Kobarkan Semangat Berbisnis Pengusaha! Begini Kata-kata Bijak Cak Nun

4 menit
Kobarkan Semangat Berbisnis Pengusaha! Begini Kata-kata Bijak Cak Nun, (Instagram/@caknunquotes).

Banyak kata-kata bijak Cak Nun yang bisa kita jadikan inspirasi buat menajalankan hidup. Seniman, sastrawan, dan tokoh agama yang satu ini memang kerap memberikan pemikiran-pemikirannya yang adem namun humoris. Kata-kata bijak Cak Nun juga pas nih buat orang yang berprofesi pengusaha.

Muhammad Ainun Nadjib atau biasa dikenal Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun adalah seorang tokoh intelektual berkebangsaan Indonesia yang mengusung napas Islami. Cak Nun merupakan salah satu tokoh yang cukup digandrungi oleh banyak orang. Setiap acara pengajian atau ceramah yang digelarnya selalu ramai dikunjungi jemaah.

Bahkan di media sosial sekalipun, ceramah-ceramahnya selalu mendapatkan respons yang positif. Materi yang dibawakannya juga ringan dan selalu menyejukkan yang mendengarkannya dengan mengangkat tema inti tentang kehidupan.

Apa yang diucapkannya bisa langsung memberikan inspirasi dan harapan bagi seluruh golongan. Bisa buat para pekerja, anak muda, bahkan pengusaha sekalipun.

Gaya bahasanya juga sangat mudah dicerna, maklum aja ia merupakan salah satu penyair yang udah malang melintang di luar negeri. Bahkan saat era kepresidenan Soeharto jatuh, Cak Nun salah satu orang yang sempat diundang dan dimintai pendapatnya.

Nah, kali ini, kita mau merangkum 7 kata-kata bijak Cak Nun yang cocok dijadikan inspirasi oleh para pengusaha agar lebih sukses lagi dalam menjalankan bisnisnya. Meskipun gitu, dalam kata-kata bijaknya, Cak Nun menyelipkan juga agar kamu yang menekuni profesi pengusaha buat menyenangkan diri sendiri. Makin penasaran ya kan?

Baca juga: Dulu 10 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Merangkak dari Nol, Sekarang Jadi Menteri

1. “Orang boleh salah, agar dengan demikian ia berpeluang menemukan kebenaran dengan proses autentiknya sendiri”

Kata-kata bijak cak nun
Cak Nun dikenal dengan banyak nasihatnya ke para petinggi negara ini, (Caknun.com).

Kalimat bijak Cak Nun yang pertama ini cocok banget buat kamu pengusaha pemula. Kata-kata ini mengandung motivasi bahwa kesalahan atau kegagalan adalah hal yang wajar di kehidupan.

Jangan jadikan kegagalan sebagai sebuah penyesalan, tapi jadikan kegagalan sebagai gerbang buat menemukan jalan ke keberhasilan. Banyak pengusaha apalagi yang masih pemula takut akan kegagalan.

Padahal, kegagalan itu merupakan sarana yang tepat buat belajar dan menggapai kesuksesan kelak. Jadi jangan takut gagal ya! Kalau gagal, atau salah, cari jalan keluarnya sendiri berdasarkan pengalaman yang kamu punya.

Baca juga: Boleh Baper Baca 5 Kata Bijak Soal Cinta dari Orang Tajir dan Sukses di Dunia Ini

2. “Sesekali menyepilah, supaya kamu benar-benar bisa mendengar apa yang menjadi isi dari keramaian”

kata-kata bijak cak nun
Cak Nun udah lama dirinya banyak dimintai nasihat dari petinggi negara di Indonesia, (caknun.com).

Gak baik bila kamu terus-terusan menyibukkan diri dengan urusan pekerjaan. Meski itu adalah cara terbaik buat  meraih kesuksesan, tapi perlu ada keseimbangan dalam hidup.

Gak ada salahnya buat sesekali menarik diri dari dunia bisnismu, salah satu caranya adalah dengan liburan.  Liburan diharapkan bisa membuatmu lebih cepat dalam menyelesaikan masalah, sekaligus membuat pikiran lebih fresh.

Baca juga: 3 Langkah Bijak Kelola Uang THR Demi Masa Depan yang Lebih Sejahtera

3. “Ibarat pedagang, harus siap rugi, bukan siap dapat laba”

kata-kata bijak cak nun
Cak Nun dikenal salah satu tokoh intelektual Indonesia, (caknun.com).

Kalimat bijak Cak Nun yang satu ini mengajarkan kita buat selalu siap sedia. Gak salah sih membayangkan hal-hal yang baik, tapi jangan sampai terlena.

Ada baiknya selalu siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk, kalau dalam konteks pengusaha, berarti kamu harus siap-siap merugi.

Ketika memiliki sikap tersebut, artinya kamu gak gampang puas dan terus berusaha buat mencapai yang terbaik. Karena rasa puas kadang bisa menghambat keberhasilanmu ke depan.

4. “Tidak boleh putus asa kawan, hidup memang begini, walaupun licin harus dipanjat”

kata-kata bijak cak nun
Jangan pernah putus asa dalam mengerjakan apapun itu, (caknun.com).

Dunia bisnis memang gak semudah yang dibayangkan, pasti ada jatuh bangun yang harus siap dihadapi para pengusaha. Kadang rugi, kadang untung, kadang rugi lagi, kadang untung lagi, itulah yang bakal dihadapi.

Mendapati kondisi seperti itu bisa bikin pengusaha cepat menyerah. Padahal itu adalah fase yang wajar yang harus dilewati bagi kebanyakan orang dalam menjalani hidup, salah satunya saat memutuskan menjadi pengusaha. Setelah melewatinya dijamin kamu bakal meraih kesuksesan yang sesungguhnya. Intinya sih jangan pantang menyerah deh!

5. “Kebenaran dan kesabaran itu jodoh, kamu tidak bisa menyangga kebenaran tanpa kesabaran, pun sebaliknya”

kata-kata bijak cak nun
Jujur dan sabar salah satu kunci kesuksesan, (Caknun.com).

Kata-kata bijak Cak Nun yang ini mengajarkan kita buat selalu mengingat bahwa jalan kesuksesan itu bisa ditempuh dengan kebenaran dan kesabaran. Kalau kamu hanya jujur saja tapi gak sabaran, mungkin kesuksesan susah kamu capai.

Begitu pula sebaliknya, kalau kamu cuma modal sabar tapi gak jujur, bisa jadi kamu gak pernah mencapai kesuksesan.

6. “Bersama kesulitan ada kemudahan, demikian pula bersama kemudahan juga ada kesulitan”

kata-kata bijak cak nun
Jangan pernah menyerah dalam melakukan apapun, (caknun.com).

Sebagai pengusaha kamu jangan gampang menyerah, tapi juga jangan mudah terlena atau puas. Ketika sedang dihadapkan dengan bertubi-tubi masalah, yang harus kamu lakukan adalah tetap berusaha karena dibalik masalah tersebut selalu ada jalan keluarnya.

Sebaliknya, ketika kondisi kamu tengah berada di masa-masa tenang gak ada hambatan dalam menjalankan bisnis, jangan mudah terlena, persiapkan segala kemungkinan buruk yang akan datang.

Itulah enam kata-kata bijak Cak Nun yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam menjalankan usaha. Semoga saja bisa membantumu meraih kesuksesan ke depannya. Boleh bekerja keras demi mengejar cita-cita dan kesuksesan, namun namanya keseimbangan hidup itu perlu lho! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan