Kamu Sering Kehabisan Uang, Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Menyesal!

3 menit
Sering kehabisan uang di dompet (Ilustrasi).

Sudah bekerja keras, selalu melewatkan acara nongkrong dengan teman-teman sepulang bekerja, bahkan tidak pernah pergi ke bioskop sama sekali setiap akhir pekan, tapi kok kamu tetap gak bisa menabung ya?

Jangankan untuk menabung, untuk biaya hidup akhir bulan sebelum gajian saja kamu sudah kalang kabut. Wah? Salah dimana ini? Apakah manajemen keuanganmu yang buruk, atau ada hal lain yang lebih parah dari ini?

Kalau kamu sering merasa tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, coba deh perhatikan kebiasaan kecil yang membuatmu jatuh miskin. Kebiasaan-kebiasaan apa saja sih? Nih coba perhatikan, adakah kebiasaanmu masuk ke dalam faktor berikut yang membuat kamu sering kehabisan uang.

1. Membeli paket data

Wanita menggunakan smartphone (Ilustrasi).

Kadang, operator seluler memang memberikan promo paket data menarik di smartphone kamu. Coba pikir-pikir lagi deh, kira-kira apakah kamu membutuhkannya saat ini? Terlebih jika kamu sebetulnya sudah menggunakan WiFi di rumah dan kantor.

Hidup kamu hanya dihabiskan ke dua tempat itu, lalu mengapa membeli paket data mahal-mahal? Toh kan mubazir jadi tidak terpakai?

Jadi lebih baik kamu gunakan paket data paling kecil, 1Gb saja sebetulnya cukup untuk keperluan selama satu bulan hanya untuk mengirim pesan WhatsApp saat di luar kantor dan rumah, atau memesan ojek online, bukan?

2. Belanja

Belanja selalu dijadikan terapi wanita saat sedang kesal (Ilustrasi).

Jika menurut kamu belanja itu sebagai terapi stres, buang jauh-jauh deh pikiran tersebut. Kamu malah makin stres kalau tau-tau tagihan kartu kredit membengkak akibat kegiatan tersebut. Jika kamu memang sedang tertekan karena permasalahan pribadi atau pekerjaan, cari cara yang lebih efisien.

Kamu bisa ajukan cuti satu hari, membuat minuman sendiri dirumah, menonton film drama, menangis jika itu benar-benar diperlukan untuk mengeluarkan emosimu. Jadi, jangan selalu gunakan belanja untuk mengatasi stres yang sedang kamu hadapi ya.

3. Sering jajan kopi

Sering jajan kopi (Ilustrasi).

Duh, pemerintah bahkan sudah melarang kaum milenial untuk boros dengan mengonsumsi kopi sehari tiga kali. Karena apa? Ini bisa membuat keuangan kamu membengkak.

Hentikan kebiasaan ini deh guys. Coba kamu bikin kopi sendiri di rumah, taruh di tumbler dan bawa ke kantor. Kamu gak usah beli kopi di kedai ternama, bikin sendiri jauh lebih asyik kan?

4. Enggan tawar menawar

Tawar menawar di pasar tradisional (Ilustrasi).

Tawar menawar ini hukumnya lumrah kok di antara pedagang dan pembeli. Dengan tawar menawar, kamu jadi bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Ini tentu menghemat bujet kan? Jangan malu untuk melakukan hal ini ya demi kesehatan keuangan di masa depan.

5. Membeli barang dalam jumlah sedikit

Membeli barang dalam jumlah sedikit (Ilustrasi).

Biasakan belanja kebutuhan per bulan dalam jumlah banyak sekaligus. Kalau kamu membelinya sedikit-sedikit, pengeluaran justru membengkak. Jika kamu beli dalam jumlah banyak dan kebetulan ada promo, itu akan menguntungkan keuanganmu kan? Be smart buyer ya mulai saat ini!

Lima hal di atas merupakan kesalahan yang hampir dilakukan banyak orang. Sayangnya, banyak yang gak menyadari hal itu dan sudah terjadi selama bertahun-tahun. Kalau kamu gak ingin terjerumus terlalu lama, yuk bangkit, hindari kesalahan-kesalahan tersebut agar kondisi keuangan kembali sehat. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be