Sama Beri Kemudahan, Enaknya Transaksi Pakai Kartu Kredit atau Debit Ya?

4 menit
Pilih mana kartu kredit atau kartu debit buat transaksi kamu?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pilih kartu kredit atau kartu debit ya? Buat kamu yang biasa transaksi, pastinya pernah menggunakan salah satu alat pembayaran nontunai tersebut.

Keduanya emang didesain buat memudahkan banyak orang dalam bertransaksi. Apalagi sekarang ini banyak orang cenderung menyukai kecepatan dan kepraktisan dalam menyelesaikan urusan apa aja, termasuk buat urusan transaksi.

Baca juga: Jangan Abaikan 4 Hal Ini Kalau Ingin Pengajuan Kartu Kreditmu Dikabulkan

Walaupun keduanya sama-sama kartu plastik yang menawarkan transaksi nontunai, keduanya punya perbedaan dari fitur hingga keunggulannya.

Biar gak bingung mau pilih yang mana, Moneysmart.id udah bikin perbandingannya nih. Seperti apa? Yuk, disimak ulasannya.

Kartu kredit: transaksi dulu, bayar belakangan

Kartu kredit: transaksi dulu, bayar belakangan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa pun tentunya udah tahu kalau kartu kredit itu membolehkan pemiliknya transaksi dulu terus bayarnya belakangan. Intinya, dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa berutang dulu.

Urusan bayar belanjaan atau transaksi biar jadi tanggung jawab bank penyedia kartu kredit. Tentu aja nantinya kamu harus mengganti transaksi yang udah dibayarkan bank pada waktu yang udah disepakati.

Namun, menggunakan kartu kredit juga ada batasnya lho ya. Setiap kartu kredit memiliki limit yang besarannya disesuaikan dengan kondisi finansial si pemilik kartu. Singkatnya, gaji si pemilik kartu kredit menentukan besarnya limit kartu yang didapat.

Makin besar gaji si pemilik kartu, makin besar juga limit kartu yang didapat. Makanya ada pemilik kartu yang bisa transaksi dalam jumlah besar dengan kartu berlabelkan visa atau nama akrabnya CC (red: credit card). Itu karena limit kartunya yang nilainya besar.

Baca juga: Jangan Sampai Dibilang Kuper, Ini yang Perlu Kamu Tahu dari CVV Kartu Kredit

Terus selama menggunakan kartu sakti ini, kolektibilitas kredit kamu mau gak mau dipertaruhkan. Kalau pembayaran tagihan lancar atau gak pernah menunggak, kolektibilitas kredit terjaga baik. Sebaliknya, kolektibilitas kredit memburuk gara-gara menunggak pembayaran tagihan.

Asal tahu aja nih, kolektibilitas kredit menjadi salah satu pertimbangan bank dalam menyetujui atau menolak pengajuan kredit atau pinjaman. Jadi, pengajuan pinjaman bakal disetujui kalau kolektibilitas kredit terjaga baik.

Lalu apa keunggulan dari kartu kredit?

  • Kartu kredit bisa bikin bank percaya sama kamu. Sebab selama kamu selalu lancar bayar tagihan, selama itu pula kolektibilitas kredit tetap bagus. Di sinilah bank yakin dan mau menyetujui pengajuan kredit darimu.
  • Kamu bisa mencicil dengan bunga 0 persen dengan kartu kredit. Pastinya keunggulan ini bisa bantu kamu dalam memenuhi kebutuhan dengan cepat tanpa perlu mengumpulkan uang dulu.
  • Keuntungan-keuntungan, seperti poin, cashback, diskon, tiket nonton gratis, hingga tiket pesawat gratis, bisa kamu nikmati apabila transaksi pakai kartu kredit.
  • Bisa dengan mudah mengajukan pinjaman. Apalagi beberapa bank menyediakan program pinjaman buat pemilik kartu.

Kartu debit: suksesnya transaksi tergantung saldo rekening

Kartu debit: suksesnya transaksi tergantung saldo rekening, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak seperti kartu kredit yang bisa utang, kartu debit bisa digunakan buat transaksi asalkan saldo di rekening tabungan mencukupi. Jadi, kamu bisa melakukan transaksi senilai Rp 3 juta kalau di rekening ada saldo lebih dari Rp 3 juta.

Baca juga: Gak Nyangka Keuntungan-Keuntungan Kartu Kredit Ini Bisa Bikin Rugi Juga

Di sinilah transaksi bisa dikontrol sebab sukses atau gagalnya transaksi ditentukan saldo rekening milikmu. Gak sedikit yang bilang, pakai kartu sakti ini cukup membantu supaya belanja gak berlebihan.

Apa aja keungggulan dari kartu debit?

  • Kartu debit punya fungsi yang sama dengan kartu kredit. Alat pembayaran nontunai ini bisa dipakai buat bayar belanjaan dan tagihan.
  • Memakai kartu debit buat transaksi bikin kamu mempertimbangkan matang-matang sebelum melakukan transaksi.
  • Kamu gak perlu berutang dengan pakai kartu debit. Jadi, transaksi yang kamu lakukan langsung selesai saat itu juga.
  • Ada tawaran promo kalau transaksi dengan kartu debit. Namun, promo ini gak sebanyak promo kartu kredit.
  • Dengan kartu debit, penarikan tunai di ATM gak dikenai biaya sama sekali.

Enaknya transaksi pakai kartu kredit atau kartu debit?

Enaknya transaksi pakai kartu kredit atau kartu debit?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kedua alat pembayaran di atas sama-sama memberi kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan dalam bertransaksi. Jadi, keduanya sama-sama menawarkan efisiensi.

Seperti yang dijelaskan di atas, keduanya berbeda dalam metode transaksi. Kamu bisa mencicil dengan kartu visa, tapi gak dengan kartu debit.

Walaupun keduanya sama-sama mengenakan biaya administrasi, ada kartu visa tertentu yang gak mengharuskan pembayaran biaya tahunan atau annual fee. Beda dengan kartu debit yang tiap bulannya mengutip biaya administrasi.

Jadi, lebih baik dua-duanya atau salah satu aja?

Jadi, lebih baik dua-duanya atau salah satu aja?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Boleh-boleh aja menggunakan keduanya. Asalkan kamu gak terbebani dengan biaya administrasi kedua kartu tersebut.

Khusus kartu visa atau kredit, kamu mesti pastikan benar-benar kalau kartu ini membantu banget dalam pemenuhan kebutuhan. Jangan sampai kamu ajukan kartu ini cuma buat gengsi semata.

Sebab seperti yang udah disinggung sebelumnya, bertransaksi dengan kartu kredit sama aja dengan berutang. Walaupun bisa dapat bunga 0 persen, bukan berarti bunga tersebut bakal selamanya 0 persen.

Bunga tersebut bisa berubah jadi 2,25 persen seandainya kamu telat bayar tagihan. Belum lagi kolektibilitas kredit jadi buruk nantinya karena telat hingga pembayaran tagihan yang macet. Inilah kenapa jangan asal ajukan kredit tanpa dipikir-pikir dulu.

Buat kamu emang bingung gimana memilihnya, ada baiknya coba deh mempertimbangkan pilih kartu mana yang emang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kamu hanya melihat keuntungan semata dari salah satu kartu tersebut, tapi nanti malah bikin pusing alias banyak utang.

Udah mau tahun 2019, ada baiknya lebih bijak dalam mengatur keuangan kamu. Apalagi dalam penggunaan metode transaksi pembayaran. (Editor: Mahardian Prawira).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan