Nadiem Sampai AHY, Ini 6 Anak Muda yang Diisukan Jadi Menteri Jokowi

5 menit
Kandidat Menteri Jokowi dari Kalangan Anak Muda (Instagram)
Kandidat Menteri Jokowi dari Kalangan Anak Muda (Instagram)

Menteri Jokowi kabinet berikutnya diisukan bakal dihiasi oleh beberapa anak muda. Sejumlah nama pemuda-pemudi Indonesia yang berprestasi pun muncul ke permukaan. 

Nama-nama tersebut memiliki latar belakang yang beragam, ada yang dari politisi sampai dengan pengusaha. Intinya, mereka yang diisukan memiliki karier yang cemerlang di bidangnya masing-masing. 

Soal keinginan adanya menteri muda di kabinet selanjutnya ini dilontarkan langsung oleh Presiden Jokowi dan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir. Kriteria yang diinginkan Jokowi adalah anak muda yang memiliki kemampuan manajemen baik, mampu mengeksekusi program yang selaras dengan keinginan presiden, dan juga memiliki pemikiran yang dinamis. 

Banyak dari warga pun menebak-nebak kira-kira siapa yang cocok untuk mengisi posisi ini. Nah berikut ini kita kasih tahu kandidat-kandidat anak muda yang diisukan bakal menjadi menteri Jokowi. 

Baca juga: Masih Impor Migas, Apakah Indonesia Masuk Negara Pengimpor Terbesar di Dunia?

1. Nadiem Makarim 

Menteri Jokowi
Nadiem Makarim (Instagram).

Tahu Gojek pasti tahu Nadiem Makarim yang merupakan sang pendirinya. Pria lulusan Harvard Business School ini mendirikan Gojek pada tahun 2010 silam. Hingga kini, Gojek menjadi salah satu terobosan baru di dalam transportasi umum di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara. 

Kepemimpinannya dalam mengembangkan sebuah startup sudah gak perlu diragukan lagi. Dari perusahaan rintisan yang bermarkas di kantor kecil, kini Gojek telah bertransformasi menjadi decacorn dalam waktu kurang dari 10 tahun. 

Nadiem juga sukses membawa bisnis Gojek ke negara lain seperti Singapura, Thailand, dan Vietnam. Berkat kesuksesannya inilah ia dipuji oleh Presiden Jokowi karena berhasil mengharumkan produk asli Indonesia. 

Di usianya yang baru menginjak 35 tahun dan segudang prestasi yang diraihnya, Nadiem layak dimasukkan ke dalam list menteri muda Jokowi untuk periode berikutnya.  

2. Meutya Hafid 

Menteri Jokowi
Meutya Hafid (Instagram).

Meutya Hafid merupakan sosok muda yang telah menghiasi parlemen Indonesia sejak tahun 2010 silam. Di usianya yang menginjak 41 tahun, Meutya telah memiliki banyak pengalaman dalam kariernya. Ia memulai karier menjadi seorang jurnalis di Metro TV. 

Sewaktu menjadi jurnalis ia pernah ditugaskan ke Irak untuk meliput pemilu di sana. Yang tak terlupakan baginya adalah ia pernah disandera oleh kelompok bersenjata di sana dalam waktu tiga hari. Beruntung nyawanya berhasil diselamatkan berkat negosiasi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. 

Selepas jadi jurnalis, ia dipinang Golkar untuk menjadi kader. Wanita lulusan UNSW Sydney ini akhirnya resmi dilantik menjadi Anggota DPR di tahun 2010 untuk menggantikan kursi Burhanuddin Napitupulu yang saat itu meninggal dunia. Periode 2014-2019, Meutya kembali mengisi posisi kursi parlemen dan bertugas di Komisi I yang membidangi bidang pertahanan, luar negeri, komunikasi, dan informasi. 

Baca juga: Tambang Batu Bara Sawahlunto Jadi Warisan Dunia UNESCO, Apa Keistimewaannya?

3. Angela Tanoesoedibjo 

Menteri Jokowi
Angela Tanoesoedibjo (Instagram).

Putri dari Hary Tanoe ini juga disebut-sebut menjadi salah satu calon menteri Jokowi dari kalangan anak muda. Angela terjun ke dunia politik lewat partai yang didirikan oleh ayahnya dan maju di Pileg 2019 untuk Dapil Jatim 1. Sayangnya perolehan suara yang diraihnya tak mampu membawanya untuk melenggang ke Senayan. 

Tapi ia punya rekam jejak pendidikan yang mumpuni untuk menjadi seorang menteri. Wanita berusia 32 tahun itu menyelesaikan studi sarjananya di Universitas Teknologi Sydney Australia pada tahun 2008, kemudian melanjutkan Master of Commerce di UNSW, Sydney dan lulus tahun 2010 silam.

Karier profesionalnya juga mumpuni, karena ia ditunjuk oleh pemegang saham MNC Group untuk menduduki kursi direktur.

Rekam jejaknya inilah yang membuat Perindo mengusulkan Angela untuk masuk ke bursa calon menteri muda Jokowi di periode selanjutnya. 

4. Achmad Zaky 

Menteri Jokowi
Achmad Zaky (Instagram).

Pendiri Bukalapak ini juga turut menghiasi rumor kandidat calon menteri muda kabinet Joko Widodo. Soal pengalaman karier profesionalnya, Zaky gak perlu diragukan lagi. Ia berhasil membesarkan perusahaan startup Bukalapak dengan penuh kreativitas dan kepedulian terhadap pedagang-pedagang kecil. 

Ia merupakan tokoh muda yang berprestasi dalam bidang komputer. Zaky yang merupakan lulusan ITB sudah akrab dengan komputer sejak SMA, dibuktikan dengan sederet prestasinya menjuarai Olimpiade Sains tingkat nasional. 

Usai lulus dari ITB, ia pun mendirikan Bukalapak tepat tahun 2011 silam. Untuk membesarkan situs jual beli onlinenya itu, ia merangkul pedagang-pedagang lokal yang baru berkembang untuk mau bermitra dengan BukaLapak 

Di umurnya yang baru menginjak 32 tahun, ia berhasil memimpin Bukalapak menjadi perusahaan berstatus unicorn. Bahkan tahun ini digadang-gadang bakal jadi decacorn. 

Baca juga: Daftar Negara dengan Produksi Minyak Sawit Paling Banyak, Indonesia Nomor Berapa?

5. Grace Natalie 

Menteri Jokowi
Grace Natalie (Instagram).

Grace Natalie namanya mulai terkenal sejak menjadi Ketua Umum PSI. Sebelum di politik, kariernya sudah lebih dulu moncer di bidang jurnalistik sam seperti Meutya Hafid. Grace mengawali kariernya sebagai presenter di SCTV, kemudian sempat berpindah ke TvOne, dan terakhir menjadi CEO di lembaga survei SMRC. 

Di tahun 2015 akhirnya ia mendirikan PSI bersama sejumlah tokoh muda lainnya. Di usianya yang waktu itu baru menginjak 33 tahun, ia juga telah didapuk sebagai Ketua Umum. 

Pada tahun 2019 ini, ia berhasil membawa PSI masuk sebagai partai peserta pemilu. Tapi sayangnya, karena kalah jumlah suara, mereka gagal untuk melenggang ke parlemen. 

Meski demikian, wanita kelahiran 1982 ini pun diisukan menjadi salah satu kandidat menteri muda Jokowi lho!

6. Agus Harimurti Yudhoyono 

agus harimurti yudhoyono
AHY tampil gagah dengan setelah hitam. (Instagram/@agusyudhoyono)

AHY berkali-kali mengadakan pertemuan personal dengan Presiden Joko Widodo. Meski berasal dari Partai Demokrat yang pada Pemilu 2019 lalu berseberangan dengan Jokowi, kedekatan keduanya tetap terjalin. Berkat pertemuan-pertemuan itu, AHY pun diisukan bakal menjadi menteri muda kabinet pemerintahan selanjutnya. 

AHY memiliki karier profesional dan politik yang cemerlang. Sebelum terjun ke politik, putra tertua dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini telah meraih kesuksesan di bidang militer dengan pangkat terakhir Mayor. 

Selama berkarier di militer, AHY juga memperkaya ilmunya dengan segudang ilmu. Ia telah mendapatkan gelar Master Strategic Studies di NTU Singapura, Master of Arts Leadership and Management di Webster University, dan Master of Public Administration, Harvard University. 

Di politik, ia pernah maju di Pilgub DKI tahun 2017 silam, tapi sayangnya gagal dengan dua kandidat lainnya yaitu Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama. Di Pemilu 2019, AHY dipercaya untuk memimpin dan menyusun strategi pemenangan untuk Partai Demokrat. 

Itu tadi nama-nama yang dinilai cocok untuk mengisi kursi menteri Jokowi dari kalangan anak muda. Semoga saja rencana pemerintah itu gak cuma wacana ya. Karena ini merupakan kesempatan yang pas untuk anak muda lebih bersinar lagi dalam membantu pembangunan negeri. Menurut kamu, kira-kira mereka cocoknya jadi menteri apa? (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.