Banner ImageBanner Image

Gak Cuma Kocak! 6 Pantun Betawi Ini Bakar Semangat Kerja Biar Kaya

3 menit

Untuk kamu yang lagi malas kerja atau kurang motivasi buat sukses, kata-kata motivasi dari orang Betawi ini mungkin bakal membantumu.

Yap! Kadang kala motivasi gak harus berbentuk quotes yang terukir dalam kata-kata manis. Justru kata-kata motivasi yang kocak bikin kamu lebih bersemangat buat kerja lagi. Siapa tahu aja sukses kayak Si Doel Anak Betawi.

Nah, kata-kata motivasi orang Betawi tersebut ternyata sering tertuang dalam pantun-pantun mereka. Apalagi, pantun merupakan salah satu budaya paling khas dari masyarakat Betawi.

Pantun-pantun tersebut bahkan sering disampaikan dalam berbagai acara penting dalam adat Betawi. Contoh, saat melamar calon istri, menikah, dan lain-lain. Sering kali pula syair pantun tersebut memiliki kalimat kocak dan disampaikan dengan nada blak-blakan.

Sekarang jangan malas-malasan lagi dong. Yuk, simak kata-kata motivasi ala pantun orang Betawi berikut.

Ikan sepat ada di kali

Diserok, eh malah kena duri

Ngaku ente orang Betawi?

Kalo iye pantun dimari

Yuk!

1. Kata-kata motivasi buat semangat kerja

Pantun satu ini mengajak kamu buat kerja keras bila pengin dapat nilai bagus buat pekerjaan kamu saat ini. Yap! Dalam dunia kerja, gampang kok buat dapat pujian. Kamu gak perlu menjilat tetapi cukup semangat bekerja aja.

Gampang, kan?

2. Berani menjawab tantangan

 

Sebenarnya pantun satu ini sering kali diucapkan buat acara tertentu. Salah satu adalah saat acara lamaran buat meminang sang kekasih. Pantun ini digunakan buat balasan pantun dari pihak keluarga si perempuan.

Meski digunakan buat acara tersebut, pesan dari pantun Betawi ini sangat bagus banget buat motivasi kerja.

Saat ada tantangan tertentu, ada baiknya kamu gak ciut. Justru kamu harus berani menjawab tantangan tersebut. Biar ada perlawanan gitu!

3. Rezeki datang karena kerja

 

Orang sering bilang rezeki gak bakal ke mana. Namun, rezeki gak bakal datang gitu aja, lho. Kamu harus lakukan sesuatu biar rezeki datang. Cara paling gampang adalah rajin dan mau bekerja.

4. Tambah koneksi pertemanan

 

Kebanyakan orang kaya ternyata punya koneksi atau jaringan yang sangat luas buat bantu melebarkan sayap usaha mereka. Nah, kamu pun begitu.

Ada baiknya buat ramah dan gampang mengobrol dengan orang lain. Soft-skill tersebut bakal berguna banget buat karier maupun bisnis. Bukan berarti kolusi atau nepotisme lho!

5. Punya perencanaan keuangan yang baik

 

Kata-kata motivasi dari pantun Betawi satu ini mengajarkan kamu buat gak ngutang. Yap! Apalagi buat utang konsumtif.

Punya perencanaan keuangan yang baik bakal bikin kamu lebih cepat kaya. Sebab, kamu bisa bikin plan buat punya aset berharga dan paling penting.

Bila kamu terus-terusan mengutang apalagi buat kebutuhan konsumtif yang gak bakal kasih keuntungan, gaji kamu bakal terus-terusan habis juga. Gimana mau ngumpulin dana buat wujudin impian kamu buat jadi orang kaya?

6. Biar lelah harus tetap bersemangat

 

Mau capai dan penat gimanapun, ada baiknya buat tetap semangat. Jangan langsung menyerah dong! Yang namanya bekerja dan pengin sukses apalagi kaya pasti butuh usaha ekstra.

Gimana, udah semangat lagi belum?

Semoga kata-kata motivasi yang tertuang dalam pantun Betawi di atas bisa bikin kamu semangat kerja lagi ya! Jangan lupa buat melestarikan budaya bangsa, salah satunya lewat pantun Betawi seperti ini. (Editor: Chaerunnisa)

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong