Mau Sukses Jadi Pemimpin Bisnis? Ini 4 Tips dari CEO Berkekayaan Rp 210 Miliar

4 menit
Mau Sukses Jadi Pemimpin Bisnis? Ini 4 Tips dari CEO Berkekayaan Rp 210 Miliar!, (Instagram/@danielgrieder).

Butuh kata-kata motivasi sukses yang bikin kamu mudah jadi pemimpin yang baik? Belajarlah dari Daniel Grieder yang gak lain bos dari Tommy Hilfiger.

Gak semua orang tahu siapa itu Grieder, tapi pasti kamu tahu produk perusahaan yang kini tengah ia pimpin? Pria yang udah berkecimpung di dunia fashion ini adalah CEO PVH dan Tommy Hilfiger. PVH sendiri merupakan perusahaan induk Calvin Klein, Van Heusen, hingga Izod, sebuah merek pakaian yang cukup dikenal masyarakat.

Sejauh ini, Grieder lah yang membantu Tommy Hilfiger berevolusi menjadi salah satu brand pakaian yang mendunia. Dan di era kepemimpinannya, merek pakaian ini hadir di 100 negara dengan 1.800 lebih outlet. Penjualannya di tahun 2017 pun mencapai Rp 1.036 triliun! Dan sebagai pimpinan perusahaan, Grieder sendiri berkekayaan Rp 210 miliar.

Pengin tahu lebih lanjut soal kata-kata motivasi sukses yang bisa jadi penyemangat buat karier atau usaha mu? Simak saja yuk ulasannya di bawah sini yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

Baca juga: Ini Lho yang Jadi Sumber Motivasi Banyak Pebisnis Sukses agar Moncer Bisnisnya

1. Gak perlu takut untuk bersaing

Daniel Grieder posisi tengah dengan rekan-rekannya, (Instagram/@danielgrieder).

Kisah dari PVH, perusahaan yang dipimpin oleh Daniel Grieder emang cukup unik. Grieder membesarkan perusahaan ini ditengah munculnya brand-brand pakaian top di Amerika Serikat.

Grieder justru gak pernah takut buat bersaing dengan para raksasa yang udah merajai pasar. PVH justru mencari cara buat bisa mengungguli mereka dalam beberapa hal, sebut aja dalam menangani konsumen.

Pada intinya, di dunia yang penuh kompetisi ini, pelajarilah apa yang dilakukan oleh para kompetitor dan lakukan dengan cara yang lebih baik dari mereka.

Ingat lho, ini adalah persaingan. Gak perlu takut buat menantang pesaing mu yang udah lebih lama berkecimpung di dunia bisnis.

Baca juga: Dari Nol Jadi Berharta, Ini Deretan Film yang Memotivasi agar Sukses!

2. Prioritaskanlah para karyawan

Kata-kata motivasi sukses dari bos Tommy Hilfiger adalah prioritaskan para karyawan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin ini adalah kata-kata motivasi sukses yang semestinya dianut oleh para petinggi perusahaan. Kamu pun wajib mengaplikasikannya di masa yang akan datang ketika udah menjadi atasan atau pemilik usaha.

Saat Grieder diminta buat mendesain kantor pusat PVH, dirinya justru membiarkan para desainer di outlet brand pakaian PVH buat mendesainnya. Ia juga meminta para karyawan buat menyumbang ide mendesain kantor tersebut. Dan alhasil, terciptalah sebuah tempat kerja yang sangat nyaman bagi para karyawan.

Pada intinya karyawan adalah segalanya, sama seperti halnya konsumen. Kita mungkin gak bisa merealisasikan apa tuntutan mereka, namun ketika kita bisa menjadi pendengar yang baik tentunya bakal sangat berguna buat mereka.

Baca juga: Para Pecinta Kopi, Petik Motivasi Kesuksesan dari Lezatnya Secangkir Kopi

3. Percayalah pada tim

Percaya ke tim kerja kamu merupakan salah satu motivasi sukses bos Tommy Hilfiger, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika kamu menjadi seorang pemimpin, kinerja mu bakal semakin baik saat seluruh anggota tim yang kamu pimpin percaya padamu. Begitu pun sebaliknya lho.

Grieder memiliki seorang juru masak buat perusahaannya yang bernama Giorgio. Saat mereka bertemu, Giorgio bukanlah siapa-siapa, cuma seorang chef amatiran.

Namun, Grieder justru menunjuk Giorgio dan memberikannya kepercayaan menjadi coorporate chef di PVH. Alhasil, Giorgio pun pede menyajikan hidangan makanan bagi para karyawan perusahaan tersebut.

Sejatinya, hal ini tentu bisa jadi salah satu kata kata motivasi sukses yang pas buat mu. Karena ketika kita memberikan kepercayaan, di situlah muncul sebuah energi positif yang bisa membuat seseorang menjadi semangat.

4. Ubah yang gak mungkin jadi mungkin

Ubah yang gak mungkin jadi mungkin, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak sedikit dari kita yang merasa bahwa kita gak sanggup melakukan hal ini karena keterbatasan pengalaman, pemahaman, skill, dan lain sebagainya. Hilangkan anggapan buruk itu.

Grieder sadar bahwasannya dunia fashion emang sangat kompleks. Evolusi di dunia bisnis yang satu ini emang sangat luar biasa cepat, dan kalau Grieder pesimis dia gak bakal memenangkan persaingan di dunia tersebut.

Sejatinya, ide buat melakukan digitalisasi bisnis Tommy Hilfiger ternyata muncul dari Grieder lho. Dan hal itu dia sampaikan di tengah kekhawatiran masyarakat akan ketidakefektifan penjualan pakaian secara online. Tapi buktinya, mereka justru bisa sukses lewat dunia digital.

Patut kamu ingat deh, ketika kita gak percaya bahwa yang mustahil bisa jadi realita maka kita gak bakal pernah merasakan internet dan mobil, lho kok gitu?

Ya, iyalah, sederhana aja, mobil atau internet kan inovasi. Kalau gak percaya bahwa ciptaan itu bakal sukses ya gimana mau merasakan manfaatnya di masa depan.

Itulah kata-kata motivasi sukses dari bos Tommy Hilfiger yang bisa jadi penyemangat bisnis dan karier.

Yakin deh, jadi bos atau pemimpin itu bukan hal yang mudah. Kalau kita aja gak bisa menginspirasi banyak orang, ya mustahil saja bisnis yang kita jalani bisa moncer.  (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.