Senilai Rp 8,1 Triliun, Yacht Mewah Pangeran Arab Ini Termahal di Dunia

4 menit
Kapal Yacht emang banyak dimiliki oleh kaya di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berbicara soal tunggangan di laut, para orang tajir di dunia ini rela mengeluarkan uang yang gak sedikit buat memiliki kapal yacht. Rata-rata, kapal tersebut memiliki interior yang sangat mewah, pokoknya benar-benar nyaman digunakan saat berlayar.

Kapal yacht bisa diartikan sebagai kapal layar ringan dan cepat. Terkadang, kapal ini seringkali digunakan buat olahraga balap.

Panjang kapal ini umumnya mencapai 10 hingga ratusan meter. Di era 1950-an, kapal-kapal ini dibuat dengan material berupa kayu dan baja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, beberapa bahan yang kerap digunakan sebagai material sebut saja alumunium dan serat karbon.

Baca juga: Bisa Beli Mobil Mewah! Segini Biaya Pendidikan Anak-anak Artis Indonesia

Penasaran sama kapal-kapal yacht milik orang-orang kaya di dunia ini? Situs Yacht and Boating World telah menghimpun informasi mengenai enam yacht mewah milik seleb. Berikut ulasannya.

1. Tiger Woods – Privacy

Kapal yacht milik Tiger Woods, (Businessinsider.com).

Legenda golf dunia, Tiger Woods merupakan salah seorang seleb yang memiliki kapal yacht. Kapal beliau diberi nama Privacy yang harganya 20 juta Pounds atau setara dengan Rp 365 miliar.

Di dalam yacht ini ada lima kamar, jacuzzi, gym, sky lounge, hingga tempat perjamuan makan yang terletak di deck kapal.

Baca juga: Mewahnya Tempat Pernikahan Crazy Rich Surabayan di The Mulia Resort Bali

Kapal ini dibeli oleh Woods pada tahun 2004. Top speednya mencapai 17 knot, dan sepertinya enak juga dibuat menginap semalaman berhubung fasilitasnya lengkap.

2. Giorgio Armani – Main

Giorgio Armani mempunyai yacht mewah dengan berkelirkan warna hitam, (superyachtfan.com)

Sama seperti desain pakaian yang dia ciptakan, peracang busana kondang Giorgio Armani memiliki kapal yacht yang punya aura elegant. Kapal itu berwarna hitam dan diberinama Main.

Kabarnya, Yacht itu berharga US$ 60 juta atau Rp 864 miliar. Interior di kapal mewah ini didesain minimalis, memiliki 14 kabin, gym, jacuzzi, dan bioskop!

Baca juga: Conor McGregor Punya 8 Mobil Mewah, Harganya Miliaran Rupiah

Pokoknya kapal ini memang paling gampang dikenali lantaran warnanya yang berbeda dengan yacht lain.

3. Paul Allen – MV Tatoosh

MV Tatoosh juga memiliki yacht supermewah, (technobuffalo.com).

Salah satu pendiri Microsoft yang belum lama ini mangkat, memiliki sebuah yacht mewah bernama MV Tatoosh yang dia beli tahun 2001. Harganya pada saat itu mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Kapal ini dilengkapi sembilan kamar tamu di kabin, dua kabin untuk kru, kolam renang, dan dua helipad. Di tahun 2016, kapal ini pernah berlabuh di Kepulauan Cayman dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Akhirnya, mau gak mau Allen yang gak ada di kapal itu diminta bayar ganti rugi. Jumlahnya gak jelas berapa Dolar tapi kabarnya ya cukup besar juga biayanya.

4. J.K. Rowling – Vajoliroja

JK Rowling punya yacht yang mewah juga, (luxurylaunches.com).

Novelis tenar pencipta Harry Potter ini ternyata membeli kapal yacht yang dulunya dimiliki Johnny Depp. Kapal ini dibeli Rowling tahun 2016 dengan harga 22 juta Pounds atau setara dengan Rp 1,4 triliun.

Di kapal itu ada 10 kabin yang lima di antaranya adalah kabin kru, bar, serta beberapa ruang yang digunakan untuk hiburan.

Nama Vajoliroja akhirnya pun diganti dengan Arriva. Dan saat ini kabarnya Rowling juga menjual kapal yacht ini.

5. Roman Abramovich – Eclipse

Roman Abramovich punya yacht yang mewah dan mahal banget harganya, (wikimedia.com).

Miliarder Rusia ini memiliki Yacht yang bernama Eclipse. Yacht mewah ini didesain oleh sebuah perusahaan Jerman Blohm+Voss. Panjangnya mencapai 162 meter, dan kerap dinyatakan sebagai kapal Yacht terpanjang kedua di dunia!

Harganya kurang lebih mencapai 340 juta Euro atau Rp 5,5 triliun! Di dalam Eclipse, ada 24 kabin, dua helipad, dua kolam renang, dan kabarnya ada kapal selam juga di dalam yacht mewah ini!

Eclipse sanggup menampung 70 kru yang kabarnya harus bekerja 24 jam lho.

6. Pangeran Mohammad bin Salman – Serene

Milik Pangeran Arab emang paling mahal dan mewah dari di antara miliuner lainnya, (Beam.land).

Dan yang termahal kayaknya adalah milik Putera Mahkota Arab Saudi, siapalagi kalau bukan Pangeran Mohammad bin Salman. Sang pangeran dikabarkan memiliki yacht bernama Serene yang harganya 500 juta Euro atau Rp 8,1 triliun!

Kapal ini dibeli pangeran dari miliarder Rusia bernama Yuri Shefler yang gak lain adalah pengusaha miras Vodka. Dulu, kapal ini juga pernah disewa oleh Bill Gates lho, harganya US$ 5 juta seminggu.

Di dalam kapal tersebut, ada dua helipad, spa, tiga kolam renang, dan fasilitas panjat tebing! Asyik banget.

Kabarnya, yacht mewah itu udah seperti istana yang mengapung di lautan. Bayangin aja, luasnya lebih besar daripada lapangan sepakbola! Cukup bikin geleng kepala sih melihat barang mewah milik orang-orang terkaya di dunia ini. (Editor: Mahardian Prawira).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan