Gak Mau Raih Keuntungan Kartu Kredit Itu-Itu Aja? Maksimalkan Pakai Cara Ini

3 menit
Cara maksimalkan keuntungan kartu kredit (Shutterstock)

Menggunakan kartu kredit beri banyak keuntungan, lho. Mulai dari bayar tagihan dengan bunga 0 persen, hingga pemberian diskon atau cashback dalam setiap melakukan transaksi.

Keuntungan-keuntungan itulah yang kemudian membuat banyak orang kepincut memiliki kartu kredit. Hitung-hitung, keuntungan-keuntungan tersebut dapat menghemat pengeluaran.

Meski memberi kemudahan dan meminimalkan pengeluaran, faktanya masih ada aja yang gagal memanfaatkannya. Ujung-ujungnya mereka berkesimpulan alat pembayaran nontunai ini bikin keuangan jadi boros.

Untuk kamu yang pengin memiliki kartu ini, ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui buat memaksimalkan keuntungan-keuntungan alat pembayaran nontunai ini. Dikutip dari Forbes, berikut cara-caranya:

1. Pilih kartu kredit yang kamu banget

Kartu kredit
Kartu kredit

Salah satu pertimbangan dalam memilih kartu kredit adalah kamu harus tahu betul apa yang pengin didapatkan dari alat pembayaran nontunai ini. Kalau bingung, kamu bisa mulai dari keuntungan-keuntungan apa yang diharapkan.

Misalnya, kamu kepengin kartu dengan annual fee Rp 0 alias tanpa iuran tahunan. Pilihan kartu yang paling mungkin kamu ajukan adalah kartu kredit CIMB Niaga, yaitu CIMB Niaga Classic, CIMB Niaga Gold, dan CIMB Niaga Platinum.

Lain cerita kalau kamu dapat kartu yang iuran tahunannya sebesar Rp 200 ribuan. Niat awal kamu yang mau meminimalkan pengeluaran jadi gagal gara-gara bayar iuran tahunan.

Baca juga: Biar Untung Maksimal! Pahami Hal Ini Dulu Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BNI

2. Ajukan kartu kredit yang tawarkan keuntungan lebih

Mengajukan kartu kredit
Mengajukan kartu kredit

Rata-rata bank penerbit memberi tawaran keuntungan kartu kredit yang kurang lebih sama. Namun, keuntungan yang diberikan tersebut secara spesifik berbeda.

Maksudnya berbeda di sini, ada kartu yang menguntungkan buat dining. Ada juga kartu yang menguntungkan kalau digunakan buat traveling.

Di sinilah kamu harus cari tahu lebih banyak kemudian memilih dengan jeli kartu mana yang menawarkan beberapa keuntungan sekaligus.

Kalau harus punya dua kartu demi mengejar keuntungan-keuntungan tersebut, pilihlah kartu yang memberi iuran tahunan kecil.

Baca juga: Ini Keuntungan-keuntungannya Bayar Kartu Kredit Tepat Waktu

3. Rutin lakukan transaksi setiap bulan

Rutin lakukan transaksi kartu kredit
Rutin lakukan transaksi kartu kredit

Begitu punya kartu kredit, jangan dianggurkan. Rutin transaksi dengan kartu tiap bulan bikin history kredit di iDeb dapat skor yang bagus.

Sekadar diketahui, skor kredit yang bagus bakal membantu kamu nantinya dalam mengajukan pinjaman ke bank. Pasalnya, skor kredit menjadi pertimbangan bank buat menyetujui atau menolak aplikasi pengajuan kredit.

Selain itu, keuntungan-keuntungan kartu, semisal rewards atau cashback bermanfaat banget untuk menghemat belanja rutin bulanan. Itulah kenapa transaksi dengan kartu dianjurkan buat pemenuhan kebutuhan-kebutuhan bulanan.

Biar gak kebablasan, batasi transaksi maksimal 30 persen penghasilanmu. Jangan mengacu pada limit kartu kredit. Sebab bisa bikin kamu berpotensi melakukan pembayaran minimum. Ujung-ujungnya karena gak bayar full, tagihan kamu jadinya kena bunga.

4. Miliki yang memberi keuntungan kalau rutin digunakan

Kartu kredit
Kartu kredit

Terkait poin nomor tiga, cari dan dapatkan kartu kredit yang beri keuntungan buat belanja rutin bulanan. Pasalnya, belanja rutin bulanan biasanya berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan pokok tiap bulan, carilah kartu yang menawarkan keuntungan tersebut.

Misalnya, kamu terbiasa belanja di Hypermart. Kamu bisa memilih kartu Mandiri Visa Hypermart Card buat belanja kebutuhan rutin tiap bulan.

Pasalnya, kartu tersebut punya penawaran keuntungan yang berlaku tiap hari, seperti diskon 20% buat Value Plus dan Produk Fresh yang berlaku dari hari Senin – Kamis.

Seperti itulah cara-cara yang bisa kamu gunakan buat maksimalkan keuntungan-keuntungan dari menggunakan kartu kredit. Semoga informasi di atas membantu dan bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan