Mau Pintar Beneran dan Sukses seperti Bob Sadino? Ikuti 8 Petuahnya Ini

3 menit
Bob Sadino (FB Bob Sadino)

Kata Bob Sadino soal membangun bisnis memang kerap menusuk dan nyelekit. Tapi, banyak sekali nilai positif yang bisa didapat dari omongan beliau, termasuk kata soal kepintaran.

Kata-kata yang diutarakan beliau memang pas buat kamu yang pengin punya usaha. Pasalnya, ucapan itu merupakan fakta yang terjadi di lapangan, tapi seringkali kita hiraukan.

Menjelang tahun 2019, ada baiknya menyimak kata mutiara dari mendiang pengusaha legendaris satu ini. Tapi, tentu saja yang erat kaitannya dengan “kecerdasan” atau “kepintaran”.

Predikat “pintar” bukan hanya soal kapasitas otak mumpuni saja, tapi tentang kecerdasan (intelligence).

Pasti semua orang mau dong jadi lebih pintar atau cerdas dengan harapan bisa sukses di masa yang akan datang?

Untuk mewujudkannya, gimana kalau kita mendengarkan terlebih dahulu kata Bob Sadino soal kepintaran dan kecerdasan ini. Berikut, ulasan lengkapnya:

Orang pintar raih ijazah, orang bodoh cari uang

“Orang pintar belajar keras untuk mendapatkan ijazah dan secepat mungkin melamar pekerjaan. Orang bodoh berjuang keras secepatnya mendapatkan uang, agar bisa membayar pelamar kerja.”

Kata Bob Sadino, orang pintar berlomba-lomba dapat ijazah biar bisa kerja. Tapi, orang bodoh berjuang keras buat dapat uang. Kira-kira kamu tim yang mana nih?

Bekerja memang untuk hidup. Ijazah memang bisa membuat kita moncer melamar kerja, namun modal ijazah saja tentunya gak akan berguna, bukan?

Gimana kalau pada akhirnya kamu memutuskan untuk berbisnis, apakah ijazah itu bakal penting?

Orang pintar gengsi gagal, orang bodoh kalahkan hambatan

“Orang pintar merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang bodoh seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.”

Apakah kamu termasuk orang yang gengsi ketika mengalami kegagalan? Kata Bob Sadino, hal itu gak baik lho untuk diteruskan.

Gagal berbisnis bukan berarti gak bakat bisnis. Mungkin saja kamu salah langkah, dan ketika kamu sudah tahu cara memperbaikinya, kamu justru bisa bangkit layaknya pengusaha sukses.

Orang pintar jadi bodoh campur adukkan keuangan pribadi

“Seorang pintar sekalipun tetap berperilaku bodoh dengan mencampuradukkan keuangan pribadi dan perusahaan.”

Kalau yang ini sih pasti orang pintar, tapi gak bener. Ini adalah pengusaha yang bakal jadi calon bangkrut di masa depan.

Yang namanya keuangan bisnis sudah pasti gak boleh dicampur adukkan dengan usaha. Kalau begitu kenyataannya, ya jangan ngeyel kalau tiba-tiba rugi.

Orang pintar abaikan prioritas, orang bodoh prioritaskan yang mengancam bisnis

“Orang pintar sering sok tahu dengan mengerjakan dan memutuskan banyak hal dalam waktu sekaligus, sehingga prioritas terabaikan. Sedangkan bagi orang bodoh, yang paling mengancam bisnisnyalah yang akan dijadikan prioritas.”

Sambil menyelam minum air, sambil berbisnis masih kerja di kantor. Mungkin itulah yang dimaksud almarhum Om Bob Sadino.

Inti dari kata Bob Sadino di atas adalah, bagaimanapun juga ketika kamu terjun ke dunia bisnis ya bisnismulah yang jadi prioritas. Bukan yang lain!

So, memang gak ada istilah kerja sambil bisnis di kamus Om Bob. Namun, setujukah kamu dengan yang satu ini?

Orang pintar lupakan penjualan, orang bodoh pentingkan produk terjual

“Orang pintar menganggap sudah mengetahui banyak hal, tetapi seringkali melupakan penjualan. Orang bodoh berpikir simpel, yang penting produknya terjual.”

Hal yang berkaitan dengan pemasaran atau promosi memang terkadang membuat penjualan kurang mendapatkan perhatian. Aktivitas itu juga gak jarang menyedot biaya perusahaanmu.

Tapi, ingat lho, inti dari berbisnis ya jualan. Kamu kan bukan lembaga sosial.

Orang pintar suka berpikiran negatif soal bisnis, orang bodoh kebalikannya

“Orang pintar yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.”

Ini lucu, tapi sekaligus menohok. Pada intinya, terlalu banyak informasi memang membuat kita jadi kaya ilmu. Tapi, di sisi lain, hal itu kerap membuat kita terlalu banyak masukan.

Om Bob mengingatkan kita untuk gak usah pikir panjang dalam mendirikan usaha. Ketika analisanya sudah oke, segera jalankan.

Orang pintar punya banyak ide, kebalikannya orang bodoh

“Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan.“

Maksud kata Bob Sadino di atas, gak jarang orang-orang pintar di dunia ini yang bersifat “nafsu kuda tenaga ayam”. Ketika membicarakan ide semangat banget, tapi ketika diminta praktek ya akhirnya gak ada satu pun yang dijalankan.

Menjalankan sebuah ide itu memang jauh lebih berat ketimbang mencari ide usaha. Coba deh kalau gak percaya.

Orang pintar belajar keras, orang bodoh berjuang keras

“Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses agar bisa bayar pelamar kerja.”

Ini adalah kata mutiara om Bob yang paling banyak diketahui orang karena sangat nyeleneh. Tapi pesan moralnya memang sangat kena di hati.

Intinya, gak sedikit orang yang menyibukkan diri buat ngelamar kerja. Padahal, banyak sekali peluang usaha yang bisa dia lakoni, dan membuatnya jadi kaya. Setuju gak?

Hanya saja, Om Bob menggunakan kata orang pintar dan orang goblok biar kalimatnya jadi nyelekit. Kira-kira kesindir gak sama perkataan Om Bob yang satu ini?

Itulah delapan kata kata Bob Sadino soal orang pintar yang patut kamu resapi jika ingin sukses tahun 2019.

Ngomong-ngomong, gak pada baper kan dengar kata-kata dari almarhum Bob Sadino? Moga-moga kamu bisa sukses kayak beliau ya. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.