Katy Perry Raih Rp 1,1 T dalam Setahun, dari Sini Sumber Kekayaannya

2 menit
Katy Perry (IG katyperry)

Katy Perry telah dinobatkan sebagai musisi wanita termahal di dunia versi Majalah Forbes. Dari mana sumber kekayaannya?

Sejak meraup pendapatan USD135 juta pada 2015, pundi-pundi uang Katy Perry terus menggemuk. Tak heran, mantan kekasih John Mayer tersebut mengalahkan Taylor Swift dan Beyonce sebagai musisi wanita termahal di dunia.

Penyanyi asal Santa Barbara, California, Amerika Serikat itu berhasil mengumpulkan USD83 juta atau setara Rp 1,1 triliun dalam periode setahun, yaitu Juni 2017- Juni 2018.

“Saya tidak merasa karier saya akan hancur bagaikan bom waktu. Saya merasa masih memiliki tempat di hati pencinta musik,” katanya kepada Forbes seperti dilansir dari Rolling Stone.

Banyak orang mengira pundi-pundi uangnya datang dari album kelima Perry, “Witness” yang keluar Juni 2017 lalu. Meski debut album tersebut di nomor satu dalam tangga lagu Billboard 200, posisinya turun ke angka 13 dalam sepekan, hingga meraih 840 ribu kopi di seluruh dunia.

Album “Witness” Taylor Swift dirilis pada bulan November 2017, telah terjual 4,5 juta kopi. Lantas, mengapa Perry menghasilkan lebih banyak uang?

Album

Katy Perry (IG katyperry)
Katy Perry (IG katyperry)

Pendapatan Katy Perry dari industri musik sangat tinggi, dan menjadi yang terbesar di antara musisi perempuan lainnya. Betapa tidak, dengan total pendapatan sebelum dipotong pajak mencapai USD83 juta, Perry meraih sukses besar dari album barunya, Witness (2017).

“Katy Perry merupakan salah satu musisi pekerja keras yang memiliki jadwal padat. Tur musik album barunya dapat menghasilkan keuntungan kotor sekitar USD1 juta per malam,” bunyi pernyataan Forbes.

“Dia juga menjadi juri dalam acara American Idol Reboot yang disiarkan ABC dan meraih pendapatan sekitar USD20 juta,” sambung mereka.

Tur

Katy Perry (IG katyperry)
Katy Perry (IG katyperry)

Album bukan jadi satu-satunya sumber pemasukan terbesar yang berhasil diraih pelantun “Roar” tersebut. Melainkan, dari konser “Witness: The Tour” yang berlangsung selama 80 hari.   

Menurut Forbes, dari konsernya itu Perry berhasil meraih US$ 1 juta hanya dalam waktu semalam.  

Juri American Idol

Katy Perry (IG katyperry)
Katy Perry (IG katyperry)

Musik bukan satu-satunya pendapatan musisi papan atas dunia, termasuk bagi Katy Perry. Meski masih berhubungan dengan industri musik, kiprahnya sebagai juri American Idol menjadi sumber pemasukan lainnya.

Sebagai juri ajang pencarian bakat di Amerika Serikat itu, Perry berhasil meraup US$ 20 juta sampai US$ 20 juta.

Tampil di acara onair atau offair

Katy Perry (IG katyperry)
Katy Perry (IG katyperry)

Mantan istri Russell Brand itu beralih ke jalur non-musik untuk menambah pundi-pundi uangnya. Seperti tampil di acara langsung, jadi bintang tamu di acara buku, atau kemitraan.

Pasalnya, langkah tersebut terbukti jauh lebih menguntungkan daripada merekam dan merilis lagu saja.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.