Kartu Kredit Bisa Bikin Kamu Hemat dan Untung! Ini 6 Triknya

3 menit

Kartu kredit bagai pisau bermata dua. Salah penggunaan bisa bikin hidup terlilit utang dan penuh tekanan. Sebaliknya, penggunaan yang bijak bisa menjadikan kartu ini sebagai salah satu alat finansial yang tepat.

Sebagai pemegang kartu kredit, pengetahuan yang mumpuni wajib kamu miliki. Biar kondisi keuanganmu aman sejahtera, salah satu aturan yang wajib kamu patuhi adalah melunasi tagihan tepat waktu buat menghindari denda dan bunga yang gak perlu. Melunasi yah, bukan membayar minimum payment.

Selain itu, masih ada nih enam cara yang bisa kamu coba biar tetap hemat dan untung.

[Baca: Kartu Kredit Lebih dari Satu? Ternyata Ini Manfaat dan Risikonya]

1. Gunakan sebagai alat pembayaran, bukan alat utang

Kartu Kredit
Buat bayar yah, bukan buat ngutang (erply)

Walau kartumu memiliki limit transaksi sampai ratusan juta rupiah, tapi ingat itu bukan uangmu. Tanpa kendali diri, berbelanja dengan uang “orang” cuma bikin kamu terlilit utang.

Tanamkan di benakmu kalau kartu ini adalah alat pembayaran, bukan alat utang. Pemikiran seperti ini bikin kamu gak bakal membeli sesuatu di luar batas kemampuanmu. Artinya, saat kamu pengin membeli barang dengan kartu ini, pastikan kamu telah memiliki uang buat membayarnya.

2. Pantau dan pakai poin rewards

Salah satu fitur yang bisa membawa keuntungan adalah poin rewards. Kalau sering bertransaksi menggunakan kartu ini, secara gak langsung kamu sedang mengumpulkan poin. Poin ini nantinya bisa ditukar dengan berbagai penawaran yang menarik.

Setiap penerbit kartu punya kebijakannya sendiri dalam menentukan jenis dan jumlah poin rewards. Coba pantau di situs penerbit kartu yang kamu gunakan mengenai informasi poin rewards yang disediakan.

Bukan gak mungkin kamu bisa mendapatkan voucher belanja, promo hotel, sampai tiket perjalanan. Manfaatkan poinmu sebelum kedaluwarsa.

3. Manfaatkan diskon, promo, dan cashback

Kartu Kredit
eits, hati-hati tergiur promo yang gak perlu yah (Merdeka)

Gak sedikit merchant yang menjalin kerja sama dengan kartu kredit. Nah, biasanya mereka juga menawarkan berbagai promo melalui diskon hingga cashback dengan transaksi menggunakan kartu tersebut.

Sebelum membeli sesuatu, coba cek dulu tempat yang menawarkan promo sesuai kartumu. Misalnya, saat pengin nonton bareng pacar, bisa pakai promo pay 1 for 2 dari BCA credit card atau Buy 1 Get 1 + Free Paket Combo (Popcorn & Softdrink) dari CIMB Niaga credit card.  Lumayan kan, jadi hemat banyak.

Satu hal yang perlu diingat, gunakan mindset “cari promo sesuai kebutuhan”, bukan sebaliknya. Artinya, bukan menggunakan tiap promo yang ada, tapi gunakan promo cuma buat hal yang emang sedang dibutuhkan.

[Baca: Kartu Kredit: Gini Caranya Biar Gak Terjebak Surcharge 3 Persen]

4. Pilih jenis kartu yang gratis iuran tahunan

Gak cuma biaya cicilan bulanan, biaya administrasi tahunan juga gak asyik buat kondisi keuangan. Nah, jika kamu baru pengin mengajukan kartu kredit, sebaiknya pilih jenis kartu yang bebas iuran tahunan.

Saat ini udah banyak penerbit kartu yang membebaskan iuran tahunan. Kamu cuma perlu lebih jeli lihat syarat dan ketentuan yang berlaku pada tiap penerbit dan jenis kartu.

5. Hindari penggunaan tarik tunai

Kartu Kredit
Jangan tergoda tarik tunai kalau gak benar-benar perlu (Merdeka)

Fitur tarik tunai yang disediakan penerbit kartu memungkinkan kamu tarik dana tunai layaknya kartu debit. Walau tampak mudah dan praktis, tapi transasksi tarik tunai bisa jadi sumber masalah keuanganmu di masa depan.

Tarik tunai melalui kartu ini sama halnya dengan meminjam pada bank alias utang. Rata-rata bunga pinjaman ini gak bisa dibilang kecil. Kisaran bunga yang diberikan sebesar 2,25 persen per bulan atau bisa lebih tinggi dari itu.

Gak cuma bunga, bank juga mengenakan biaya khusus sekitar empat sampai lima persen dari total uang yang kamu tarik. Kalau emang ada kebutuhan mendesak, cari alternatif pinjaman bank lain selain fitur tarik tunai ini. Tapi, jika terpaksa menggunakan fitur ini, simulasikan dulu biaya yang perlu kamu sediakan ya.

6. Kenali keunggulan kartumu

Tiap jenis kartu biasanya memiliki aturan yang berbeda-beda. Bukan cuma limit, keunggulan tiap jenis kartu juga perlu kamu ketahui sebagai dasar pertimbangan.

Ada jenis kartu yang emang diciptakan khusus bagi mereka yang suka bepergian, seperti CIMB Niaga AirAsia Big Card atau Garuda-BNI Visa Signature Card. Ada pula jenis kartu yang berikan promo cashback seperti HSBC Platinum Cashback Card, yang cocok buat transaksi kebutuhan bulanan.

[Baca: Banyak Keuntungannya, Ini Dia Promo Kartu Kredit BCA di Tahun 2018]

Pahami dulu kebutuhanmu. Dengan gitu, kamu bisa memaksimalkan keistimewaan jenis kartumu dengan baik.

Pengin untung atau buntung, pilihannya ada di tanganmu sekarang. Bukan cuma terbebas dari utang, bijak menggunakan kartu “sakti” ini juga bikin kondisi keuanganmu lebih aman.

Kamu punya trik lain hemat dan untung pakai kartu kredit yang lebih jitu? Share  di kolom komentar ya.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!