Cuitan Inspiratif Karni Ilyas Ini Bikin Kamu Makin Bijak Hadapi Kehidupan

3 menit
Karni Ilyas (Instagram).

Sebagai salah satu jurnalis yang sukses, Karni Ilyas cukup sering mendapat penghargaan Panasonic Gobel Awards.

Presiden Indonesia Lawyers Club ini juga seringkali memberikan kata kata mutiara bijak di akun Twitternya yang cukup inspiratif.

Pria asal Minangkabau ini merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dia memulai kariernya sebagai wartawan di Surat Kabar Suara Karya 1972 dan akhirnya dia pun pindah ke Tempo tahun 1978.

Alhasil, karena pengetahuannya yang baik di bidang hukum dia pun sempat memimpin Majalah Forum sebelum akhirnya memimpin Liputan 6 SCTV.

Walaupun sempat berlabuh di ANTV pada 2005, Karni justru lebih dikenal ketika dirinya bergabung di TV One. Kariernya kian melesat ketika dirinya memandu acara Indonesia Lawyers Club dengan suara dan gayanya yang khas.

Seperti yang disebutkan di atas, cuitan di akun Twitter bang Karni sendiri terkadang berisi kata kata mutiara bijak yang cukup inspiratif. Pengin tahu apa saja? Yuk simak di bawah sini.

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

“Kalau tidak pandai menari jangan lantai kamu bilang terjungkat.”

Paham gak sama peribahasa ini? Sejatinya ini adalah salah satu kata kata mutiara bijak yang ada di akun Twitternya.

Gak sedikit dari kita yang selalu ingin jadi nomor satu di mana pun. Sebut saja seperti di kantor yang ketat dengan persaingan karier.

Gak sedikit juga yang berani unjuk gigi ke atasan bahwa dia adalah superman yang bisa mengatasi semua urusan. Ibarat gurita yang punya tangan banyak.

Tapi percaya gak sih, manusia itu punya kelemahan masing-masing. Gak semua urusan bisa dipegang sendiri. Kalau tiba-tiba hasilnya jelek, pasti ujung-ujungnya menyalahkan pihak atau situasi lain.

Bisa jadi kamu memang belum paham betul dengan apa yang kamu kerjakan.

“Jangan takabur, orang tua seperti saya pernah muda tapi Anda belum tentu bisa setua saya.”

Ketika salah satu netizen menyindirnya dan mengatakan bahwa Karni sudah tua. Maka dia justru membalasnya dengan kata-kata ini.

Intinya, jadi orang gak perlu sombong apalagi menggurui orang lain yang memang sudah berumur agar bisa hidup lebih baik. Pada intinya, semua orang punya prinsip hidup yang berbeda-beda.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

Ketika kita menggurui orang lain yang lebih tua, ingat saja bahwa mereka sudah lebih lama makan asam garam. Kita belum tentu diberikan umur oleh Yang Maha Kuasa untuk bisa sehat seperti mereka.

“Saya memulung kutipan dari negarawan, filsuf, politisi, dan akademisi untuk pecinta ILC.”

Bisa dibilang, Karni memang sering membagikan kata kata mutiara bijak ke followersnya. Akan tetapi bukan berasal dari dirinya melainkan dari orang lain atau tokoh-tokoh terkenal.

Kata-kata tersebut inspiratif, dan sebagai pengutip Karni pun gak lupa mencantumkan nama seseorang yang menelurkan kata-kata tersebut.

Intinya, gak mesti jadi pakar bahasa dulu deh untuk membuat kata-kata indah yang inspiratif. Dengan mengutip pun kita bisa mengingatkan orang tentang hidup, sekaligus memotivasi mereka.

“Apa gunanya jadi host kalau gak ada yang nonton.”

Lagi-lagi, beliau menanggapi kicauan netizen yang mengatakan bahwa Karni memprioritaskan Rocky Gerung jadi narasumber karena tuntutan rating di televisi. Dan Karni pun langsung membalas kicauan itu dengan pernyataan yang sangat realistis!

“Rating bukanlah hal yang hal yang haram buat seorang komunikator. Host tv, artis, dosen, pasti butuh rating atau audience yg banyak. Apa gunanya jadi host tak ada yg nonton, atau dosen muridnya sepi, bahkan pendakwahpun semangat kalau  jamaah banyak.”

Baca juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Murah Terbaik yang Bisa Dipilih

Sederhana sekali jawabannya tapi menohok. Dan hal ini bisa kita sangkut pautkan dengan bisnis.

Intinya mau kayak gimana juga, kita harus realistis dalam berbisnis. Tujuannya ya apalagi kalau bukan cari keuntungan, masa iya ada orang berbisnis yang gak cari untung.

Itulah kata kata mutiara bijak yang sempat terlihat di kicauan seorang Karni Ilyas. Memang gak banyak, tapi kalau diresapi lumayan menohok dan cukup inspiratif.

Setuju dengan ucapan – ucapannya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.