Kamu Berkepribadian Ekstrovert, 5 Pekerjaan Ini Cocok Diterapkan! Jangan Sampai Salah Pilih

3 menit
Reporter televisi (Ilustrasi).

Apakah kamu termasuk seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert? Seseorang dengan kepribadian yang dominan sangat senang dengan kepuasan yang  ditemukan di luar dari diri sendiri. Ekstrovert senang dengan aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, antusias, suka berdiskusi, dan mudah bergaul.

Seorang ekstrovert cenderung menjadi lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal jika mereka berada di lingkungan yang interaktif. Mereka tidak menyukai kesendirian seperti orang-orang introvert. Orang ekstrovert menganggap kesendirian adalah hal yang bikin boring dan tidak menyenangkan.

Ekstrovert biasanya dapat menyesuaikan diri dan bekerja sama dengan baik dalam sebuah komunitas atau organisasi sosial. Biasanya orang ekstrovert cocok bekerja yang lebih banyak berinteraksi dengan orang lain. Karena kecocokan karakter dengan tempat bekerja akan sangat memengaruhi kualitas kerja.

Kalau kamu adalah orang-orang ekstrovert ini, pilihlah pekerjaan yang sesuai. Berikut ulasannya, simak yuk.

1. Jurnalis

Jurnalis (ilustrasi).

Menjadi jurnalis yang notabene tidak pernah berada di satu tempat yang sama setiap harinya, cocok untuk mereka yang ekstrovert. Mencari berita kesana kemari, bertemu banyak narasumber, mengejar dan mewawancarai merupakan tugas pokok jurnalis. Untuk bisa mengerjakan tugas ini secara lancar dibutuhkan keberanian dan keluwesan dalam berbicara, agar informasi yang didapat tidak setengah-setengah.

Karena itu, bagi kamu yang ekstrovert akan cocok bekerja di bidang ini. Gak kebayang dong kalau ada wartawan yang pendiam dan malu saat mewawancarai narasumber. Bisa-bisa dia gak dapat berita dan dimarahi habis-habisan oleh atasannya.

2. Pengacara

Pengacara (Ilustrasi).

Jago berbicara, membeberkan fakta maupun alibi kepada hakim serta pintar debat merupakan inti dari pekerjaan sebagai seorang pengacara. Semua keahlian tersebut dibutuhkan seseorang yang pandai bicara agar bisa memenangkan kasus di pengadilan.

Pekerjaan ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert. Kamu tentu akan berani berdebat demi memenangkan kasus klienmu kan?

3. Pemandu wisata

Pemandu wisata (Instagram).

Kamu yang ekstrovert lihai berbicara di depan banyak orang secara meyakinkan. Sayang kalau bakat ini tidak dikembangkan dengan baik. Memandu sekelompok orang tentu bukan hal sulit bagi orang ekstrovert. Mereka dengan mudah menjelaskan tentang sejarah suatu lokasi dengan sangat ekspresif.

Menjadi seorang pemandu wisata juga menjadi pekerjaan yang cocok bagi kepribadian ekstrovert. Kamu dengan mudah akan memberikan informasi kepada wisatawan dengan pengetahuan yang dimiliki. Terlebih, pekerjaan ini juga menghasilkan pendapatan yang lumayan lho.

4. Penyiar radio

Penyiar radio (Ilustrasi).

Menjadi seorang penyiar radio juga merupakan pekerjaan yang cocok bagi orang ekstrovert. Mereka dengan mudah bercakap-cakap sesuai script saat siaran berlangsung. Kepribadian ekstrovert tentu akan luwes dalam berbicara sehingga menarik perhatian pendengar, dan rating siaran di radio pun naik.

Apalagi mereka hanya berbicara tanpa melihat orang lain yang menyaksikannya. Tentu saja hal itu mudah dilakukan bagi kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert.

5. MC

MC pernikahan (Ilustrasi).

Menjadi MC (master of ceremony) juga dibutuhkan keberanian. Pasalnya, mereka akan berbicara di hadapan khalayak luas. Bagi mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert tentu ini bukanlah hal sulit.

Mereka tanpa canggung berbicara secara lantang di depan umum. Biasanya orang ekstrovert memiliki kepercayaan diri tinggi oleh karena itu, berkarier sebagai MC merupakan pilihan yang tepat.

Nah, kebanyakan dari pekerjaan yang cocok bagi orang ekstrovert adalah yang berhubungan langsung dengan khalayak luas. Rata-rata pekerjaan ini menjunjung tinggi rasa percaya diri yang tinggi dan pandai berkomunikasi.

Agar pekerjaan kamu lancar, pahami dulu kepribadian yang dimiliki. Manfaatkan karakter unik yang kamu miliki. Jangan sampai salah menentukan, karena menuju karier yang sukses tidaklah mudah. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be