7 Jenis Profesi yang Bakal Kecipratan Untung Saat Kampanye Terakhir Jokowi

3 menit
Kampanye Jokowi (Shutterstock).

Kampanye Jokowi untuk Pilpres 2019 bakal digelar 13 April di Stadion Gelora Bung Karno. Kira-kira gimana ya cara memanfaatkan momentum itu untuk cari uang?

Bukan rahasia lagi bahwa kampanye pilpres tentu bisa menghasilkan berkah bagi segelintir pedagang, maupun pihak-pihak dengan profesi tertentu.

Pengin tahu apa saja usaha dan profesi yang diprediksi kebanjiran rezeki saat kampanye Jokowi besok? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Usung Konsep Zero Waste, Ini 5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

1. Pedagang minuman

Pedagang minuman di Kampanye Jokowi
Pedangan minuman (Shutterstock).

Terlepas dari kampanye Jokowi, Prabowo, partai, atau demonstrasi sekalipun, pasti bakal untung. Mengapa demikian? Karena peserta kampanye tentu bakal kehausan karena acaranya outdoor.

Belum lagi, panas matahari juga bakal membuat semua orang jadi dahaga. So, mau coba jadi pedagang minuman dadakan di GBK besok?

Sok aja, tapi kamu harus standby dari jam 05.00 pagi ya. Jual air mineral, teh botol, atau es serut, es cincau, es kocak, dijamin laris deh.

2. Pedagang makanan

Pedagang makanan di Kampanye Jokowi
Pedagang makanan di pinggir jalan (Shutterstock)

Cilok, kue pukis, bubur ayam, lontong sayur, ketoprak, gorengan, bakpao, siomay, batagor, bakso, dan jajanan lainnya pun bakal laris di sana. Tentu saja karena banyak peserta kampanye yang gak sempat sarapan, dan sebagian besar lainnya juga bingung mau makan siang di mana.

Berdiri berjam-jam, mendengarkan orasi, di bawah terik matahari juga gak cuma bikin haus. Melainkan juga bikin perut keroncongan.

Kalau dibiarkan gitu saja, bisa-bisa kita tumbang di lapangan. Gak lucu dong kalau hal itu terjadi.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Pedagang atribut kampanye

Pedagang Atribut partai di Kampanye Jokowi
Pedagang atribut partai (Tokopedia).

Kalau besok adalah kampanye Jokowi, tentu saja atribut pro-Paslon 1 tentu laris dijual. Gak salah tentunya jika seseorang berniat jadi pedagang musiman dengan menjual atribut-atribut yang satu ini. Bukan cuma t-shirt, mereka pun sering menjual pin, gantungan kunci, dan lainnya.

4. Jasa penyewaan panggung dan tenda

Sewa panggung di Kampanye Jokowi
Jasa penyewaan panggung dan tenda (Shutterstock).

Kampanye Jokowi atau prabowo pasti dilengkapi dengan barang-barang ini. Otomatis mereka yang punya usaha penyewaan panggung atau tenda, dan jadi langganan para anggota timses, maka mereka bakal kebanjiran order.

Biaya sewa tenda tentu bakal bergantung dengan ukuran tenda yang bersangkutan. Kalau besar tentu saja mahal, begitu pula dengan sebaliknya.

Dan untuk memasangnya, tentu butuh lebih dari tiga orang. Apalagi jika jumlah tendanya banyak.

Urusan panggung pun demikian. Masang panggung gak boleh sembarangan, butuh tenaga ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

5. Musisi

Undang artis di Kampanye Jokowi
Undang artis di acara kampanye (Shutterstock).

Masa iya, kampanye pilpres gak ada genjrang-genjrengnya. Nanti suasananya pasti bikin orang-orang yang hadir jadi makin bete lho.

Oleh karena itu, mereka yang berprofesi sebagai musisi tentu bisa dapat rezeki. Akan tetapi, untuk bisa manggung di kampanye Jokowi tentu musisinya juga gak boleh sembarangan.

Selain harus mendukung capres yang bersangkutan, musisi itu juga tentunya adalah musisi papan atas.

6. Jasa MC

undang MC juga di Kampanye Jokowi
Undang MC di acara kampanye (Shutterstock).

Rata-rata, jasa yang satu ini juga dibutuhkan buat meramaikan kampanye. Untuk membuka dan meramaikan acara, MC memang merupakan yang jagonya koar-koar. Ketika suasana mulai panas, maka kampanye pun jadi makin seru.

7. Pengusaha transportasi dan sopirnya

Sewa angkot buat Kampanye Jokowi
Sewa angkot untuk kampanye (Shutterstock).

Mereka yang punya bus atau angkot juga bisa kebanjiran rezeki, begitu pula dengan sopir-sopir yang mereka pekerjakan. Kenapa?

Karena massa kampanye jumlahnya memang sangat banyak, dan mereka sering mencharter kendaraan umum itu. Biaya sewanya jelas lumayan besar tentunya, apalagi kalau ditentukan berdasarkan jam.

Itulah tujuh profesi yang kiranya bakal kebanjiran rezeki saat kampanye Jokowi nanti. Apakah kamu adalah seorang dengan salah satu profesi di atas? Selamat mendulang rezeki ya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan