Pengin Cuan Berbisnis, Ikuti Saja Rahasia Sukses ala Erick Thohir!

3 menit
kata-kata sukses
Erick Thohir (MoneySmart/Ardi Mandiri)

Kata-kata sukses bisa membantu membangkitkan semangat, termasuk dalam berbisnis. Untuk bersemangat menjalankan usaha, kamu bisa menggunakan kata-kata sukses berbisnis dari pengusaha sukses di Indonesia.

Menjadi enterpreneur alias pebisnis sukses sangat diharapkan bagi sebagian besar orang. Namun, sayangnya merintis sebuah bisnis baru dari nol tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk menggapai kesuksesan dalam berbisnis, pasti akan banyak sekali tantangan dan masalah yang harus dihadapi. Kamu butuh berjuang dengan semangat pantang menyerah. Tak jarang kegagalan akan menghampirimu.

Kata-kata sukses yang menyemangatimu untuk tekun berbisnis salah satunya datang dari seorang enterpreneur ternama Tanah Air, Erick Thohir. Enterpreneur satu ini sukses membangun kerajaan bisnisnya mulai dari makanan hingga klub sepak bola.

Putra almarhum Mochammad Teddy Thohir, salah seorang pemilik Astra International Tbk., ini sudah terlahir kaya. Meski begitu, Erick tak manja dan berpangku tangan kepada orangtuanya. 

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin pada Pilpres 2019 ini membantu orangtuanya mengembangkan gurita bisnis hingga namanya lebih dikenal di bandingkan sang kakak, Garibaldi Thohir.

Bangun kerajaan bisnis

Memulai menekuni dunia bisnis berkat warisan restoran Hanamasa dan Pronto dari sang ayah, pria 49 tahun ini mendirikan grup media bernama Mahaka Group.

Lewat Mahaka Grup, Lulusan National University California ini membeli Republika. Erick mengungkapkan salah satu alasannya membeli sebuah surat kabar bernuansa Islam terbesar di Indonesia, yaitu paham soal advertising dan komunikasi.

Tak cukup sampai di situ saja, ayah empat anak tersebut meluncurkan Jak TV, 98,7 Gen FM, dan 101 Jak FM. Pada 2011, dia bersama Anindya Bakrie menjadi co-owner TvOne dan Viva. Kemudian, Erick jadi Presiden Direktur ANTV di tahun 2014.

Memiliki jiwa bisnis yang mengalir deras di dirinya membuat Erick berkiprah di industri bisnis olahraga dengan membeli klub olahraga di luar negeri. 

Di tahun 2011, dia bergabung dalam konsorsium membeli klub basket Philadelphia 76ers. Sementara itu, di dunia pesepakbolaan, Erick membeli 70 persen saham Inter Milan dari Massimo Moratti pada 2013. 

Itu membuatnya resmi menjadi Presiden Inter Milan menggantikan Massimo Moratti. Namun, tak hanya membeli beberapa klub sepak bola ternama itu saja, tapi juga melepasnya kembali setelah progress yang sudah diberikannya bagus.

Dia pun kembali membeli beberapa klub sepak bola ternama dunia seperti  D.C. United, Italia Internazionale hingga klub sepak bola Indonesia Persib Bandung.

Dengan segudang pengalamannya sebagai enterpreneur, Erick punya empat kata-kata sukses yang harus dimiliki para pebisnis jika pengin berhasil seperti dirinya. 

“Tentu dalam berusaha atau ingin jadi sukses tidak mudah, tapi saya yakini bisa ditanggulangi dengan banyak hal,” kata Erick Thohir saat berbincang eksklusif dengan MoneySmart.

Pengin tahu apa aja? Yuk, simak pemaparannya kepada MoneySmart, belum lama ini:

1. Manfaatkan kesempatan

Kata-kata sukses
Manfaatkan kesempatan (MoneySmart/Ardi Mandiri)

Kesempatan itu kadang-kadang tidak datang satu kali, bisa dua kali, tiga kali bahkan empat kali. Tetapi yang penting bagaimana ketika kesempatan itu datang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

Pasalnya, sebagai pengusaha tentu banyak kegagalannya. Tetapi kalau kita bisa kesempatan ini kita lakukan sebaik-baiknya ini jadi kesempatan opportunities yang berkembang.

Baca juga: Perjalanan Erick Thohir dari Bos Media Sampai Jadi “Pengawal” Jokowi

2. Menjaga reputasi baik

kata-kata sukses
Menjaga reputasi baik (MoneySmart/Ardi Mandiri)

Penting sekali dalam menjalankan sebuah usaha itu harus menjaga reputasi. Karena reputasi itu yang membuat orang percaya kepada kita, mau invest ke kita, atau memiliki tim yang solid. 

3. Terus bangun ekspertis

kata-kata sukses
Terus bangun ekspertis (MoneySmart/Ardi Mandiri)

Terus berinovasi bangun ekspertis. Karena pasti semuanya akan percaya, semua akan invest, apalagi sekarang banyak cara mendapat modal dari funding, investor, pasar modal, co-funding dan lainnya. 

4. Semangat bekerja keras

kata-kata sukses
Semangat bekerja keras (Instagram/@erickthohir)

Hal terakhir yang bisa menjadi penyemangatmu menjalani bisnis dari Erick Thohir ialah terus bersemangat, terus bekerja keras. 

Dengan kerja keras dan bersemangat, kamu akan lebih mudah meraih kesuksesan yang diinginkan. 

“Karena kita perlu banyak enterpreneur sukses Indonesia,” tandasnya.

Itulah empat kata-kata sukses bisa membantu membangkitkan semangat berbisnis dari enterpreneur sukses Tanah Air, Erick Thohir. Semoga bisa menginspirasimu ya!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.