Kata Mereka yang Pernah Gagal Berkali-Kali, tapi Kemudian Raih Kesuksesan

3 menit
Kata-Kata Motivasi dari Orang Sukses yang Dulunya Gagal (Shutterstock).

Selama ini masih banyak orang yang menganggap kegagalan sebagai akhir dari segalanya. Kalau kamu adalah salah satu dari orang yang punya anggapan tersebut, itu tandanya kamu perlu kata-kata motivasi lho.

Asal tahu aja nih, cukup banyak lho orang-orang dulunya pernah gagal kemudian bangkit dan menjadi orang sukses. Sikap pantang menyerah dan terus berusaha bikin mereka bisa selangkah demi selangkah maju dan meraih kesuksesan.

Pola pikir yang memandang kegagalan sebagai akhir dari segalanya udah seharusnya diubah. Pandanglah kegagalan itu sebagai kesempatan buat belajar dan tumbuh.

Berikut ini adalah kata-kata motivasi dari mereka yang pernah gagal, tapi kini jadi orang sukses. Apa aja? Yuk, disimak.

1. “Semua impian kita bisa jadi kenyataan kalau kita punya keberanian buat mengejarnya.” – Walt Disney

Walt Disney (Shutterstock).

Kata-kata motivasi itulah yang diyakini Walt Disney hingga akhirnya ia berhasil mendirikan perusahaan media dan hiburan The Walt Disney Company. Dulunya Walt Disney pernah merasakan seperti apa kegagalan itu.

Ia pernah dipecat dari pekerjaannya sebagai editor surat kabar gara-gara idenya gak bagus dan gak memiliki imajinasi. Disney juga pernah gagal total menjalankan perusahaan. Ia mengalami kebangkrutan karena ditipu rekan bisnisnya.

Namun, semua itu gak lantas bikin Disney putus asa dan enggan buat menjalankan usaha lagi. Dengan memunculkan karakter Mickey Mouse, Disney bangkit kembali dari keterpurukan.

Karya-karya animasinya yang berfokus pada karakter Mickey Mouse ternyata disukai banyak orang. Karya-karyanya pun laris manis dan mencetak banyak untung. Perlahan-lahan bisnis Disney pun berkembang hingga membangun taman hiburan.

2. “Jangan pernah berkecil hati jika kamu gagal. Belajarlah dari situ dan terus mencoba” – Thomas Edison

Thomas Edison (Shutterstock).

Thomas Edison adalah contoh dari orang yang gagal berkali-kali, tapi tetap terus berusaha hingga berhasil. Kata-kata motivasi di atas adalah cerminan dari sikapnya yang gak pernah lelah melakukan eksperimen demi menghasilkan suatu ciptaan yang bermanfaat.

Pernah kebayang gak kalau kamu melakukan percobaan 10 ribu kali banyaknya? Itulah yang dilakukan Thomas Edison sebelum akhirnya ia menemukan lampu pijar.

Sekali gagal, dua kali gagal, Edison tetap terus mencoba dan mencoba. Ia berjuang keras dan mengorbankan banyak hal. Sekalipun ada yang memandang remeh usahanya, itu bukanlah jadi penghalang buat dirinya mewujudkan impiannya.

3. “Ketakutan akan kegagalan gak boleh jadi alasan buat gak mencoba sesuatu.” – Fred Smith

Frederick W. Smith

Sebagai pendiri perusahaan pengantar barang FedEx, Fred Smith tahu gimana rasanya pernah gagal. Lulusan Yale University tahun 1965 ini menghadapi situasi di mana perusahaan yang dijalankannya setelah tiga tahun berada di ambang kebangkrutan.

Alih-alih lebih baik menutup perusahaan, Fred Smith justru tetap mempertahankannya. Uniknya nih cara yang dipilih Fred Smith terbilang gak biasa.

Uang perusahaan yang tersisa digunakannya buat bermain judi di Las Vegas. Rupanya ia memenangkan permainan Blackjack dan dengan uang kemenangannya tersebut, ia menyelamatkan perusahaannya dari kebangkrutan.

Benar-benar terbukti kata-kata motivasi yang pernah diucapkannya. “Ketakutan akan kegagalan gak boleh jadi alasan buat gak mencoba sesuatu.”

4. “Kalau kamu gak menyukainya, kamu bakal gagal.” – Steve Jobs

Steve Jobs (Shutterstock).

Steve Jobs bisa sukses karena ia menyukai apa yang selama ini dikerjakannya. Bayangkan deh kalau Jobs ogah-ogahan mengembangkan idenya buat menciptakan Apple? Gak pernah ada tuh cerita Macbook atau iPhone yang hits banget dipakai orang-orang.

Ia memilih fokus merealisasikan idenya bikin komputer di bawah bendera Apple ketimbang meneruskan kuliahnya hingga lulus. Ia membiarkan dirinya gagal kuliah sampai akhirnya ia drop out alias DO dari bangku kuliahnya.

Gak cuma itu. Saat Apple lagi masa-masa jayanya, Steve Jobs dipecat dari perusahaan yang didirikannya sendiri tahun 1984 karena perselisihan.

Namun, lepas dari Apple, Jobs malah membangun kesuksesan lainnya dengan mendirikan perusahaan IT bernama NeXT Computer. Melalui NeXT Computer, Jobs kemudian membeli studio animasi Pixar.

Kesukaannya pada dunia teknologi yang bikin Steve Jobs melahirkan kesuksesan. Seperti kata-kata motivasi di atas, Jobs menyukai apa yang dilakukannya dan menekuninya sampai ia pun akhirnya sukses.

Itulah kata-kata motivasi dari orang-orang sukses yang dulunya pernah gagal. Gak putus asa dan terus berusaha, mereka sukses mewujudkan impian mereka. Salut deh! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan