5 Tips Menabung Uang Receh Biar Menggunung dan Bisa Beli Barang Mewah!

4 menit
5 Tips Menabung Uang Receh Biar Menggunung dan Bisa Beli Barang Mewah!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sering mendengar kisah orang yang dapat membeli barang mewah dari uang receh? Contohnya aja, seorang pria asal China, bernama Gan yang diketahui membeli mobil mewah seharga Rp 1,44 miliar dari uang receh.

Sementara di Indonesia sendiri, ada pasangan suami istri bernama Ernawati dan Eko Margono yang membeli sepeda motor Kawasaki Ninja 250 Fi seharga Rp 64 juta juga dengan menggunakan uang receh.

Jadi, sudah terbukti dong kalau uang pecahan kecil atau koinan yang selama ini sering disia-siakan ternyata bisa digunakan membeli barang mewah atau jalan-jalan keliling dunia. Seru banget, kan?

Karena itu, mulai sekarang yuk mencari ke mana larinya uang – uang receh kamu dan masukkan ke dalam celengan atau wadah alias di tabung.

Biar mengejutkan, kamu gak perlu menghitung berapa nominal uang receh yang udah sisihkan. Tahu-tahu pas dibongkar terkumpul puluhan juta rupiah. Jadi, istilah pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Nah, biar rencana kamu menabung uang receh berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.id, apa aja? Ini lima di antaranya:

Baca juga: Wow! Cara-Cara Menabung Seperti Ini Bikin Aset Berlipat-Lipat Nilainya

1. Memiliki tujuan menabung

Saat menbung uang receh, ada baiknya nih punya tujuan agar tetap semangat saat masukan ke dalam celengan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu keberhasilan dalam menabung adalah konsisten. Pasalnya, gak sedikit orang yang menyerah di tengah jalan, salah satu alasannya karena gak memiliki tujuan yang membuatnya semangat menyisihkan uang setiap hari.

Karena itu, pentingnya kamu memiliki tujuan menabung. Misalnya buat liburan ke Jepang di dua tahun mendatang atau menikah dengan kekasih. Tak lupa juga buat menempelkan tujuan menabung kamu itu di depan wadah atau celengan.

Dengan begitu, secara gak langsung kamu bakal ermotivasi buat konsisten menyisihkan uang hingga tujuan mu itu tercapai.

Baca juga: Kata Ahli Keuangan, Menabung dengan Cara Ini Bisa Bikin Hemat Banyak Uang

2. Memilih tempat penyimpanan uang

Pintar-pintar memilih wadah buat menabung uang receh agar tetap semangat dan bakal banyak hasilnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Langkah selanjutnya adalah memilih tempat penyimpanan uang yang menarik buat uang-uang receh milik mu.

Misalnya aja celengan berbentuk hewan kesukaan kamu atau biar lebih hemat dan futuristic, kamu bisa mengumpulkan uang receh tersebut di dalam wadah botol minuman air mineral 600 ml.

Hal tersebut ternyata dapat menimbulkan rasa kepuasan tersendiri di diri kamu lho saat melihat botol tersebut penuh dengan uang receh yang dikumpulkan setiap hari.

Jangan lupa menggunakan tempat yang transparan dan ukurannya disesuaikan dengan nominal yang pengin kamu tabung. Sebagai contoh, pisahkan tempat penyimpanan uang dengan nominal Rp 1.000 dan uang Rp 500. Jadi, semakin kecil nominalnya, tentu semakin besar pula dong tempat yang mesti kamu siapkan. Menarik bukan?

Jika, udah penuh, kamu bisa membongkarnya dan disetorkan ke bank. Sebaiknya pilihlah jenis tabungan yang memang khusus buat menabung, salah satunya adalah TabunganKu. Karena gak ada biaya administrasi bulanan, jadi uangmu gak akan terpotong setiap bulannya.

Baca juga: Jalan-Jalan Hingga Pesta, 6 Hal Menyenangkan Ini Bisa Dilakukan dengan Menabung Rp 5.000

3. Menentukan pecahan nominal

Saat menabung uang receh ada baiknya kamu memilah pecahan nominalnya ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kini ada beberapa jenis uang receh yang beredar di Indonesia yaitu Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000. Sedangkan uang receh dalam bentuk kertas, ada nominal Rp 2.000.

Nah, sebelum kamu mulai menabung uang receh, sebaiknya tentukan terlebih dahulu pecahan nominal uang yang pengin tabung atau memberikan patokan uang nominal berapa yang dikumpulkan.

Apakah pecahan Rp 500, Rp 1.000, atau Rp 2.000? Tujuannya adalah  buat memudahkan kamu dalam menghitungkan hasil uangnya saat dibongkar nanti.

Misalnya, kamu memilih menabung uang receh kertas nominal Rp 2.000, jadi setiap mendapatkan uang Rp 2.000, maka langsung celengkan ke dalam kotak penyimpanan.

Atau juga bisa mengumpulkan semua uang pecahan yang didapat baru kemudian mengelompokkannya. Jadi, bisa menabung beberapa pecahan uang receh.

4. Memisahkan nominal pecahan

Memisahkan nominal pecahan itu sangat perlu lho saat menabung uang receh, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya adalah dengan memisahkan nominal pecahan uang yang akan kamu tabung. Jadi, jangan mencampur di dalam satu tempat.

Selain dapat mempersulit saat menghitungnya, mencampur uang pecahan lainnya membuat kamu menjadi kebingungan sendiri selama menjalani proses menabung.

Jadi, dengan menabung sesuai pecahan, bakal membuatmu mengetahui berapa jumlah uang pecahan yang dikumpulkan. Hal tersebut secara gak langsung bakal membuatmu semakin termotivasi mengumpulkan uang receh lebih banyak lagi. Setuju?

5. Uang receh itu berguna banget

Uang receh itu bakal berguna banget saat kamu rajin menabungnya dan mendapatkan jumlah yang banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hayo ngaku siapa di antara kamu yang sering menyia-nyiakan uang koinan maupun pecahan lainnya, sehingga kerap diletakkan sembarang tempat dan ujung-ujungnya hilang begitu aja.

Mulai sekarang, yuk mulai menganggap kalau uang receh itu sangat berguna. Bahkan bisa membeli barang mewah atau modal nikah.

Dengan begitu, kamu bakal mulai menghargai uang dengan pecahan kecil dan meletakkanya di dalam tempat penyimpanan yang udah disiapkan.

Itu dia lima tips menabung uang receh yang sederhana banget. Daripada disia-siakan, yuk mulai sekarang alokasikan uang koinan maupun pecahan lainnya ke sebuah wadah yang nantinya bisa digunakan membeli barang mewah atau jalan-jalan ke Eropa. Selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan