Segera Lakukan Hal-hal Ini Deh Kalau sampai Alami Pembobolan Kartu Kredit

4 menit
Segera Lakukan Hal-hal Ini Deh Kalau sampai Alami Pembobolan Kartu Kredit, (Ilustrasi/Pixabay).

Siapa sih yang gak panik dan kesal saat kartu kredit miliknya dibobol? Pastinya semua pemilik kartu mendadak kacau perasaannya begitu tahu kartu kreditnya disalahgunakan.

Bisa dimaklumi sih kenapa tampang pemilik kartu kelihatan gelisah akibat kejadian pembobolan kartu kredit ini. Pastinya mereka khawatir seandainya kartunya dipakai buat hal-hal yang melanggar aturan hukum. Kalau hal buruk tersebut sampai terjadi, bakalan repot nih nantinya.

Namun, daripada panik gak berkesudahan terus berpikir yang gak-gak, lebih baik lakukan langkah-langkah jitu ini buat mengamankan kartu kredit yang dibobol.

Baca juga: Ini Lho Alasannya Kenapa Kartu Kredit Bisa Cetak Banyak Untung

Emang sih bicara itu mudah karena gak merasakan. Namun, gimana pun juga dalam menghadapi masalah, kamu harus tenang terlebih dahulu. Nah, apa aja langkah-langkah mengamankan kartu kredit yang dibobol? Berikut ini langkah-langkahnya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id di bawah ini: 

1. Hubungi segera call center bank penerbit kartu

Hubungi segera call center bank penerbit kartu, (Ilustrasi/Pixabay).

Sama seperti kehilangan kartu debit, hal yang dilakukan pertama kali ketika kartu kredit dibobol adalah segera hubungi call center bank penerbit kartu. Langkah ini penting dilakukan agar petugas call center dapat mengambil tindakan pemblokiran kartu kredit.

Selain menginformasikan dibobolnya kartu kredit milikmu, beri tahu juga riwayat transaksi terakhir yang kamu lakukan. Sebab informasi yang kamu berikan tersebut bisa membantu bank buat menemukan transaksi mencurigakan yang sama sekali gak kamu lakukan.

Baca juga: Bikin Natal Terasa Makin Spesial dengan Promo Kartu Kredit Ini

Kamu bakal lebih mudah mengumpulkan informasi riwayat transaksimu dengan mengecek notifikasi yang dikirim lewat email ataupun SMS.

2. Punya mobile banking? Gunakan fitur blokir kartu

Punya mobile banking? Gunakan fitur blokir kartu, (Ilustrasi/Pixabay).

Di beberapa mobile banking tersedia fitur yang dapat digunakan buat blokir kartu kredit. Kalau kamu punya mobile banking, gunakan segera fitur blokir kartu tersebut saat tahu kartu dibobol.

Memanfaatkan mobile banking justru lebih memudahkan kamu dalam lakukan pemblokiran. Sebab kamu gak perlu harus menunggu seperti menunggu panggilan kamu dijawab petugas call center.

Baca juga: Pengin Untung? Kamu Perlu Ketahui Hal Ini Sebelum Ambil Cicilan Kartu Kredit BCA

Dengan adanya kecanggihan teknologi, gak ada salahnya kok kamu mulai melek dengan yang serba digital nih. Karena dalam keadaan darurat seperti ini sangat penting banget lho.

3. Minta penggantian kartu yang hilang

Minta penggantian kartu yang hilang, (Ilustrasi/Pixabay).

Setelah kartu kredit hilang benar-benar udah terblokir, hal yang selanjutnya kamu lakukan adalah meminta penggantian kartu. Kamu dapat meminta penggantian kartu dengan mendatangi bank, menelepon, ataupun mengajukan penggantian secara online.

Ada biaya yang dikenakan nantinya buat penggantian kartu ini, yaitu sekitar Rp 75 ribu. Umumnya biaya yang mesti kamu bayar itu bakal dibebankan dalam tagihan kartu.

Begitu udah dapat kartu kredit, lakukan aktivasi kartu dan bikin PIN baru. Usahakan PIN dibikin nanti gak sama dengan PIN kartu sebelumnya. Kamu bisa melakukan aktivasi kartu dan bikin PIN baru di internet banking ataupun mobile banking.

4. Bikin laporan ke polisi

Bikin laporan ke kantor polisi saat kartu kredit kamu dibobol, (Ilustrasi/Pixabay).

Gak sedikit yang ogah-ogahan bikin laporan kehilangan kartu ini ke polisi. Salah satu alasannya adalah gak ada waktu buat melaporkannya.

Padahal, bikin laporan ke polisi itu penting lho. Soalnya hal siapa pun pastinya bakal mengalami kejadian pembobolan kartu sakti kalian. Apalagi ternyata gak cuma kamu doang yang mengalami, tapi orang-orang di luar sana juga mengalami kejadian yang sama dengan kamu.

Kalau udah begini kejadiannya, udah masuk perbuatan kriminal yang amat meresahkan dan harus secepatnya ditindak tuh. Asal tahu aja, laporan yang kamu bikin bisa membantu banyak orang agar gak terkena aksi kejahatan pembobolan ini.

Ini alasan pentingnya segera melaporkan pembobolan kartu kredit

Ini alasan pentingnya segera melaporkan pembobolan kartu kredit, (Ilustrasi/Pixabay).

Banyak yang bilang sekarang ini keamanan kartu Visa lebih baik dari sebelumnya. Sebab buat menggunakan kartu, kamu memerlukan PIN dan One Time Password (OTP).

Namun, namanya aksi kejahatan, hal-hal yang gak diinginkan bisa aja terjadi. Bisa aja dengan kecanggihannya, si penjahat pada akhirnya dapat menggunakan kartu milikmu.

Kalau ini sampai terjadi, kamu nantinya yang dirugikan. Kebayang dong gimana kamu harus menanggung beban tagihan yang gak pernah kamu lakukan sama sekali? Repotnya lagi nih seandainya tagihan tersebut gak dibayar, iDeb kamu yang nantinya kena dampak buruknya.

Seandainya iDeb memburuk, bisa-bisa kamu kesulitan nantinya buat mengajukan pinjaman atau kredit. Makanya inilah kenapa penting sekali buat bikin laporan pembobolan kartu kredit. (Editor: Mahardian Prawira). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan