Gak Usah Bossy! 8 Karakter Ini Harus Dimiliki oleh Seorang Pemimpin

4 menit
Gak Usah Bossy! 8 Karakter Ini Harus Dimiliki oleh Seorang Pemimpin, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjadi sosok yang dicintai satu tim, seorang bos mesti memiliki karakter kepemimpinan yang baik. Jadi gak cuma soal kinerjanya dan pemahaman teoritisnya saja yang baik, gaya kepemimpinan juga mesti punya apalagi jangan bossy!

Pemimpin merupakan seorang panutan dari setiap bawahannya. Ialah sosok yang bakal mengarahkan setiap proses bisnis menjadi lebih baik lagi. Oleh karenanya, apapun yang diperintahkan olehnya, pasti deh karyawan lainnya langsung mengiyakan tanpa pikir panjang. 

Tapi sayangnya, gak semua pemimpin bisa memiliki karakter yang baik untuk proses bisnis. Kadang ada saja yang perilakunya menyimpang dan justru bikin perusahaan berjalan mundur ke belakang dan malah bossy nih alias tukang ngatur!

Ada juga kasus pemimpin yang memiliki pendidikan tinggi, secara pemahaman teori jempolan, tapi pada prakteknya gak bisa berbuat apa-apa alias takut mengambil risiko. 

Kalau kamu seorang pekerja di level manajerial, berikut ini karakter kepemimpinan yang harus kamu punyai demi memajukan perusahaan dan karier mu ke depannya. 

Baca juga: Ancam Usir BW di Sidang MK, Arief Hidayat Punya Karier Moncer dan Harta Rp 5 M

1. Karakter kepemimpinan yang baik harus jujur 

karakter kepemimpinan
Karakter kepemimpinan yang baik harus jujur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Karakter kepemimpinan paling dasar yang harus dimiliki oleh atasan adalah selalu jujur. Jujur merupakan pondasi awal untuk membangun kepercayaan antara bawahan dan atasan. 

Jujur gak cuma soal hal-hal baik saja, hal-hal buruk juga diperlukan. Agar nantinya ketika kamu mengalami kesulitan, bawahanmu tak akan segan-segan membantunya. 

Baca juga: Kerja dari Rumah Tapi Produktif Seperti di Kantor? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini

2. Bisa berkomunikasi dengan jelas 

karakter kepemimpinan
Bisa berkomunikasi dengan jelas itu mesti dimiliki oleh atasan, 9Ilustrasi/Shutterstock).

Seorang pemimpin harus bisa mengkomunikasikan maksud dan tujuannya dengan sangat jelas ke bawahan. Kalau punya ide, jelaskan gagasanmu itu ke bawahan dengan detail dan penjelasan yang mudah dimengerti. 

Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, bawahanmu bisa mengeksekusi setiap tugasnya sesuai dengan garis besar yang kamu inginkan. 

Baca juga: Fresh Graduate Gaji Pas-Pasan Tapi Mau Traveling ke Luar Negeri? Coba Cara Ini

3. Menjadi pendengar yang baik 

karakter kepemimpinan
Bisa menjadi pendengar yang baik, 9ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma jago ngomong, tapi seorang atasan juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Sebuah perusahaan merupakan organisasi yang terdiri dari berbagai macam orang. 

Tugas dan kapasitas masing-masing anggotanya berbeda-beda. Jadi perlu rasanya untuk mendengarkan pemikiran-pemikiran mereka masing-masing kemubuat dian ditarik kesimpulan bersama.

Dengan karakter kepemimpinan ini, kamu berhasil mendobrak gap antara atasan dan bawahan. Seorang bawahan akan merasa sangat dihargai dan dihormati. Dan ini sangat baik untuk produktivitas kerja mereka. 

4. Humoris 

Karakter kepemimpinan
Kalau kamu seorang pemimpin harus memiliki jiwa humoris, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kerja gak melulu selalu serius, kadang perlu juga diselingi dengan candaan-candaan ringan agar tidak membosankan. Pemimpin yang memiliki selera humor akan lebih dicintai oleh karyawannya. 

Contohnya ketika bawahannya tengah mengalami kesulitan dalam mengatasi tugas-tugas yang diberikan, pasti mereka akan merasa stres. Nah, kebanyakannya seorang atasan justru menekan mereka untuk menyelesaikan masalahnya dengan cepat. 

Padahal cara tersebut malah bikin mereka tambah stres dan produktivitasnya menurun. Pemimpin yang baik adalah mampu memecah kebuntuan itu dengan candaan, tapi kemudian membantu mereka menuju ke jalan keluar. 

5. Percaya diri

karakter kepemimpinan
Percaya diri juga mesti dimiliki oleh seorang pemimpin lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Karakter kepemimpinan yang harus dipunyai seorang atasan adalah memiliki rasa percaya diri yang kuat. Sesulit apapun tantangan dan tugas yang dihadapinya, ia tetap percaya diri bisa menyelesaikannya dengan baik. Sifat baik ini bisa menginspirasi atau menular ke bawahannya. 

Kalau pemimpinnya optimistis, pasti bawahannya juga. Sebaliknya, kalau atasannya pesimistis dan menyerah duluan, bawahannya bakal ogah-ogahan buat mengerjakan tugasnya. 

6. Komitmen yang kuat

karakter kepemimpinan
Komitmen yang kuat harus dimiliki oleh pemimpin ya, (Ilustrasi/Shutterstock),

Untuk membuat para bawahan bekerja keras adalah seorang pemimpin harus memiliki komitmen yang kuat. Pemimpin yang berkomitmen kuat pasti memiliki ketegasan dalam setiap tindakannya. 

Mereka gak mudah goyah meski tantangan datang bertubi-tubi. Ia bakal bekerja sekeras mungkin untuk menyelesaikan tugas atau misi yang diembannya. 

7. Kreatif 

karakter kepemimpinan
Kalau kamu seorang pemimpin harus memiliki pemikiran yang kreatif, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kesulitan pasti akan terus menerjang setiap tugas di dunia kerja. Sebagai atasan bakalan banyak mendengar pengaduan dari tim mu yang kesulitan menyelesaikan tugas yang kamu berikan. 

Nah, sebagai pemimpin, kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk mereka. Ajak tim mu berpikir nyeleneh kalau perlu, demi keluar dari kesulitan. 

8. Bisa menginspirasi 

karakter kepemimpinan
Kamu seorang atasan sebisa mungkin menginspirasi oleh banyak orang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gaya kepemimpinan yang harus dipunya seorang atasan yang berikutnya adalah kemampuan untuk selalu menginspirasi. Inspirasi yang diberikan bisa dari tingkah laku sehari-hari, caramu menyelesaikan masalah, atau kecerdasan berpikir dalam mengerjakan segala tugas-tugas. 

Itulah delapan karakter kepemimpinan yang harus dimiliki oleh setiap atasan. Yang paling utama sih selalu bersikap baik terhadap semua bawahannya. 

Jangan sampai kamu jadi atasan yang diskriminatif, maunya baik ke karyawan teladan, tapi ke karyawan yang biasa-biasa aja bersikap judes banget. Kalau kedelapan karakter di atas sudah kamu miliki, dijamin bawahan makin cinta sama kamu dan perusahaan jadi berkembang pesat. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.