pemula, rasanya, pilihan kamera di atas sudah tepat untuk memenuhi hobimu. Tapi misalnya mau masuk ke dunia profesional, kamu perlu upgrade ke kamera dengan kualitas dan harga di atas itu. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.