Jangan Asal! 4 Rahasia Jitu Ini Bisa Bantu Kamu Beli Barang Bekas

3 menit
Beli barang bekas

Banyak yang bilang beli barang bekas memang untung. Tapi, di sisi lain, gak sedikit yang anti dengan barang bekas.

Buat yang gak setuju, mereka pasti berpendapat membeli barang bekas penuh risiko. Kita gak tahu bagaimana si pemilik barang ini menggunakan barangnya, dan kita juga gak pernah tahu seperti apa kualitas barang yang ingin dibeli saat ini.

Bisa jadi, ketika dibeli gak lama kemudian malah rusak total. Kalau udah gitu, rugi bandar ya.

Membeli barang bekas itu bak pisau bermata dua. Di satu sisi, bisa dapat harga murah, tapi di sisi lain kita gak pernah tahu seperti apa kualitasnya.

So, buat kamu yang memang ingin membeli barang bekas, sebaiknya memerhatikan poin-poin di bawah ini dulu ya:

1. Apa barangnya

Barang bekas (Pixabay)
Barang bekas (Pixabay)

Pertama-tama, ketahui dulu deh barang apa yang ingin kamu beli. Karena gak semua barang tetap layak pakai meski dalam kondisi bekas.

Contohnya, ponsel. Smartphone bekas memang banyak sekali, tapi apakah kondisi ponsel tersebut selalu prima?

Bagaimana jika smartphone itu lansiran tahun 2013 dan sekarang sudah tahun 2018? Tentu saja aplikasi keluaran tahun 2018 bakal bikin ponsel itu lemot, belum lagi setiap aplikasi juga akan ada update-nya.

Yang ada, smartphone itu hanya sebatas handphone. Fungsinya cuma buat nelepon dan paling banter buat foto dan video. Buat main game, e-wallet, dan sebagainya, ya nanti dulu deh.

Lain halnya jika kamu yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati membeli stroller bekas. Stroller bekas mungkin bisa jadi solusi, karena disamping harga barunya mahal, barang itu gak bakal kamu pakai sepanjang masa.

2. Daya tahan berapa lama

Daya tahan (Pixabay)
Daya tahan (Pixabay)

Sebelum memutuskan membeli barang bekas, maka kamu harus mengeetahui dulu ketahanan barang itu sampai berapa lama. Nah, untuk mencari tahu hal itu memang melelahkan.

Bisa jadi kamu harus melakukan penelusuran yang cukup mendalam dan gak sekadar percaya deskripsi si penjual.

Kalau perlu, ketemu dulu untuk cek fisik. Dan beritahu dia kamu belum tentu mau beli pada saat itu.

Bukannya ribet atau kenapa, tapi itu adalah barang bekas. Kamu gak tahu sampai berapa lama barang itu bisa dipakai.

Lucu tentunya kalau hanya dalam waktu singkat barang itu rusak atau bermasalah. Kamu sendiri yang bakal keluar duit buat reparasi. Jika memang barang itu umurnya sudah pendek, ya beli baru saja deh!

3. Jangan memaksa diri cicil barang bekas

Membeli barang bekas (Pixabay)
Membeli barang bekas (Pixabay)

Biasanya, hal ini berlaku buat mereka yang ingin beli barang bekas berupa kendaraan bermotor, seperti sepeda motor atau mobil.

Mencicil tentu bisa lebih menguntunkan. Selain dapat mobil murah yang bisa dicicil, kamu bisa lebih baik mengatur keuangan.

Tapi, pertimbangkan juga ketika kendaraan yang kamu inginkan itu sudah uzur. Sebaiknya hindari mengkredit barang tersebut.

Yang ada, kendaraan bekas yang kamu beli ingin jajan tapi di sisi lain kamu harus bayar cicilan. Apa gak tambah pusing tuh.

4. Berapa biaya reparasinya dan “tawar”

Biaya reparasi dan tawar (Pixabay)

Terkadang, beli barang bekas dengan kondisi gak prima juga bisa untung. Untuk mereka yang memang ahli dalam urusan reparasi, tentu hal ini gak merugikan.

Kamu bisa mendapat harga yang sangat murah ketimbang harga yang ditawarkan di pasaran. Karena itu, gak disarankan buat pembeli awam.

Sebut saja kamu ingin beli rumah sitaan bank yang murah. Gak jarang lho rumah-rumah tersebut dilelang dalam kondisi memprihatinkan.

Buat kamu yang baru pertama kali ingin membeli rumah, lebih baik jangan melakukan hal ini. Ujung-ujungnya, kamu yang bakal pusing di kemudian hari.

Itulah empat hal yang harus diperhatikan buat kamu yang ingin beli barang bekas. Apakah kamu berencana belanja barang bekas di onlineshop dalam waktu dekat ini?

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan