Kartu Kredit Hilang? Jangan Panik! Segera Lakukan 5 Cara Mudah Ini

3 menit
Kartu Kredit Hilang (Shutterstock).

Hal pertama begitu kamu menyadari kartu kredit hilang, pasti kepanikan yang luar biasa. Bagaimana tidak, pasalnya kartu tersebut sangat rentan disalahgunakan oleh orang lain. Bayang-bayang kartu kredit jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab pun akan selalu menghantui.

Kalau sampai kartu kredit itu jatuh ke tangan orang yang salah, limit kamu tentu akan terkuras. Sedangkan kamu harus menelan kerugian yaitu membayar tagihan demi tagihan akibat perbuatan orang tersebut. Gak mau kan seperti itu?

Nah, daripada kamu terus-terusan panik tanpa berbuat apapun, lebih baik lakukan hal ini. Melansir laman Liputan 6 berikut lima cara yang bisa kamu lakukan setelah kehilangan kartu kredit. 

Baca juga: Biar Gak Nyesal, Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Lakukan Tarik Tunai Kartu Kredit BNI

1. Mengingat kembali tujuan bepergian hari itu

Kartu Kredit Hilang
Transaksi dengan credit card (Shutterstock).

Hal pertama pastinya kamu harus mengingat kembali kemana saja lokasi yang didatangi. Urut satu persatu agar memudahkan kamu merinci kemana saja menggunakan kartu kredit tersebut sebagai alat pembayaran. 

Atau malah, bisa jadi kartu itu jatuh dari saku celana. Jika kamu kembali merunut ke jalan yang telah dilewati, barangkali kartu tersebut masih ada disana. Datangi sekali lagi tempat tersebut, manakala kamu bisa menemukannya. 

2. Mengingat setiap transaksi

Kartu Kredit Hilang
Mengingat setiap transaksi dengan kartu (Shutterstock).

Coba ingat-ingat kembali kamu menggunakan kartu kredit tersebut untuk transaksi apa saja. Dengan begitu bisa kamu runut satu-satu, dan kemudian menelepon pusat perbelanjaan apakah melihat kartu tersebut jatuh atau tertinggal. 

Bisa juga kamu mendatangi gerai merchant yang terakhir kali dikunjungi. Siapa tahu kartu kredit kamu memang tertinggal di sana.

Baca juga: Bisa Kena Skimming, Jangan Gunakan Kartu Kredit dan Debit Kamu di 4 Tempat Ini

3. Telepon Bank

Kartu Kredit Hilang
Segera telepon bank (Shutterstock).

Jika dua cara di atas sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, segera telepon bank penerbit kartu kredit. Laporkan kalau kartu kreditmu hilang sehingga bank bisa memproses pemblokirannya. 

Hal ini tentu untuk mencegah hal tidak diinginkan terjadi. Jika tidak dengan segera melaporkannya, takut banyak transaksi yang sudah dilakukan orang jahat terhadap kartumu itu. 

4. Ajukan kartu kredit baru

Kartu Kredit Hilang
Ajukan pembuatan kartu baru (Shutterstock).

Kamu perlu mengajukan pembuatan kartu kredit baru. Pembuatan kartu kredit baru bisa dilakukan di bank penerbit lama. Kamu wajib mengisi kembali formulir pendaftaran dan melengkapi syarat pembuatan tersebut. Sama ketika kamu baru saja membuatnya untuk pertama kalinya. 

5. Tenang

Kartu Kredit Hilang
Tetap tenang apapun masalah yang dihadapi (Shutterstock).

Jika segala sesuatu dilakukan dengan tenang, pasti semua akan berjalan lancar. Panik memang saat mengetahui kartu kredit hilang. Apalagi jika sudah ada transaksi yang dilakukan oleh orang yang menemukan kartumu itu. 

Tetapi anggap saja ini teguran atas kecerobohan dalam menyimpan kartu kredit. Daripada kamu panik berkepanjangan, ada baiknya diselesaikan pelan, tenang dan hati-hati. 

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi kartu kredit hilang. Ke depannya kamu harus lebih berhati-hati lagi ya dalam menyimpan alat pembayaran, jika kejadian seperti ini gak ingin terulang. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be