Dulu Sewakan Garasi Sekarang Jadi Bos Youtube, Ini Fakta Karier Susan Wojcicki

4 menit
Susan Wojcicki. (Shutterstock)
Susan Wojcicki. (Shutterstock)

Topik “Youtube down” meramaikan jagat internet pada Rabu, 17 Oktober 2018. Ya, insiden ini emang cukup mengejutkan. Pasalnya, boleh dibilang sepanjang sejarah beroperasinya Youtube, baru kali ini layanan video sharing itu mengalami gangguan paling parah.

Mungkin kamu udah tahu kalau Youtube didirikan oleh tiga sekawan karyawan PayPal, yakni Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim pada tahun 2005. Namun, setahun kemudian, Youtube diakuisisi oleh Google.

Sekarang, tinggal Chad Hurley yang masih bekerja di Youtube sebagai penasihat. Posisi Chief Executive Officer (CEO) dipegang oleh Susan Wojcicki sejak tahun 2014.

Siapakah Susan Wojcicki ini? Yuk simak fakta-fakta unik wanita yang memiliki kekayaan US$ 480 juta atau Rp 7,2 triliun ini!

Susan Wojcicki kreatif sejak muda

Susan Wojcicki. (Facebook)
Susan Wojcicki. (Facebook)

Susan adalah putri dari Esther Wojcicki, seorang pengajar keturunan Rusia-Yahudi. Ayahnya, Stanley Wojcicki, adalah profesor Fisika keturunan Polandia-Amerika di Stanford University.

Sejak kanak-kanak, Susan memang terkenal aktif. Gak cuma belajar dan belajar, ia juga melakukan banyak aktivitas lain.

Salah satunya adalah menulis untuk surat kabar sekolah ketika ia belajar di Gunn High School, Palo Alto. Bahkan, saat usianya masih 11 tahun, ia sudah menjalankan usaha kecil-kecilan, berjualan “spice rope”, semacam hasta karya, dari pintu ke pintu.

Lulusan sastra dan sejarah yang tertarik teknologi

Susan Wojcicki. (Facebook)
Susan Wojcicki. (Facebook)

Susan kuliah sejarah dan sastra di perguruan tinggi bergengsi Harvard University dan lulus dengan predikat kehormatan pada tahun 1990. Ia juga meraih gelar Master of Science di bidang Ekonomi dari University of California pada 1993 dan Master of Business Administration dari UCLA Anderson School of Management pada 1998.

Alih-alih melanjutkan rencananya bekerja di bidang pendidikan, ia malah mulai tertarik pada bidang teknologi. Ia lantas bekerja sebagai karyawan marketing di Intel.

Entah kebetulan atau memang sudah digariskan, pada bulan September 1998, Larry Page dan Sergey Brin yang notabene dua pendiri Google, menyewa garasi rumah Susan di Menlo Park sebagai kantor pertama mereka. Singkat cerita, Susan didapuk jadi manajer marketing Google yang pertama pada tahun 1999.

Banyak menggarap proyek-proyek sukses Google

Susan Wojcicki. (Instagram)
Susan Wojcicki. (Instagram)

Google Doodles, Google Images, dan Google Books, mungkin gak asing kan buat kamu? Ya, produk-produk populer Google itu ternyata tercipta berkat tangan dingin Susan Wojcicki lho.

Seiring berjalannya waktu, ia dipercaya memegang jabatan sebagai senior vice president divisi Advertising & Commerce. Ia pernah memimpin produk-produk internet marketing seperti AdWords, AdSense, dan Google Analytics yang sekarang masih terus dipakai banyak orang, perusahaan, dan institusi.

Susan Wojcicki menggagas akuisisi Youtube

Susan Wojcicki. (Instagram)
Susan Wojcicki. (Instagram)

Pada pertengahan tahun 2000-an, sebenarnya Google sudah punya platform video sendiri yang dikepalai oleh Susan. Tapi, platform itu kalah saing sama Youtube, yang saat itu masih berupa startup.

Nah, Susan lantas berpikir, kenapa gak dibeli aja Youtube? Gagasan itu ternyata diamini petinggi Google lainnya.

Youtube pun diakuisisi dengan nilai US$ 1,65 miliar pada tahun 2006.

Perbanyak karyawan wanita di Youtube

Susan Wojcicki. (Wikimedia Commons/Steve Jennings / TechCrunch)
Susan Wojcicki. (Wikimedia Commons/Steve Jennings / TechCrunch)

Susan gak serta merta pimpin Youtube setelah dibeli. Susan baru memimpin anak perusahaan Google itu mulai bulan Februari 2014.

Uniknya, setelah Susan jadi bos Youtube, jumlah karyawati di perusahaan tersebut bertambah. Semula, hanya 24 persen saja karyawannya yang wanita, setelah Susan menjabat, presentasenya jadi 30 persen.

Susan memang dikenal gigih menyuarakan perlawanan terhadap diskriminasi gender di perusahaan-perusahaan teknologi, khususnya di Sillicon Valley, AS.

Perhatian sama work-life balance

Susan Wojcicki. (Facebook)
Susan Wojcicki. (Facebook)

Susan Wojcicki gak gila kerja. Ia juga amat mempertimbangkan keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi.

Itu terbukti dari kegigihannya dalam memperjuangkan kebijakan cuti hamil dibayar penuh. Lagipula, kalau dia gila kerja, gak mungkin banget kan kalau dia sampai punya lima anak dari pernikahannya dengan Dennis Troper.

Kekayaan Susan Wojcicki bertambah signifikan tiap tahun

Susan Wojcicki. (Shutterstock)
Susan Wojcicki. (Shutterstock)

Setahun setelah memegang jabatan puncak di Youtube, yakni pada tahun 2015, Susan diketahui memiliki kekayaan US$ 300 juta. Tahun 2016 dan 2017 berturut-turut meningkat menjadi US$ 350 dan US$ 410 juta.

Nah, pada tahun 2018 ini, kekayaan Susan dikabarkan sudah menyentuh angka US$ 480 juta atau 7,2 triliun Rupiah, meningkat 17 persen dari tahun sebelumnya.

Itulah sepak terjang karier Susan Wojcicki, sang CEO Youtube. Ibu lima anak ini masuk di peringkat 42 di daftar wanita terkaya Amerika tahun 2018. Tahun sebelumnya, ia di urutan ke-6 sebagai wanita paling berkuasa di dunia.

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.