Kata Siapa Rapper adalah Teladan yang Buruk? Coba LIhat Dulu Nih Pelajaran Keuangan yang Bisa Dicontoh dari Jay Z

3 menit
Pelajaran keuangan yang bisa dicontoh dari Jay Z

Buat penggemar musik hip hop, tentu gak asing dong sama rapper Jay Z. Pria yang lahir dengan nama Shawn Corey Carter itu dibesarkan di Brooklyn, New York. Lingkungan tempat tinggalnya cukup keras, dan bisa dikatakan sebagai sarang narkoba.

Ayah Jay Z, Adnes Reeves, meninggalkan keluarganya saat Jay Z berusia 11 tahun. Dan Jay Z pun hidup di bawah asuhan ibunya, Gloria Carter.

Masa lalu Jay Z memang terlihat gak menyenangkan. Selain hidup serba terbatas, di usia remaja, Jay Z pernah terjerumus ke dalam lingkaran narkoba dan terlibat tindak kejahatan.

Baru pada 1989 Jay Z menemukan keberuntungannya di musik rap. Dia bergabung bersama rapper Jaz O dan berhasil menjadi bintang MTV.

Pelajaran keuangan yang bisa dicontoh dari Jay Z
Meski dia kaya raya, Jay Z gak lantas terjebak dalam ke glamoran. Dia justru berinvestasi (Jay Z/Hollywood Reporter)

Kesuksesan itu akhirnya membuahkan hasil dan pada 1996, Jay Z bersama dua rekannya Damon Dash dan Kareem Burke, mendirikan label musik Roc-a-Fella.

Di tahun-tahun selanjutnya, nama Jay Z pun makin dikenal. Dia berhasil memenangkan penghargaan Grammy sebanyak 13 kali, dan hingga kini kekayaannya mencapai Rp 6,9 triliun! Ini lebih besar dari laba bersih Unilever Indonesia selama 2016 yang sebesar Rp 6,4 triliun lho.

Seperti diketahui, Jay Z bukan sekadar penyanyi rap atau entertainer. Dia juga merupakan pebisnis dengan bidang usaha yang beragam.

Kamu pun bisa belajar dari Jay Z untuk jadi orang sukses secara finansial. Berikut adalah pelajaran soal keuangan yang bisa kamu dapat dari Jay Z.

1.  Punya penghasilan lebih di satu tempat

Seperti yang dijelaskan di atas, Jay Z memang bukan sekadar penyanyi rap. Di dunia musik, Jay Z punya label rekaman sendiri dan layanan streaming bernama Tidal. Dan selain itu, dia juga punya bisnis pakaian, perjudian, real estate, sampai sports bar.

Belum lama ini, rapper yang baru merilis album bertajuk “4:44” itu juga membeli saham klub basket NBA Brooklyn Nets. Gak heran dong kalau dia jadi kaya raya. Bisnisnya ada di mana-mana dan fokusnya pun beragam.

2. Mau menikah? Lihat bibit, bobot, dan bebet

Menikah itu punya banyak manfaat untuk keuanganmu di masa depan lho. Makanya kalau berpikir takut nikah karena belum ada duit, itu gak sepenuhnya benar. Coba lihat aja Jay Z. Kariernya malah makin cemerlang setelah dia menikah sama Beyonce Knowles.

Pelajaran keuangan yang bisa dicontoh dari Jay Z
Dengan menikahi penyanyi kondang Beyonce, Jay Z berhasil membangun kejayaan (Jay Z & Beyonce/ The Boombox)

Tapi untuk urusan nikah juga harus dilihat bibit, bobot, dan bebetnya. Tiga hal itu sejatinya adalah filosofi Jawa untuk memilih kriteria jodoh yang baik. Pada intinya, harus ada kalibrasi yang pas ketika kamu memilih jodoh.

Sama kayak Jay Z, Beyonce juga merupakan penyanyi dan artis serba bisa. Kekayaan Beyonce sendiri juga hampir setara dengan suaminya itu. Wajar kalau sekarang pasangan ini sering didapuk sebagai pasangan selebriti terkaya di Hollywood.

3. Pikirkan masa depan

Sudah dengar lagu Jay Z yang judulnya, “The Story of O.G”? Nah di lagu itu, Jay Z mencoba ngajak anak-anak muda untuk gak terlalu mengkhawatirkan gimana caranya hidup mewah. Karena seharusnya mereka memikirkan masa depannya.

Dengan memikirkan masa depan, kamu pasti terdorong untuk jadi lebih bijak dalam mengatur pengeluaran. Dan pasti bakal melek sama yang namanya investasi dong.

4. Gak usah takut “ditolak dan menolak”

Jangan salah lho, Jay Z juga pernah ditolak banyak label rekaman. Tapi apakah dia menyerah? Jelas enggak, dia justru membangun label rekaman sendiri.

Selain label rekaman, dia juga sempat ditawarkan kontrak endorsement oleh salah satu merek baju. Tapi tawaran itu ditolak karena kurang menguntungkan, dan Jay Z akhirnya membangun bisnis bajunya sendiri yang akhirnya jadi salah satu sumber penghasilan.

5. Berani untuk terus bermimpi

Jay Z dulu hanyalah bocah dari keluarga yang hidup serba terbatas. Tapi buktinya saat ini dia jadi selebriti sekaligus miliarder. Gak ada yang tahu nasib kita seperti apa di masa depan, oleh karena itu beranilah untuk bermimpi. Karena sebuah kemapanan bakal dimulai dari mimpi, dan dilanjutkan oleh kerja keras.

Pelajaran keuangan yang bisa dicontoh dari Jay Z
Dia pun bukan sekedar selebriti, dia juga entrepreneur yang sukses (Jay Z dan Jay Rockefeller/celebrity networth)

Hal ini merupakan pesan yang disampaikan guru sekolah Jay Z di bangku SD. Jay Z pun sangat terinspirasi dengan pesan ini.

Itulah lima pelajaran keuangan dari Jay Z yang bisa mengantarkanmu menuju kesuksesan. Pada dasarnya kalau boleh memilih, Jay Z kecil tentu gak mau hidup serba susah. Tapi berkat keseriusannya dalam mengarungi dunia musik, dia bisa sukses.

Makanya, mulailah kerja keras sedini mungkin, dan jangan pernah menunda-nunda. Karena niscaya, kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Mau Sukses Ala Chairul Tanjung? Ini Rahasianya]

[Baca: 5 Tokoh Kartun Ini Bisa Ngasih Pelajaran Finansial buat Anak Lho!]

[Baca: Belajar dari Sevel, Jangan Lakukan 3 Hal Ini Kalau Gak Mau Bisnismu Tutup di Tengah Jalan]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.