Ini Lho Alasannya Kenapa Kartu Kredit Bisa Cetak Banyak Untung

4 menit
Berlibur pakai kartu kredit
Kartu kredit gak selamanya bikin kamu tekor, nyatanya ada untungnya juga lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak orang yang mempersepsikan punya kartu kredit itu bikin boros. Padahal, bisa aja yang terjadi malah sebaliknya. Keuangan kamu malah bisa untung berkat kartu kredit.

Masa sih kartu kredit bisa ciptakan untung? Beneran bisa kok. Kalau ada cerita yang mengatakan alat transaksi non-tunai yang satu ini bikin tekor, itu gara-gara si pemiliknya aja yang gak bisa kontrol pengeluarannya.

Dikit-dikit belanja, dikit-dikit bayar pakai kartu kredit. Gimana gak tekor coba? Makanya jangan buru-buru deh menganggap alat transaksi non-tunai ini gak ada untungnya buat keuangan. Apalagi, anggapan tersebut cuma didasarkan pada asumsi semata bukan berdasarkan fakta.

Baca juga: Bikin Natal Terasa Makin Spesial dengan Promo Kartu Kredit Ini

Nah, dalam ulasan kali ini, Moneysmart mau kasih tahu beberapa alasan kenapa kartu kredit bisa bikin kamu untung. Seperti apa ulasannya, disimak yuk yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Kartu kredit bisa bikin kamu gak keluarkan banyak uang belanja

Kartu kredit bisa bikin kamu gak keluarkan banyak uang belanja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lho, emangnya bisa begitu ya? Tentu aja bisa dong. Saat butuh barang yang ternyata harganya mahal, pasti kamu bakal pikir-pikir dulu.

Terus ujung-ujungnya menunda pembelian deh sampai uang terkumpul sesuai dengan harga barang tersebut. Soalnya kalau gak begini, uang yang keluar buat belanja begitu besar. Bisa-bisa ada kebutuhan yang mau gak mau ditiadakan agar bisa membeli barang tersebut.

Padahal, kamu sebenarnya bisa lho membayarnya dengan cara mencicil. Namun, gak sedikit orang yang ogah manfaatkan cara tersebut. Alasannya sih ada bunga yang dimasukkan ke dalam cicilan.

Baca juga: Pengin Untung? Kamu Perlu Ketahui Hal Ini Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BCA

Harus diakui metode pembayaran cicilan emang menyertakan bunga. Di kartu kredit pun juga begitu. Ada bunga sebesar 2,25 persen.

Walaupun ada bunga, bukan berarti kartu kredit selalu menyertakan bunga lho dalam cicilanya. Asal tahu aja nih, kamu bisa mendapat bunga 0 persen lho dari cicilan yang kamu bayar.

Udah gitu cicilan tanpa bunga ini berlakunya lama lho hingga 24 bulan. Kebayang dong gimana untungnya? Kamu gak usah menunda pembelian dan kumpulkan uang dulu. Sebab dengan kartu kredit, kamu bisa dapatkan barangnya saat itu juga.

Namun, ada syaratnya nih buat dapatkan bunga 0 persen. Selama kamu bayar cicilan tepat waktu dan gak pernah telat. Bunga 0 persen tetap berlaku. Kalau telat atau lakukan pembayaran minimum, cicilan kamu otomatis dikenakan bunga.

2. Bisa bikin iDeb SLIK OJK tetap bagus

Kamu yang punya kartu kredit bisa bikin iDeb SLIK OJK tetap bagus lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Rupanya kartu kredit punya peran dalam bikin iDeb tetap bagus lho. Buat kamu yang belum tahu, informasi debitur atau iDeb adalah catatan yang berisikan riwayat atau histori pembayaran cicilan. Itu berarti lancar atau macetnya pembayaran utang bisa diketahui dari iDeb.

Terus gimana kartu utang ini bisa bikin iDeb selalu bagus? Caranya, sering-sering gunakan alat pembayaran non-tunai ini. Dan jangan lupa selalu bayar cicilan tepat waktu alias jangan pernah telat.

Dengan begitu, iDeb kamu selalu diperbarui dari waktu ke waktu. Bank yang melihat iDeb kamu yang selalu update pastinya percaya dan cepat memproses pengajuan pinjamanmu.

Baca juga: Tanda Kartu Kredit Kamu Sudah Aman, Salah Satunya Dilengkapi Chip

Gak cuma mempertahankan iDeb tetap bagus, mencicil dengan kartu plastik ini juga bisa memperbaiki histori kredit kamu yang buruk. Misalnya aja kamu pada bulan tertentu telat bayar atau nunggak sehingga skor kredit jadi buruk karenanya.

Dengan gunakan kartu ini terus-terusan dan membayar cicilan tepat pada waktunya, lama-lama catatan skor tersebut tergeser dan tergantikan dengan skor kredit yang bagus.

3. Dengan kartu kredit, pembelian jumlah banyak bisa dilakukan lho

Dengan kartu kredit, pembelian jumlah banyak bisa dilakukan lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setiap kartu kredit punya limit yang besarannya berbeda-beda, tergantung dari kemampuan bayar atau gaji yang diterima pemilik kartu tiap bulan. Namun, besaran limit ini bisa meningkat. Itu berarti kamu bisa melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Misalnya aja kamu punya kartu kredit dengan limit Rp 5 juta. Karena kamu selalu menggunakan kartu kredit tiap kali transaksi, bank pun menaikkan limit kartumu menjadi Rp 10 juta. Kenaikan limit ini tentu aja membantu kamu buat membeli barang dalam jumlah banyak.

Walaupun menguntungkan, kamu harus tetap bijak menggunakannya. Manfaatkan limit yang besar itu dengan menghitung kemampuan bayar kamu juga. Maksimal 30 persen gaji kamu digunakan buat bayar cicilan kartu kredit tiap bulannya. Lebih dari itu, bisa berbahaya nanti.

4. Pengeluaran jadi lebih hemat

Selain itu pengeluaran kamu juga bisa hemat lho saat memiliki kartu ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setiap pengguna bakal mendapat keuntungan dari kartu yang digunakannya. Mulai dari diskon, cashback, reward points, hingga buy one get one free.

Keberadaan promo kartu kredit tersebut dapat bikin pengeluaran kamu jadi hemat lho. Seharusnya kamu bayar Rp 300 ribu, jadinya bayar Rp 200 ribu berkat kartu ini.

Apalagi promo ini selalu berganti-ganti. Malahan nih di event-event tertentu, promonya bisa menguntungkan banget. Kamu bisa nikmati diskon hingga 50 persen dengan kartu ini. Kebayang dong gimana untungnya belanja dapat diskon?

5. Dapat pinjaman dengan bunga yang terjangkau

Dapat pinjaman dengan bunga yang terjangkau lho saat kamu punya kartu ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak orang yang mengeluhkan sulitnya mereka mendapat pinjaman. Berbeda dengan pengguna kartu sakti ini, mereka lebih mudah buat dapat kucuran dana pinjaman.

Sebagai informasi, salah satu pertimbangan pinjaman tanpa agunan atau KTA bisa disetujui karena iDeb yang bagus. Di sinilah pengguna kartu berlabelkan Visa diuntungkan. Selama mereka bayar cicilan tepat waktu, iDeb mereka bakal selalu bagus dan pinjaman pun mudah mereka dapat.

Apalagi ada pinjaman yang dikhususkan buat pengguna kartu kredit. Mulai dari Mandiri Power Cash, Dana Tunai Kartu Kredit BRI, Citibank Ready Credit, hingga Mega Cash Line.

Sampai di sini udah tahu dong kenapa kartu ini bisa ciptakan untung? Asalkan digunakan dengan benar dan bijak, kartu sakti ini bisa beri kamu segudang manfaat. Jadi, jangan ragu lagi deh buat gunakan kartu ini!

Buat pemakaian kartu sakti dari bank mana aja, kamu juga mesti berhati-hati jangan sampai kalap, apalagi tagihan membengkak dan jadi utang yang gak karuan. Intinya, kamu mesti punya prinsip hidup hemat dan pintar gimana mengatur keuangan buat sehari-hari. (Editor: Mahardian Prawira). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan