Laku Rp 4,2 Miliar, Ini Penampakan Kapal Mewah Raffi yang Dibeli Crazy Rich Pluit

4 menit
Yacht Azimut 40s milik Raffi Ahmad. (Instagram/@raffinagita1717)

Belum lama ini, Raffi Ahmad menjual kapal Yacht mewah miliknya, Azimut 40s. Siapa yang beli? Siapa lagi kalau bukan sohib Raffi si pengusaha kaya Rudy Salim.

Pemilik showroom Prestige Image Motorcars ini kabarnya membeli kapal Raffi seharga Rp 4,2 miliar secara cash! Wow, gila juga ya miliaran Rupiah dibayar cash.

azimut 40s
Dibayar cash euy! (Youtube/Rans Entertainment)

Yang gokilnya lagi, cash-nya benar-benar dalam bentuk uang tunai lho. Bukan ditransfer melainkan diberikan ke Raffi secara fisik dengan Dollar!

Penasaran seperti apa fakta-fakta Azimut 40s yang dibeli Rudy Salim dari Raffi Ahmad? Berikut ulasannya.

Baca juga: Seserahan Artis Termahal, Punya Raffi Tembus Rp 1,6 Miliar

1. Buatan Italia

azimut 40s
Yacht bikinan Italia. (Youtube/Rans Entertainment)

Buat kamu yang belum paham soal dunia kapal yacht, kapal Azimut 40s merupakan sebuah kapal buatan Italia. Produksinya sendiri berlangsung di Provinsi Turin. Brand ini didirikan pada tahun 1969 oleh Paolo Vitelli.

Awalnya, Azimut merupakan sebuah perusahaan penyewaan kapal dan akhirnya mereka pun berubah menjadi sebuah produsen kapal mewah.  

Azimut 40s sendiri sebenarnya punya lebih dari satu varian warna. Namun Raffi membeli yang berwarna putih atas dan bawah. Kapal ini dibeli oleh Raffi pada tahun 2014. Berarti udah lima tahun ya usianya.

Alasan Raffi menjual kapal ini adalah karena jarang dipakai. Dulu, Raffi sempat punya villa di H Island (Pulau Tengah), Kepulauan Seribu, akan tetapi villa tersebut sudah dijual. Pantes saja kapalnya jadi nganggur. Bayangin saja, dalam setahun paling cuma dipakai empat atau lima kali saja!

Saat itu, Raffi membeli kapal ini senilai Rp 7 miliaran.   

Baca juga: Sebelum Jadi Orang Terkenal, Begini Penampakan Rumah Raffi Ahmad hingga Ridwan Kamil

2. Interior kayak kamar hotel

azimut 40s
Ini kapal apa hotel? (Youtube/Rans Entertainment)

Interior kapal ini juga bisa dibilang mirip hotel, hanya saja lebih sempit. Di meja yang terletak di sisi kiri ternyata banyak snack keju tuh. Ada Doritos, ada Pringles, dan Roma Malkist keju. Kayaknya yang punya kapal memang hobi ngemil.

Belum lagi di bagian bawah juga terdapat dapur. Penampakannya ya udah kayak dapur apartemen pada umumnya dan dilengkapi dengan kompor listrik.

azimut 40s
Ada dapur mininya juga. (Youtube/Rans Entertainment)

Semua peralatan makan di yacht mewah ini dijamin komplit deh.

Jumlah kamar di kapal ini ada dua. Dari dalam kamar, kamu tentunya bisa menyaksikan pemandangan laut yang benar-benar eksotis lewat jendela.

azimut 40s
Nyaman banget kayaknya. (Youtube/Rans Entertainment)

Interior kamarnya juga keren, walau ukurannya memang gak luas-luas amat. Material kayu yang ada di kamar ini terlihat benar-benar berkualitas. Kamar di kapal yacht itu juga dilengkapi lemari baju dan peralatan lainnya.

Ya maklum aja kapal ini harganya Rp 7 miliaran, sudah setara rumah.

Baca juga: Dari Kepala Hingga Ujung Kaki Tembus Rp 1 Miliar, Segini Harga Outfit Keluarga Raffi Ahmad

3. Kecil-kecil kenceng

azimut 40s
Kecil dan lincah. (Youtube/Rans Entertainment)

Pada kesempatan itu, Rudy Salim pun melakukan test drive ke Azimut milik raffi. Eh kok test drive ya, “test sail” lebih tepatnya.

Bisa dibilang bagian kemudi kapal penampakannya cukup mewah. Gak sedikit lho mobil-mobil mewah di pasaran yang interiornya terinspirasi dari kapal yacht mewah seperti ini.

Beberapa bagian didominasi panel kayu, dan secara keseluruhan warnanya adalah krem. Elegan parah! Itu sebabnya kenapa interior kapal ini sudah seperti hotel.

Kapal ini juga dilengkapi sistem navigasi yang cukup mumpuni. Gak bakal kesasar deh kalau mau berlayar ke manapun kita mau.

Bagaimana tanggapan Rudy setelah menjajal kapal Azimut 40s ini? Jawabannya, enak, lalu Rudy juga bilang kalau kapalnya “kecil-kecil kenceng.”

Raffi menjelaskan kalau Azimut miliknya memang memiliki bodi yang ramping tapi enak dipakai ngebut. Hal itu disebabkan karena wilayah Italia memang penuh dengan pulau-pulau kecil. Oleh karena itu, sebagai produsen kapal yacht, Azimut harus mendesain sebuah kapal yang lincah.

Selain itu, Azimut 40s itu sendiri memang didesain untuk dikemudikan oleh ownernya. Ibarat mobil sport saja deh, jadi gak heran kalau mesinnya memang terbilang galak.

Raffi mengaku bahwa dia hanya butuh 40 menit saja untuk berlayar ke H Island, Kepulauan Seribu dengan menggunakan kapal ini.

4. Mesin Azimut 40s ini terbaik di kelasnya

azimut 40s
Soal performa mesin gak diragukan. (Youtube/Rans Entertainment)

Secara kondisi, kapal ini memang pernah diservis oleh Raffi lebih tepatnya untuk pergantian baling-balik. Tapi biar kata bekas, mesinnya masih oke.

Raffi bilang kalau Azimut 40s punya mesin yang cukup bandel. Yang jelas, di bawa ngebut dengan kecepatan 29 knot pun masih enak, dan suara turbonya berasa banget!

Seperti itulah kapal Azimut milik Raffi yang sekarang sudah berpindah tangan ke Rudy Salim. Pada awalnya mereka sudah deal di harga Rp 4 miliar lho, tapi alhasil Rudy malah melebihkannya jadi Rp 4,2 miliar, tambahan Rp 200 jutanya diikhlaskan buat jajan Raffi. Kebanyakan duit kali ya orang ini! (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!