Karyawan AS Harus Kerja 21 Ribu Tahun Buat Nandingin Kekayaan Jeff Bezos, Indonesia Gimana?

3 menit
jeff bezos
Jeff Bezos (Page Six)

Kekayaan Jeff Bezos sebagai orang paling tajir di muka bumi memang tidak tertandingi. Terlebih lagi bagi rakyat Amerika Serikat (AS) yang memiliki penghasilan seadanya.

Berdasarkan data dari Quartz (14/10/2019) seperti dikutip dari Wartaekonomi.co.id, pendapatan tahunan rakyat AS pada tahun 2018 berada di angka US$ 46.800. Dengan begitu, untuk menghasilkan uang sebesar US$ 1 miliar saja mereka membutuhkan waktu lebih dari 21 ribu tahun.

Itu merupakan waktu yang super lama dan terdengar tak masuk akal. Pasalnya, saat ini harta Bezos terus bertambah dan saat ini mencapai Rp 1.600 triliun.

Bagi rata-rata karyawan di AS dengan gaji tersebut di atas, dibutuhkan hampir 2,8 juta tahun untuk menyamakan duit Bezos itu. Bahkan, masih dengan asumsi gaji mereka utuh, tidak dibelanjakan untuk apapun.

Kendati demikian, tidak semua rakyat AS mendapatkan gaji rata-rata. Karyawan Amazon sendiri pendapatan terendahnya hanya US$ 31.200 per tahun. Untuk mendapatkan uang senilai harta Bezos, mereka perlu bekerja selama 4,15 miliar tahun.

Investasi saham merupakan salah satu instrumen penting buat memastikan kesejahteraan di masa depan. Mungkin kalau kamu masih berpikiran masa depan hanya bisa didapat melalui tabungan doang, coba sekali-kali berkecimpung di dunia saham.

Keuntungan yang didapat dari berinvestasi saham dinilai sangat menggiurkan, meskipun kerugiannya juga tinggi. Tapi banyak saja yang menjadikannya pilihan utama buat menabung jangka panjang.

Saham kadang menjadi salah satu strategi dan cara terjitu buat mencapai kesuksesan dengan cepat, asalkan tahu tips dan triknya. Menjadi lebih sukses lewat saham sering dilakukan oleh orang-orang kaya di dunia termasuk Jeff Bezos.

Bos Amazon tersebut tidak serta merta membuang hartanya yang bernilai lebih dari Rp 2 kuadriliun, tapi ia juga mengalokasikannya untuk investasi saham. Kemana saja uang itu mengalir?

Baca juga: Gak Muda atau Tua! Ini 4 Orang Terkaya di Indonesia yang Usianya 40 Tahun

1. Jeff Bezos investasi saham ke perusahaan EverFi

EverFi merupakan perusahaan yang dananya dapat dari Jeff Bezos, (i2.wp.com).

Pria berkepala plontos itu pada tahun 2017 silam telah menginvestasikan US$ 190 juta atau Rp 2,7 triliunan buat perusahaan EverFi. Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa pendidikan keuangan, namun berbasis teknologi.

Baca juga: Wow! Ini 5 Mobil Sport Mahal Milik Jeff Bezos Orang Terkaya di Dunia

2. General Assembly

General Assembly merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan, (builtinchicago.org).

Jeff Bezos ternyata memiliki ketertarikan terhadap dunia pendidikan. Pada tahun 2011, ia menginvestasikan uang yang dimilikinya ke sekolah General Assembly dengan total dana US$ 4,5 juta atau Rp 65 miliar. General Assembly merupakan lembaga pendidikan swasta di Amerika Serikat yang berfokus kepada bidang studi ekonomi dan bisnis.

Baca juga: Serba-serbi Perceraian Termahal Jeff Bezos Bikin MacKenzie Jadi Wanita Terkaya

3. MakerBot

MakerBot merupakan perusahaan percetakan yang didanai oleh Jeff, (Ilustrasi/Shutterstock).

Orang terkaya di dunia ini pada tahun 2011 memutuskan investasi saham ke perusahaan percetakan MakerBot. Yang menarik perhatian Jeff pada perusahaan ini, karena MakerBot mampu memperkenalkan mesin percetakan 3D pertama di dunia. Maka gak heran kalau uang yang digelontorkannya terbilang fantastis, yaitu US$ 10 juta atau Rp 144 miliaran.

4. NextDoor

Nextdoor merupakan perusahaan hasil investasi Jeff Bezos, (Ilustrasi/Shutterstock).

NextDoor merupakan startup asal Amerika Serikat yang diluncurkan pada tahun 2008 silam. Startup ini merupakan platform media sosial namun hanya difungsikan buat kamu dan komunitas di perumahan.

Di situ para pengguna bisa dengan bebas berbagi informasi tentang kejadian-kejadian di seputar lingkungannya seperti peliharaan hilang hingga lowongan pekerjaan. Jeff Bezos pada tahun 2013 telah memberikan pendanaan Seri B.

5. Airbnb

Airbnb salah satu perusahaan yang Jeff Bezos tanamkan saham, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu pasti sudah gak asing lagi sama perusahaan ini, apalagi kalau kamu seorang traveler. Perusahaan yang menyediakan layanan penyewaan kamar ini didirikan pada tahun 2008 di San Francisco. Jeff Bezos telah investasi saham di perusahaan ini sebesar US$ 112 juta atau Rp 1,6 triliunan. Insting bisnisnya itu tepat, karena kini Airbnb sudah populer di lebih dari 81.000 kota di 191 negara.

6. Grail

Jeff juga melakukan investasi di perusahaan Grail yang bergerak dibidang kesehatan, (glassdoor.com).

Jeff gak melulu tertarik di dunia teknologi, tapi ia juga tertarik untuk investasi di dunia kesehatan, salah satunya perusahaan Grail. Grail adalah perusahaan konsultan kesehatan yang memiliki tujuan buat mendeteksi kanker sedini mungkin. Pada tahun 2016, Jeff Bezos menginvestasikan uang yang fantastis sebesar US$ 100 juta atau Rp 1,4 triliunan.

7. Uber

Investasi di perusahaan Uber juga dilakukan oleh Jeff Bezos nih, gak heran kalau uangnya banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa sangka kalau dibalik keberhasilannya, perusahaan transportasi berbasis online ini juga disokong oleh Jeff Bezos. Jeff menyuntikkan dananya sebesar US$ 37 juta atau Rp 535 miliar pada tahun 2011 silam.

8. Fundbox

Fundbox salah satu bentuk investasi Jeff Bezos, (creditsuite.com).

Kebutuhan akan pendanaan bagi para pengusaha atau startup membuat menjamurnya bisnis fintech. Fintech yang paling dicari tentu yang menawarkan kemudahan kredit, aman, dan juga cepat. Nah di tahun 2015, Jeff Bezos memutuskan investasi  ke perusahaan fintech Fundbox, dengan total dana yang digelontorkan mencapai US$ 50 juta atau Rp 723 miliaran.

Itu tadi 8 perusahaan yang menjadi pilihan Jeff Bezos dalam investasi saham. Sebenarnya masih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang mendapatkan suntikan dana darinya. Pelajaran yang bisa dipetik adalah, jangan takut buat  berinvestasi saham, asalkan mengetahui tips dan triknya, kalian pasti akan mendapatkan banyak keuntungan. Berbagai tips dan trik menabung saham bisa didapatkan di artikel-artikel MoneySmart lainnya.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati