Banner ImageBanner Image

Kalahkan Baby Boomers, Investor Indonesia Paling Banyak Kaum Milenial

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Kesadaran akan pentingnya memiliki investasi mulai dimiliki oleh generasi muda atau yang dikenal dengan sebutan generasi milenial. 

Generasi yang lahir antara tahun 1982 sampai 2000 di Indonesia mulai menjadikan investasi sebagai salah satu faktor penting dalam membangun kehidupan.

Hal ini tercermin dari investor ritel yang membeli surat utang negara (SUN) pada Januari 2019 lalu didominasi oleh generasi milenial.

Pada awal tahun ini, pemerintah telah melakukan penjualan SUN ritel yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR005 kepada investor individu secara online.

Penjualan surat utang yang ditutup 24 Januari 2019 itu memperlihatkan tingginya minat milenial dengan rentang usia 19 hingga 39 tahun.

“Dari segi jumlah investornya, generasi Z (di bawah 19 tahun) itu 0,04 persen. Generasi milenial itu luar biasa 50,6 persen di pembeli SBR kita kemarin di Januari. Generasi X itu 27 persen, baby boomers 19,9 persen,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman di Jakarta.

Luky mengatakan, hal ini sesuai dengan target pemerintah yang ingin menjaring generasi muda sebagai investor surat utang yang diterbitkan oleh negara.

“Jadi ini sesuai dengan target pembeli kita lebih banyak lagi basis investor khususnya menjaring generasi milenial sebagai potensial investor. Dari segi volume dia kecil tapi dari segi jumlah orangnya lebih dari 50 persen,” ujarnya.

Adapun, total investor ritel yang membeli surat utang SBR005 sekitar 16.966 atau hampir menyentuh angka 17.000 investor yang mana separuh lebih adalah generasi milenial.

Generasi Tua, Rajai Nilai Transaksi

Akan tetapi, meskipun secara jumlah generasi milenial paling banyak membeli surat utang. Namun jika dilihat dari volume transaksi surat utang tersebut masih didominasi generasi baby boomers yaitu kelahiran 1946-1965.

Sedangkan generasi Z sebesar 0,11 persen, generasi milenial 16,74 persen, dan generasi X 35 persen. Hal ini disebabkan, tingkat pendapatan dan kepemilikan aset masih lebih tinggi angkatan baby boomers dibandingkan generasi milenial.

Baby boomers di atas 55 tahun itu kurang lebih 42 persen. Dari segi volume tetap yang punya duit itu generasi baby boomers. Dia masih paling besar tapi dari segi orangnya paling banyak milenial,” pungkasnya.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan