Perlukah Kamu Memiliki Kartu Kredit? Pertimbangkan 4 Hal Ini

3 menit
Pakai kartu kredit, pertimbangkan hal-hal ini
Pakai kartu kredit, pertimbangkan hal-hal ini (Shutterstock)

Cukup banyak orang yang bingung dengan pertanyaan, apakah perlu kartu kredit atau gak. Meski begitu, ada juga yang gak ambil pusing, kemudian cepat-cepat mengajukan permohonan tanpa pertimbangan sana-sini.

Tentu aja, terburu-buru mengambil keputusan, apalagi yang ada hubungannya dengan urusan finansial gak dianjurkan sama sekali. Pasalnya, salah sedikit aja bisa fatal akibatnya nanti. Terlebih, keputusan yang diambil menyangkut penggunaan kartu kredit.

Kembali lagi ke pertanyaan, apakah perlu menggunakan kartu kredit atau gak, ada baiknya kamu pertimbangkan hal-hal berikut ini.

Kalau dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, kamu perlu punya alat transaksi, kenapa harus ragu buat mengambilnya?

Pengin tahu apa aja yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan kartu ini? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut:

1. Punya rencana ambil pinjaman

Punya rencana ambil pinjaman
Punya rencana ambil pinjaman

Apa hubungannya kartu kredit dengan pengajuan pinjaman? Rupanya, pemakaian kartu kredit berpengaruh pada riwayat kredit di informasi debitur atau iDeb. Nah, iDeb inilah yang bikin pengajuan pinjaman bakal disetujui atau ditolak bank.

Asal tahu aja, salah satu pertimbangan bank menyetujui atau menolak aplikasi pengajuan pinjaman adalah melihat bagus atau buruknya skor kredit. Bertransaksi dengan kartu ini bisa membuat riwayat kredit jadi bagus.

Selama pembayaran tagihan kartu selalu lancar dan tepat waktu, selama itu pula riwayat kredit baik-baik aja.

Sekadar diketahui, lancar atau macetnya pembayaran tagihan tercermin dari skor kredit di iDeb. Kalau lancar, skornya bagus. Sebaliknya, kalau macet, skornya buruk.

Gimana caranya buat tahu skor kredit bagus atau buruk? Kamu bisa melakukan pengecekan iDeb lewat layanan SLIK OJK. Dalam iDeb, termuat skor-skor kredit, yaitu:

  • Kualitas 1 atau lancar bayar tagihan.
  • Kualitas 2 atau dalam perhatian khusus karena menunggak selama 1 – 90 hari.
  • Kualitas 3 atau kredit kurang lancar karena menunggak selama 91 – 120 hari.
  • Kualitas 4 atau diragukan karena menunggak selama 121 – 180 hari.
  • Kualitas 5 atau macet karena menunggak selama lebih dari 180 hari.

2. Berencana mau hemat pengeluaran

Berencana mau menghemat pengeluaran
Berencana mau menghemat pengeluaran

Masa iya kartu kredit bisa hemat pengeluaran? Terbukti, ada orang-orang yang tekor tuh gara-gara transaksi pakai kartu.

Faktanya nih, emang ada orang-orang yang boros karena penggunaan kartu kredit. Namun, bukan berarti perilaku jelek tersebut dilakukan semua pengguna kartu ya. Ada juga kok yang diuntungkan karena memiliki kartu satu ini.

Pada dasarnya, alat transaksi nontunai ini didesain untuk memudahkan orang-orang melakukan pembayaran. Lambat laun, manfaatnya bertambah, seperti adanya promo diskon, cashback, reward, hingga promo-promo lain.

Dari sekian banyak promo yang ditawarkan, promo yang paling menguntungkan adalah cicilan bunga 0 persen.

Bayangkan deh betapa untungnya bisa bayar cicilan selama 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan tanpa bunga sama sekali. Keuntungan tersebut bisa ditemukan dalam kartu kredit.

Karena itu, gak usah ragu lagi deh transaksi dengan kartu. Pasalnya, pengeluaran kamu bisa jadi hemat karena promo-promo yang ditawarkan.

Baca juga: Utang Kartu Kredit Menumpuk? Setop Sementara Waktu dengan Cara Ini

3. Cari solusi saat darurat? Kartu kredit bisa diandalkan

Saat darurat kartu kredit bisa diandalkan
Saat darurat kartu kredit bisa diandalkan

Terkadang, ada aja situasi yang memaksa kita buat mengeluarkan banyak uang. Misalnya, pembelian kulkas baru karena yang lama terus bocor.

Sebenarnya, situasi di atas bisa diatasi dengan menggunakan dana darurat. Namun, kalau ada solusi lain tanpa harus menggunakan dana darurat, kenapa gak?

Nah, solusi pengganti dana darurat tersebut bisa kamu temukan dalam kartu ini. Kulkas baru yang kamu inginkan bisa terbeli tanpa perlu memakai dana darurat.

Lagipula, transaksi dengan kartu bisa lebih hemat lho karena ada diskon dan cicilan bunga 0 persen.

Baca juga: Biar Gak Tekor! Ketahui Biaya-Biaya Apa Aja di Kartu Kredit

4. Alat transaksi yang bisa diandalkan saat bepergian selain kartu debit

Alat transaksi yang bisa diandalkan saat bepergian selain kartu debit
Alat transaksi yang bisa diandalkan saat bepergian selain kartu debit

Selain uang cash, kartu debit menjadi alat pembayaran yang gak boleh ketinggalan saat bepergian. Namun, kalau pengin hemat pengeluaran ketika berpergian, kartu kredit jawabannya.

Di kartu kredit, ada yang namanya program mileage. Pemilik kartu diuntungkan dengan adanya program ini. Pasalnya, mereka bisa terbang gratis dengan memanfaatkan program tersebut.

Selain itu, pengeluaran selama berpergian bisa ditekan dengan adanya promo-promo, baik di restoran atau promo menginap di hotel. Tentu aja kamu diuntungkan dengan adanya promo-promo tersebut.

Itulah pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan ambil kartu kredit. Kalau ada beberapa yang sama dengan yang kamu pikirkan, itu tandanya kamu perlu kartu kredit.

Sebaliknya, gak usah ajukan kartu kredit kalau pertimbangan-pertimbangan di atas belum kamu pikirkan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!