Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Cocok Untuk Orang Introvert, Kamu Tertarik?

4 menit
Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Ini Cocok Untuk Orang Introvert (shutterstock).

Introvert merupakan salah satu tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh Carl Jung. Ia membagi beberapa tipe kepribadian menjadi 4 macam, salah satunya adalah introvert ini.

Seseorang dengan tipe kepribadian ini secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti orang ekstrovert yang justru melakukan hal sebaliknya. Orang dengan tipe introvert akan merasa harus mengeluarkan banyak energi saat bersosialisasi.

Biasanya, seorang introvert ketika berada di tempat banyak orang dia merasa tidak nyaman dan cenderung meninggalkan lokasi itu. Mereka cepat merasa lelah jika di keramaian, dan butuh memulihkan tenaga dengan menyendiri.

Meskipun sering dianggap kurang gaul, sebenarnya orang dengan tipe ini bukan bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar lho. Apalagi saat mereka bekerja di sebuah perusahaan. Mereka sebetulnya bukan orang yang menutup diri, ada beberapa keunggulan yang dimiliki meski tidak terlihat jelas seperti orang ekstrovert.

Kali ini MoneySmart sudah merangkum beberapa sumber ini beberapa pekerjaan yang cocok untuk si introvert dengan gaji cukup tinggi, apa saja?

Baca juga: 6 Cara untuk Kamu yang Introvert Agar Betah Bekerja di Kantor, Gak Susah Kok!

1. Ahli Ekonomi

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert salah satunya menjadi pakar ekonomi (Shutterstock).

Ahli ekonomi atau yang lebih kita kenal sebagai pakar identik dengan membicarakan hal-hal finansial. Bahkan gak jarang mereka ini menjadi pakar ekonomi pribadi seorang pengusaha. Seperti mengatur keuangan mereka, apa saja keperluan yang perlu dan gak perlu.

Bukan cuma itu saja, pakar ekonomi juga bertugas meneliti, menyiapkan laporan dan memberikan solusi terhadap pelbagai masalah ekonomi. Baik dari proses produksi hingga distribusi suatu produk atau jasa. Selain itu, mereka juga setiap harinya memantau perkembangan ekonomi negara termasuk nilai mata uang.

Dengan gaji sebesar Rp 1,4 miliar, menjadi seorang pakar ekonomi menjadi pekerjaan yang diidam-idamkan oleh orang introvert. Akan tetapi nilai sebesar itu berlaku di luar negeri. Berbeda hal dengan kondisi di Indonesia. Mungkin senilai puluhan sampai ratusan juta rupiah per bulan.

2. Ahli Astronomi

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert salah satunya menjadi pakar astronomi (Shutterstock).

Astronomi merupakan cabang ilmu alam yang meneliti benda langit (seperti bintang, planet, komet, dll). Serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik).

Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Mengamati tata surya atau bintang tentunya sangat menyenangkan. Apalagi jika kamu bukan hanya mengamati saja, tetapi juga digaji besar. Di Amerika sendiri, ahli astronomi digaji sebesar Rp 1,36 miliar lho.

Ahli astronomi juga bertugas untuk mengobservasi, meneliti serta membuat laporan tentang ilmu perbintangan untuk bisa dipelajari kembali. Pekerjaan yang tidak membutuhkan energi bercakap-cakap terlalu banyak ini pas banget buat kamu si introvert.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

3. Website Administrator

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert salah satunya menjadi website administrator (Shutterstock).

Kalau kamu berpikir siapa sih yang membuat website ternama, atau situs pemerintah, nah ini dia. Website administrator merupakan salah satu pekerjaan cukup diminati di negara maju lho. Pasalnya mereka akan digaji sebesar USD 85,240 atau setara dengan Rp 1,1 miliar.

Tentu jenis pekerjaan ini menjadi incaran introvert. Karena pekerjaannya meliputi tanggung jawab untuk mengelola, memaintance, mendesain, mengembangkan hingga memperbaiki pelbagai kerusakan yang terjadi di website tertentu.

Pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan keamanan data ini biasanya jarang digaji kecil. Di Indonesia sendiri mungkin bernilai ratusan juta rupiah jika memang kamu sudah jago banget.

4. Ahli Statistika

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert salah satunya menjadi ahli statistik (Shutterstock).

Statistik menjadi ilmu yang dipelajari saat kuliah. Meski demikian ada sekolah tinggi khususnya sendiri di Jakarta. Gak heran untuk masuk ke sekolah ini cukup susah, karena setelah lulus kamu sudah bisa bekerja di Badan Pusat Statistik.

Kalau di Amerika sendiri, menjadi seorang ahli statistik akan digaji sebesar USD 80,110 atau setara dengan Rp 1,05 miliar. Wah gak cuma ngitungin angka-angka aja, tetapi kamu juga bakalan digaji dengan angka cukup fantastis.

Tugas ahli statistik disini berusaha mengembangkan atau menerapkan teori dan metode matematika untuk disimpulkan menjadi data numerik. Setelah itu baru bisa diinformasikan ke masyarakat. Walau beberapa penelitian membutuhkan koresponden, ahli statistika tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga: Membangun Daihatsu Ayla Turbo, Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

5. Penulis

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert salah satunya menjadi penulis (Shutterstock).

Ada yang bilang menjadi penulis tidak bisa menjadi kaya. Mungkin itu benar kalau kamu tidak memiliki keahlian spesifik di bidang tulisan tersebut. Nyatanya kalau tulisanmu bisa dipertanggung jawabkan kamu bisa meraih penghasilan cukup besar lho.

Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Kamu tinggal pilih menguasai bidang apa, esai, puisi, novel, lirik lagu, atau bahkan sajak sekalipun. Jika sudah profesional kamu bisa menulis pelbagai hal dan meraih puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Gak cuma itu saja, banyak lomba-lomba yang ditujukan untuk penulis-penulis di Indonesia dengan hadiah uang puluhan juta. Asal kamu jeli melihat peluang yang ada dan jangan takut ikut berkompetisi.

6. Peneliti Geologi

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert salah satunya menjadi pakar geologi (Shutterstock).

Pekerjaan ini mungkin masih asing di telinga kamu. Ya benar, peneliti geologi sendiri masih dikatakan pekerjaan baru. Tugasnya menguji dan menganalisa pelbagai kondisi geologis. Diantaranya minyak bumi, aneka tambang, seperti mineral, batu bara, gas bumi maupun belerang.

Meski tidak banyak melakukan interaksi, pekerjaan seperti ini dikatakan cukup berat lho. Kamu akan berurusan dengan aroma kurang sedap dari alam demi menganalisa dan menginformasikannya kepada khalayak.

Di Amerika sendiri gaji pekerjaan ini mencapai Rp 729 juta. Kalau di Indonesia sendiri masih belum ada data resmi berapa yang bakalan kamu dapat jika berprofesi di bidang ini.

Nah itu tadi enam pekerjaan bergaji besar dan cocok untuk orang introvert. Adakah kamu tertarik salah satunya? Pastikan, apapun pekerjaannya lakukan sebaik mungkin. Jangan bekerja hanya karena nilai yang kamu dapat. Tetapi berusahalah menjalani pekerjaan dengan ikhlas dan hindari pertemanan tidak sehat. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan