Kartu Kredit Bisa Selamatkan Kantong Kamu! Lakukan Ini Dulu

3 menit
Meraih keuntungan memakai kartu kredit
Meraih keuntungan memakai kartu kredit (Shutterstock)

Ada yang bilang, punya kartu kredit gak memberikan keuntungan sama sekali. Pengeluaran jadi lebih besar, dan tiap bulan selalu dibayangi utang.

Gak salah sih kalau beranggapan begitu. Namun, satu hal yang harus diingat, kartu kredit itu sebenarnya bertujuan untuk memudahkan kamu bertransaksi. Dan, terpenting kamu bisa beli barang yang dibutuhkan tanpa harus mengorbankan kebutuhan lainnya.

Selain itu, banyak keuntungan lain yang bisa kamu nikmati. Misalnya, pemberian promo belanja dan rewards, hingga mengambil cicilan dengan bunga 0 persen.

Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, menggunakan kartu kredit bisa menghemat pengeluaranmu. Sayangnya, banyak yang gak menikmati keuntungan-keuntungan tersebut.

Supaya benar-benar bisa merasakan keuntungan-keuntungan tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Dijamin, kartu kredit yang kamu gunakan bakal kasih untung.

Apa aja tips-tipsnya? Yuk, simak ulasannya seperti dikutip dari The Simple Dollar:

1. Bayar penuh tagihan setiap jatuh tempo

Membayar tagihan kartu kredit
Membayar tagihan kartu kredit

Selama kamu masih sanggup membayar penuh tagihan, kenapa mesti dicicil sedikit-sedikit?

Bayar cicilan seperti biasanya sama aja kamu membayar tagihan plus bunga 2,25 persen tiap bulannya.

Hal ini tentu aja gak menguntungkan, kecuali kamu mencicil tagihan yang kebetulan bunganya 0 persen seperti mencicil pembayaran smartphone. Makanya sangat disarankan buat melunasi tagihan dengan membayar penuh, dan tanpa ditunda-tunda.

Baca juga: Pilih Apply Kartu Kredit Langsung di Bank Atau Online, Ini Perbedaannya

2. Selalu bayar sebelum jatuh tempo

Bayar kartu kredit sebelum jatuh tempo
Bayar kartu kredit sebelum jatuh tempo

Bukan cuma menanggung bunga, telat bayar tagihan kartu kredit juga bisa menambah beban cicilan yang kamu harus lunasi. Pasalnya, ada denda yang dikenakan buat pengguna yang telat membayar tagihan.

Sekadar diketahui, rata-rata denda keterlambatan yang diberlakukan bank penerbit terhadap pengguna kartu kredit sebesar 3 persen atau maksimal Rp 150 ribu.

Lumayan juga kan kalau harus menambah uang Rp 150 ribu gara-gara gak bayar tepat pada waktunya.

Karena itu, alangkah baiknya pembayaran tagihan dilakukan sebelum jatuh tempo. Dengan begitu, gak ada cerita transaksi dengan alat pembayaran nontunai sama sekali gak menguntungkan.

Baca juga: Jangan Abaikan 4 Hal Ini Kalau Ingin Pengajuan Kartu Kreditmu Dikabulkan

3. Rutin cek tagihan 

Rutin cek tagihan kartu kredit
Rutin cek tagihan kartu kredit

Dengan mengawasi pemakaiannya, kamu bisa mengontrol hingga sebaiknya menggunakan kartu kredit. Pengawasan pemakaian kartu bisa kamu lakukan dengan secara rutin cek tagihannya.

Berikut, beberapa cara yang bisa dilakukan buat cek tagihan alat pembayaran nontunai:

  • Cek tagihan dengan akses nomor *141#
  • Cek lewat internet banking.
  • Cek lewat mobile banking.
  • Cek dengan hubungi call center.

Tinggal dipilih aja mana cara yang cocok kamu gunakan. Baiknya nih kamu cek tagihannya setiap seminggu sekali.

4. Selalu ingat limit dan bayar tagihan kurang dari 30 persen gaji

Ingat limit saat memakai kartu kredit
Ingat limit saat memakai kartu kredit

Dalam menggunakan kartu kredit, kamu harus tahu berapa besar limit yang diterima. Transaksikan kartumu selama masih berada dalam limit. Ada baiknya sih penggunaannya kurang dari limit yang ditentukan.

Sekadar diketahui, pemakaian kartu yang melebihi limit bakal membebani tagihanmu lho. Gak cuma utang plus bunganya yang kamu tanggung, tapi juga biaya overlimit yang dikenakan bank penerbit.

Rata-rata biaya overlimit yang berlaku sebesar Rp 50 ribu. Kalau sampai tanggung biaya overlimit, mustahil ada cerita untung transaksi dengan kartu satu ini.

Kamu juga harus memastikan kalau besaran tagihan kartu kurang dari 30 persen gaji. Pasalnya, yang aman buat keuangan membayar cicilan atau tagihan utang maksimal 30 persen gaji. Lebih dari itu, nantinya keuangan bisa gak sehat.

Sampai sini, kamu udah tahu dong tips-tips agar kartu ini menguntungkan. Jadi, tinggal diterapkan aja, dan rasakan keuntungan yang sebenarnya. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!